Save Merapi Kelestarian Alam Yang Indah
BERITA

Save Merapi Demi Menjaga Kelestarian Alam Yang Hijau

Di ketahui di sekitar kawasan lereng Gunung Merapi memang mempunyai banyak sekali potensi alam yang harus di lestarikan. Hal ini terkait sebagai penyangga untuk daerah pemukiman di bawahnya. Maka penting sekali melakukan save merapi agar kelestarian alam tetap terjaga dengan baik.

Tapi banyak oknum yang memanfaatkan lahan secara tidak tanggung jawab, sehingga kerap menimbulkan dampak buruk bagi kawasan observasi tersebut.

Hastag di instagram #save_merapi semakin viral. Ini menandakan semuanya peduli dengan kelestarian lereng Gunung Merapi.

Baca juga :

Menariknya di sana telah tumbuh beragam jenis tanaman anggrek. Sebab save merapi di kawasan itu sangat terkenal dengan habitat 95 jenis anggrek. Bahkan di antaranya ada beberapa tanaman anggrek langka yang tumbuh subur.

Namun ulah manusia tak bertanggung jawab yang lebih mementingkan kepentingan pribadi, membuat jumlah jenis tanaman anggrek mulai berkurang di kawasan lereng Gunung Merapi.

Desa Wonokerto di sebut sebagai lokasi bibit anggrek asli Merapi yang telah di kembangkan serta di pelihara dengan baik oleh puluhan warga.

Baca juga :

Upaya Save Merapi Demi Terwujud Kelestarian Alam Yang Indah

Upaya ini memang demi save merapi yang mana telah berkerja sama dengan berbagai lembaga, termasuk juga UGM untuk progam pelestarian ekosistem tanah dan air.

Peran aktif dari masyarakat sekitar lereng dalam menjaga serta melestarikan untuk membangun hutan yang pada akhirnya manfaatnya juga untuk daerah sekitar.

Ini semua memang perlu di rencanakan secara matang dan di dukung oleh usaha konservasi. Sebab itu merupakan salah satu faktor paling krusial yang harus di lakukan.

Apabila semua masyarakat telah mendalami apa itu penggiat alam, tentu mereka akan sadar dan bertanggung jawab demi kelestarian alam.

Tujuan mencintai alam agar tercipta kenyamanan bersama, terutama masyarakat penghuni lereng Merapi. Bahkan mereka bisa memanfaatkan lahan untuk menambah pundi penghasilan.

Bagaimana anda tertarik dengan save merapi demi menjaga kelestarian alam? Maka upayakan tidak merusaknya, agar habitat tumbuhan yang terkenal seperti anggrek tetap dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu kawasan lereng juga bisa di buat untuk menikmati keindahan alam yang mempesona. Tumbuhan hijau yang mampu menyelelaraskan penat pikiran menjadi lebih segar.