IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Perkembangan teknologi makin pesat. Tak heran kini mulai banyak pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh robot.

Bahkan pabrik-pabrik sudah meningkatkan kualitas mesinnya sehingga pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan sumber daya manusia yang sedikit.

BBC pada tahun 2019 pernah menuliskan berdasarkan analisis Oxford Economics ada 20 juta pekerjaan manufaktur di dunia yang akan digantikan oleh robot pada 2030 mendatang.

Analisis itu menambahkan daerah dengan banyak orang yang memiliki keterampilan rendah dan akan memiliki ekonomi lebih lemah dan tingkat pengangguran lebih tinggi, rentan akan kehilangan pekerjaan untuk digantikan dengan robot.

Nah, berikut ini 10 pekerjaan yang diaebut akan digantikan oleh robot, dikutip dari Computerhope, Senin (3/10/2022):

1. Perakitan dan pekerja pabrik

Hampir semua pekerjaan manufaktur besar menggunakan robot untuk membuat jutaan produk yang berbeda. Komputer bahkan sudah dapat merakit mobil dan produk lain.

Banyak robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics bisa diprogram oleh siapapun. Pekerjaan ini tak perlu lagi memerlukan teknisi terampil untuk memprogram robot agar melakukan tugasnya.

2. Supir bus, taksi dan truk

Belakangan ini mobil otonom sedang banyak jadi bahan pembicaraan. Mungkin tak butuh lama untuk kendaraan itu menjadi kenyataan dan banyak digunakan di jalanan.

Ini juga membuat banyak potensi kehilangan pekerjaan. Misalnya menggantikan pengemudi bus, truk atau pekerjaan transportasi lain.

Bahkan ada solusi untuk kendaraan berat yang dioperasikan secara otonom. Misalnya buldozer, pengeboran dan pengangkutan di pertambangan atau konstruksi.

3. Operator telepon, telemarketer dan resepsionis

Dengan teknologi voice recognition menjadi lebih canggih lagi, akan lebih mudah untuk perusahaan menggantikan peran orang dalam pekerjaan operator atau telemarketer.

4. Kasir

Sejumlah toko saat ini sudah menerapkan self-checkout. Tidak ada orang yang bertugas sebagai kasir, tetapi pengecekan dan pembayaran barang yang dibeli dilakukan oleh pembeli sendiri.

Mungkin masih akan ada orang yang melakukan pengawasan operasional mesin kasir. Namun ini akan menggantikan pekerjaan yang dulunya membutuhkan beberapa orang

5. Teller dan pegawai bank

Mungkin sampai sekarang ada beberapa kegiatan yang mengharuskan kita ke bank. Di sana nasabah akan dilayani pegawai bank termasuk teller.

Mereka akan melayani untuk nasabah dapat melakukan setoran atau menarik uang.

Namun dengan kemajuan teknologi, transaksi keuangan bahkan dengan pengembangan uang digital seperti Bitcoin membuat nasabah bisa bertransaksi dari gadget tanpa perlu datang ke kantor bank lagi.

6. Pekerja pengemasan dan gudang

Robot dapat ditugaskan melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia untuk mengepak atau memindahkan barang. Amazon sudah menggunakan robot di gudang mereka.

7. Pekerja farmasi

Ada sejumlah apotek yang menggantikan teknisi farmasinya dengan robot untuk memisahkan dan menangani resep pelanggannya. Robot akan membantu mencegah kesalahan dan membutuhkan ruang kecil seperti lengan robot untuk bekerja.

8. Pengumpul informasi

Beberapa firma hukum mengganti paralegal dan staf lainnya dengan pengacara e-discovery dan robot riset. Robot mampu menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta yang relevan serta data seperti nomor telepon dan email berdasarkan kata kunci.

Banyak analis keuangan yang digantikan oleh komputer yang dirancang untuk menganalisis dan menemukan pola serta tren dalam data keuangan. Seperti pola dan tren ini secara otomatis dapat investasi dan menemukan peluang ataupun resiko keuangan.

9. Pilot

Militer di AS sudah menggunakan drone otonom untuk melakukan pengawasan bahkan menyerang tanpa menggunakan bantuan. Mungkin pada masa depan drone akan lebih canggih lagi dan merambah ke sektor lain.

Misalnya bekerja menerbangkan pesawat kargo. Bahkan laman ini menuliskan ada perusahaan yang ingin mengganti pilotnya dengan bantuan komputer dan dibantu dari jarak jauh oleh pilot.

10. Bartender

Beberapa perusahaan dikabarkan sudah ada yang memperkerjakan sistem untuk menggantikan bartender yang bertugas menyajikan minuman.

Layanan seperti Briggo bahkan menggantikan barista dengan robot untuk membuat minuman populer atau belajar membuat minuman baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”