IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Sering kesulitan menghapal teks saat ingin membuat video, maka mungkin dapat mencoba menggunakan aplikasi teleprompter. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, dapat lebih memudahkan pengguna dalam pembuatan video.

Mungkin masih banyak yang belum paham dengan aplikasi ini, oleh karena itu di sini akan diberikan pembahasan serta rekomendasi yang dapat pengguna gunakan.

Mengenal Aplikasi Teleprompter

Seperti yang tadi dikatakan bahwa mungkin saja masih banyak yang belum mengetahui tentang aplikasi teleprompter ini. Jadi teleprompter sendiri memiliki arti pengial baca, atau sering juga disebut dengan alat bantu baca.

Biasanya hal seperti ini sering digunakan oleh orang pada saat ingin berbicara di depan umum, seperti berpidato, atau membaca berita. Dengan menggunakan alat ini maka orang tidak akan terlihat seperti membaca, dan terkesan lebih natural.

Tadinya alat seperti ini lebih banyak digunakan di televise dan membutuhkan perangkat yang lumayan. Namun sekarang sudah hadir aplikasi teleprompter yang dapat lebih memudahkan orang untuk mendapatkan, dan menggunakan aplikasi ini.

12 Rekomendasi Aplikasi Teleprompter untuk Android

Setelah mengetahui apa itu aplikasi teleprompter, maka sekarang saatnya untuk mengetahui rekomendasinya. Dengan begitu pengguna tidak akan salah dalam memilih, dan dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan lebih baik, dan optimal.

1. Simple Teleprompter

Pertama adalah aplikasi simple teleprompter yang merupakan aplikasi gratis, sehingga dapat diakses oleh siapa saja. Tampilan dari aplikasi ini sangat sederhana, sesuai dengan namanya jadi mudah untuk dipahami bahkan oleh pengguna baru sekalipun.

Apabila ingin menampilkan teks, maka pengguna hanya tinggal mengetik saja atau mengimpor teks yang dimiliki. Kemudian, ketika teks sudah sesuai pengguna dapat mengklik tombol start, dan nantinya teks akan bergerak dengan sendirinya.

2. Teleprompter Pro

Kemudian ada aplikasi teleprompter PRO yang memiliki berbagai fitur berguna untuk digunakan. Dari mulai mengimpor teks, ataupun file, melakukan konfigurasi, menggulir teks secara otomatis, sampai melakukan hitungan mundur, mirror mode, dan masih banyak lagi.

Karena memiliki banyak fitur yang menguntungkan, aplikasi ini dinilai sangat cocok untuk digunakan oleh profesional. Namun bukan berarti amatir tidak boleh menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini masih cukup ramah bahkan untuk yang baru mencoba.

3. Oratory Teleprompter

Aplikasi ini dapat bekerjasama dengan kamera secara berbarengan tanpa perlu risau akan mengalami lag di tengah perekaman. Nantinya teks yang sudah dimasukkan akan diluncurkan oleh aplikasi ini dalam bentuk widget.

Jadi sama sekali tidak merepotkan, dan dapat memudahkan penyiar ketika ingin melakukan siaran. Aplikasi ini dapat dijalankan untuk berbagai kamera sebut saja, youtube live, instagram, snapchat, dan beberapa aplikasi kamera lainnya.

4. Sufler.PRO

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi sufler.pro yang merupakan aplikasi teleprompter yang mendukung perangkat Bluetooth apapun. Melalui Bluetooth tersebut juga dapat mempermudah pengaturan teks, baik itu ingin digulir ke atas ataupun ke bawah.

Dengan begini, pengguna tidak perlu repot menyentuh smartphone yang dimiliki apabila ingin mengatur kecepatan teks. Di aplikasi ini juga terdapat cloud sync, sehingga proses menyinkronkan file, dan juga skrip teks yang dimiliki dapat menyesuaikan dengan sempurna.

5. Nano Teleprompter

Apabila ingin mendapatkan teleprompter apk yang tidak terlalu jauh berbeda dengan oratory, maka dapat mencoba aplikasi ini. Karena nano teleprompter ini dapat menampilkan widget teks yang mengambang yang sangat halus, dan minim hank.

Salah satu keunggulan yang wajib dicoba dari aplikasi ini adalah pengguna tidak perlu repot mengimpor teks ataupun file yang dimilikinya, karena dapat langsung dibuka menggunakan aplikasi. Di sini juga mendukung kontrol gerakan, sehingga dapat dengan mudah melakukan penyuntingan.

6. Parrot Teleprompter

Selanjutnya adalah aplikasi yang dapat terkoneksi dengan akun dropbox yang pengguna miliki, sehingga dapat mendownload teks ataupun filenya dari situ. Tentunya aplikasi yang satu ini didukung oleh beberapa fitur yang sangat mumpuni.

Selain fitur dasar yang memang biasa ada di aplikasi sejenis, di sini juga terdapat beberapa fitur tambahan yang sangat berguna. Sebut saja seperti mirror moede, dan juga adanya fitur kendali jarak jauh yang sangat membantu.

7. Selvi Teleprompter Camera

Di daftar selanjutnya ada aplikasi teleprompter android yang bernama selvi teleprompter camera. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk merekam video sembari membaca skrip dengan hasil yang tampak natural, tanpa takut terlihat seperti orang yang sedang membaca.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini nantinya akan menampilkan teks yang sudah ditulis dan diimpor dalam bentuk widget yang transparan. Widget ini nantinya dapat ditampilkan berbarengan dengan kamera, dan tentu tampilannya sangat halus dan lancar.

8. BIGVU

Ingin mendapatkan aplikasi yang memiliki peringkat tinggi,  maka dapat mencoba aplikasi yang satu ini. Karena BIGVU berhasil mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari pengguna, dan dibuktikan dengan ratingnya yang cukup baik dan positif.

Melalui aplikasi ini pengguna dapat menambahkan subtitle secara otomatis, mengganti latar belakang dengan mudah, mengedit teks, dsb. Dengan semua kemudahan tersebut, maka pengguna dapat menghasilkan video dengan kualitas terbaik, yang terlihat sangat halus.

9. Elegant Teleprompter

Pada aplikasi elegant teleprompter ada satu fitur yang akan sangat membantu penggunanya yakni floating window. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi ini bersamaan dengan aplikasi lainnya secara bersamaan tanpa takut ngelag.

Aplikasi ini memiliki dua versi yang gratis, dan berbayar. Bagi yang masih pemula, maka dapat menggunakan yang versi gratis terlebih dahulu. Tenang saja, fitur yang dimilikinya tidak terlalu jauh berbeda dengan yang pro, dan sudah sangat mumpuni.

10.  SpeechWay

Untuk aplikasi teleprompter ini sangat tepat untuk digunakan oleh seorang blogger, streamer, dan juga presenter tv. Karena plikasi ini memiliki berbagai fungsi, dapat digunakan sebagai floating teleprompter, teleprompter mirror, dan teleprompter camera, secara bersamaan dengan aplikasi lainnya.

Di dalam aplikasi ini ada banyak sekali fitur yang dapat pengguna gunakan dari mulai mengatur waktu, mengubah ukuran teks, kecepatan teks, font, dan masih banyak yang lainnya. Jadi tidak heran jika kemudian aplikasi ini masuk ke dalam rekomendasi aplikasi terbaik.

11. Teleprompter Sederhana

Memang nama aplikasi ini adalah teleprompter sederhana, namun jangan remehkan fitur yang dimilikinya. Karena aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat memudahkan pengguna, terutama pengguna yang baru mencoba aplikasi semacam ini.

Pada aplikasi ini pengguna dapat mengubah ruang antar garis supaya tulisan yang ditampilkan dapat dibaca dengan lebih mudah. Selain itu di aplikasi ini juga terdapat hitungan mundur yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan.

12. Video Teleprompter

Terakhir ada aplikasi teleprompter yang bernama video teleprompter yang dapat membantu pengguna untuk menghasilkan video dengan kualitas yang mumpuni. Skrip yang ditampilkan akan terlihat jelas, jadi memudahkan pengguna untuk membacanya.

Oleh karena itu aplikasi ini banyak mendapatkan review positif dari pengguna, karena dirasa cukup membantu dalam pembuatan video.

Itulah tadi beberapa aplikasi teleprompter yang dapat pengguna gunakan untuk membantu memudahkan membuat video yang memiliki teks di dalamnya. Pengguna hanya tinggal memilih aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhannya.