Air Terjun Dolo Kediri
Wisata

10 Tempat Wisata yang ada di Kediri dan Wajib Kamu Kunjungi

IDWARTA.com- Kota Kediri merupakan kota terbesar nomor tiga di Jawa Timur setelah Kota Malang dan Kota Surabaya. Kota Kediri ini berada di 130 Km sebelah barat daya dari kota Surabaya.

Memiliki luas wilayah mencapai 63,40 km² yang di dalamnya terdapat beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Kediri, Jawa Timur. Ada beberapa macam tempat wisata meliputi air terjun , pegunungan , pantai , candi , dan sebagainya. 10 Tempat Wisata yang ada di Kediri dan Wajib Kamu Kunjungi, di antaranya yaitu

1. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo ini berada di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk mencapai ke air terjun harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang jaraknya lumayan jauh.
Di tengah perjalanan menuju Air Terjun Dolo, akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang begitu asri. Bagaimana tidak sisi kanan ada pemandangan hutan tropis yang cukup lebat, sedangkan sisi kiri di suguhkan dengan pemandangan indah Gunung Wilis.

2. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng ini berada di Jalan Mastrip, Kota Kediri. Selomangleng berasal dari istilah bahasa jawa yang memiliki arti Batu Miring, karena lokasinya sendiri berada pada sebuah lereng bukit.
Untuk masuk ke Goa Selomangleng ini pengunjung harus membayar tiket Rp 2.500 untuk anak-anak, sedangkan Rp 4.000 untuk orang dewasa.

3. Gunung Klotok

Gunung Klotok ini berada tidak jauh dengan Goa Selomangleng yaitu di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Gunung Klotok tersebut memiliki puncak ketinggian mencapai 536 mdpl.

Yang menarik dari Gunung Klotok ini ada satu buah bendera raksasa merah putih yang berada di puncak Gunung tersebut dan bisa terlihat dari jauh. Sehingga ini menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung kesini hanya untuk berfoto didekat bendera raksasa merah putih.

4. Taman Wisata Sumber Ubalan

Taman Wisata Sumber Ubalan ini berada di Desa Minyak Jarak, kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk masuk ke lokasi wisata ini pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 8.000 untuk anak-anak, sedangkan Rp 10.000 untuk orang dewasa.

Wisata Sumber Ubalan ini merupakan hutan lindung yang di dalamnya terdapat sumber mata air jernih. Penduduk sekitar meyakini bahwa air yang berasal dari sumber tersebut bisa memanjangkan umur mereka serta bisa membuat lebih awet muda. Selain itu, Taman Wisata Sumber Ubalan ini juga terdapat beberapa wahana permainan lain seperti kolam renang, taman bermain anak-anak, sepeda air, kolam perahu, dan lain sebagainya.

5. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Tembakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai dengan pasir putih ini terletak sekitar kurang lebih 30 km sebelah selatan Kota Blitar.

Pantai Tambakrejo memiliki dua sisi keindahan dengan ombak yang berbeda. Dilihat dari sisi kiri ada ombak kecil yang terhalang oleh bukit. Sedangkan dari sisi sebelah kanan ombak nya terlihat lebih besar yang membentur ke dinding penghalang sehingga menimbulkan gelombang yang terlihat indah.

6. Candi Surawana

Candi Surawana berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Candi Surawana ini berdiri sejak tahun 1390 marupakan candi hindu, sebagai tempat untuk memuliakan Raja Bhre Wengker.

Candi Surawana memiliki ukuran 8 x 8 m² menghadap ke arah barat. Untuk berkunjung ke candi ini tidak dikenai biaya.

7. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Monumen Simpang Lima Gumul ini jika dilihat sekilas mirip dengan monumen yang ada di Paris yaitu Monumen L’Arc de Triomphe.

Pada bagian dinding Monumen Simpang Lima Gumul ini terdapat lukisan relief yang menggambarkan tentang sejarah Kota Kediri. Di dalamnya juga terdapat gedung serbaguna yang biasanya digunakan untuk pertemuan, auditorium, dan sebagainya. Untuk menuju ke Monumen Simpang Lima Gumul membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dari pusat Kota.

8. Museum Fotografi

Museum Fotografi berada di Jalan Kapten Piere Tendean, Ngronggo, Kota Kediri. Selain koleksi foto-foto, di Museum Fotografi juga mengoleksi kamera dari masa lalu hingga modern. Mulai dari kamera saku, kamera antik, sampai kamera DSLR ada disini.

Museum ini juga memiliki foto perkembangan Kota Kediri dari zaman dahulu hingga sekarang ini. Jika kamu seorang yang hobi dengan dunia fotografi, wajib mengunjungi tempat ini.

9. Masjid Agung Kediri

Masjid Agung berada di pusat kota kediri yang menghadap ke alun-alun kediri. Masjid Agung merupakan Masjid terbesar yang ada di Kediri, Jawa Timur.

Masjid ini di resmikan oleh pemerintah pada tahun 2006 lalu. Masjid Agung memiliki tiga lantai dan menara yang tingginya mencapai 49 meter.

10. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare merupakan sebutan suatu perkampungan yang berada di sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning, di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Di Kampung Inggris mayoritas penduduknya menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian referensi 10 Tempat Wisata yang ada di Kediri dan Wajib kamu kunjungi saat liburan ke Kediri. Semoga bermanfaat yaa

4 Replies to 10 Tempat Wisata yang ada di Kediri dan Wajib Kamu Kunjungi

  1. Wah mantep ini, saya memang mencari artikel wisata seperti ini untuk hunting kamera, boleh request tidak min? Kalau boleh, saya mau request tempat wisata danau yang bisa buat camping area jawa timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *