IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Cara memutihkan kulit tangan bisa dilakukan dengan masker bahan alami, perawatan menggunakan skincare , maupun pencegahan sehingga kulit tangan tak terlihat semakin kusam.

Meskipun kulit tangan tidak sensitif seperti kulit wajah, namun tangan sangat sering terpapar lingkungan.

Kulit tangan yang sering terpapar sinar matahari, kotoran, debu, polusi, atau stressor lingkungan lainnya bisa tampak kusam dan gelap. Apalagi, kulit tangan sering kali luput dari perawatan.

Jika sedang mencari cara memutihkan kulit tangan dan membuatnya tampak lebih muda, simak ulasan berikut.

Cara memutihkan kulit tangan

Berikut beberapa cara memutihkan kulit tangan yang dapat dicoba:

1. Menggunakan masker kunyit

Kurkumin, senyawa aktif yang ada dalam kunyit, memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan produksi melanin dan dengan demikian mengontrol penggelapan kulit.

Menurut eMediHealth, menggunakan masker kunyit menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan yang dapat dicoba.

Kunyiy bisa dioleskan secara topikal ke kulit dan dikonsumsi secara oral dalam bentuk minuman setiap hari sebelum tidur untuk memperbaiki kulit dan kesehatan secara umum.

Jika ingin mengguakannya sebagai masker kulit tangan, campurkan kunyit dengan susu dingin hingga membentuk pasta. Kemudian, aplikasikan tipis ke area tangan dan bilas 15-20 menit kemudian. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Kita juga bisa membuat campuran seperempat sendok teh kunyit dan minyak zaitun untuk membentuk pasta. Aplikasikan ke area tangan dan bilas 10 menit kemudian. Ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu.

2. Menggunakan scrub garam

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit tangan terlihat kusam. Kulit kering juga bisa membuat tangan tampak lebih tua.

Sebagai cara untuk memutihkan kulit tangan, kita bisa mencoba scrub garam. Perawatan ini dapat membantu membuat kulit tangan terasa lebih lembut dan sehat.

Untuk membuatnya, campurkan garam laut mati atau garam epsom dengan seperempat minyak pembawa, seperti minyak alpukat, minyak zaitun, atau minyak jojoba.

Kemudian, tambahkan 10-20 tetes minyak atsiri eukaliptus atau lavender dan aplikasikan campuran tersebut ke area tangan. Pijat lembut dengan gerakan memutar.

Setelah 15 menit, bilas tangan dengan air suam-suam kuku.

3. Membuat krim yogurt

Yogurt mengandung asam laktat, yang dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kering, gelap, dan bersisik.

Selain itu, vitamin dan protein dalam yogurt dapat melembutkan kulit dan membuatnya bercahaya secara alami.

Untuk membuat krim yogurt sebagai salah satu cara memutihkan kulit tangan, kita bisa menambahkan madu dan kunyit.

Madu dapat membantu menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit, sementara kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menenangkan kulit.

Untuk membuat krim yogurt, campurkan 2 sendok makan yogurt dengan 1 sendok teh kunyit. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran yogurt dan aduk rata.

Gunakan krim ini untuk masker kulit tangan selama 10-15 menit. Ulangi perawatan agar bisa menjadi cara memutihkan kulit tangan yang optimal.

4. Menggosokkan mentimun

Ingin cara praktis? Menggosokkan mentimun juga bisa dicoba sebagai cara memutihkan kulit tangan.

Mentimun bertindak sebagai agen pencerah kulit yang dapat meningkatkan perubahan warna kulit. Sayur ini bekerja karena mengandung vitamin A, yang membantu mengontrol produksi melanin.

Selain itu, mentimun juga membantu menghidrasi kulit. Kulit yang kering bisa membuat tangan terlihat lebih tua. Untuk itu, menghidrasinya tak hanya membuat tangan terlihat lebih lembut tetapi juga tampak lebih awet muda.

Untuk menggunakannya, cukup potong mentimun segar menjadi irisan tipis dan gosokkan pada kulit rangan yang gelap selama 5 menit.

Biarkan irisan di kulit selama 15 menit, lalu bilas area tersebut dengan air. Ulangi perawatan ini 2-3 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal.

Selain itu, kita juga bisa mencampur mentimun dengan perasan lemon kemudian menggunakannya untuk memijat kulit tangan. Setelah 10-15 menit, bilas dengan air dingin. Ulangi perawatan ini dua kali sehari.

5. Membuat masker kulit jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulit jeruk dapat membantu mencerahkan kulit, termasuk menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan.

Selain itu, kulit jeruk juga mengandung asam sitrat yang dapat mengeksfoliasi kulit sehingga membuatnya tampak lebih cerah dan bersih.

Untuk menggunakannya, campurkan bubuk kulit jeruk dengan yogurt sehingga membentuk tekstur pasta.

Kemudian, aplikasikan campuran tersebut ke kulit tangan dan bilas setelah 15-20 menit. Ulangi perawatan 1-2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

6. Menggunakan pepaya yang dihaluskan

Salah satu cara memutihkan kulit tangan termasuk menggunakan pepaya yang dihaluskan.

Pepaya dianggap sebagai bahan pemutih alami yang dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Untuk menggunakannya, gosokkan bagian dalam kulit pepaya pada area kulit tangan yang gelap. Setelah itu, bilas area tersebut dan keringkan dengan cara menepuk kulit hingga kering.

Cara lain adalah menghancurkan pepaya matang dan campurkan dengan 1 cangkir perasan lemon. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit selama beberapa menit. Diamkan sekitar 30 menit sebelum membilasnya. Ulangi perawatan ini setiap hari.

7. Menggunakan masker oatmeal dan tomat

Oatmeal adalah scrub alami yang sangat baik yang mengelupas sel-sel kulit mati penyebab kulit tampak kusam.

Sementara tomat berkontribusi sebagai pencerah kulit karena sifat mencerahkannya. Tomat juga mengandung likopen yang mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Menggunakan masker oatmeal dan tomat dapat membantu pengelupasan kulit, sehingga dapat dicoba sebagai cara memutihkan kulit tangan secara alami.

Untuk menggunakannya, campurkan 2 sendok makan perasan tomat, 2 sendok makan sdm dadih, dan 4 sendok makan oatmeal untuk membuat pasta.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada tangan dan bilas menggunakan air dingin setelah 15 menit.

9. Menggunakan masker almond

Almond kaya akan nutrisi, termasuk riboflavin dan vitamin E yang membantu mencerahkan kulit. Untuk itu, masker almond bisa dicoba sebagai salah satu cara memutihkan kulit tangan.

Penggunaan almond juga bisa menyegarkan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat secara keseluruhan.

Untuk menggunakannya, rendam semalaman 7-8 butir almond dalam air. Di pagi hari, gerus almond membentuk tekstur pasta.

Setelah itu, campurkan pasta almond dengan 2 sendok teh susu, 2 sendok teh tepung, dan 6-7 tetes lemon.

Aplikasikan ke kulit tangan dan bilas setelah 10-15 menit.

10. Menggunakan tabir surya

Setelah mencoba beberapa perawatan rumahan dan melihat kulit tangan yang sudah tampak lebih cerah, pastikan melakukan perawatan untuk mencegahnya kembali kusam.

Salah satu cara memutihkan kulit tangan dan mencegahnya semakin kusam di kemudian hari, gunakan tabir surya secara teratur. Terutama jika banyak beraktivitas di luar ruangan.

American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk menggunakan tabir surya anti-air dengan minimal SPF 30 setiap hari.

Jika perlu, gunakan sarung tangan saat berkendara.

11. Gunakan pelembap

Sebagai bagian dari cara memutihkan kulit tangan serta mencegahnya tampak kusam dan terlihat tua, aplikasikan losion atau krim pelembap setelah mandi atau mencuci tangan.

Penggunaan pelembap berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Sebab kulit yang kering akan terlihat lebih tua dan kusam.

Kita juga bisa memilih pelembap dari bahan alami, seperti gel lidah buaya, minyak kelapa, dan cocoa butter untuk menghidrasi kulit.

Selain perawatan di atas, jangan lupa menerapkan pola makan sehat dan seimbang untuk menjaga kulit tetap sehat, serta minum banyak air sepanjang hari.

Rutin melakukan ekfoliasi 1-2 kali seminggu dapat membantu menghilangkan kotoran, debu, dan minyak berlebih dari permukaan kulit sehingga mencegah penumpukan kulit mati yang membuat tangan terlihat kusam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”