Bisnis Digital Print Yang Masih Jaya Di Masa Pandemi Global
Berita

5 Alasan Bisnis Digital Print Masih Berjaya, Meski Pandemi

Dari sekian banyak bidang usaha salah satu yang masih bisa bertahan di masa pandemi yaitu bisnis digital print.

IDWARTA.com – Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,salah satu sektor yang sangat terkena dampaknya yaitu dunia bisnis. Banyak sekali perusahaan yang mengalami krisis di era pandemi ini. Bahkan mereka sampai mengurangi biaya operasi hingga ada yang memutuskan untuk melakukan PHK.

Namun bagi mereka yang berfikir optimis masih tetap ada jalan keluar. Sedangkan bagi mereka yang berfikir pesimis dalam kondisi terpuruk seperti ini diibaratkan kiamat seperti tidak ada jalan keluar yang bisa dilakukan.

Di tengah pandemi seperti ini kita tetap bisa menjalankan bisnis. Demi untuk memenuhi kebutuhan hidup tetap ada peluang usaha yang bisa dilakukan. Namun perlu berfikir optimis dan membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalankan suatu usaha dalam kondisi seperti sekarang ini.

Tidak sedikit orang yang mencoba peruntungan memulai usaha bisnis kecil-kecilan dengan modal dari tabungan mereka. Salah satu contohnya yaitu bisnis digital print. Disaat banyak sektor bisnis yang mengalami keterpurukan. Dari sekian banyak bidang usaha salah satu yang masih bisa bertahan di masa pandemi yaitu bisnis digital print.

Menurut CEO Garuda Digital Printing yang sudah berpengalaman dibidang digital printing sejak tahun 2013 lalu mengatakan. “ Ketika kita dihadapkan dengan masa pandemi global, ada dua sisi yang perlu dilihat dahulu. Pertama, berapa banyak karyawan yang harus di PHK. Tetapi banyak juga pelaku usaha baru didalam bidang bisnis digital print meskipun tidak banyak. Karena dalam bisnis digital print perlu proses untuk belajar dan pengalaman itu sangat penting dalam hal tersebut “.

Menurutnya, bisnis digital print menjadi salah satu pilihan yang tepat karena sifatnya jangka panjang. Mereka yang mendirikan bisnis ini tetap bisa menjalankan usahanya meskipun pandemi telah berakhir. Sehingga bisa menjadi mata pencaharian baru dan sebagai ladang penghasilan.

Mencoba usaha bisnis di masa pandemi seperti ini memanglah sulit dan tentu akan banyak sekali tantangan yang harus dihadapi sehingga membutuhkan kesabaran yang ekstra. Namun, jika usaha bisnis dilakukan dengan niat dan bersungguh-sungguh maka akan meraih kesuksesan nantinya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, tentu juga sangat membantu pelaku usaha untuk tetap bertahan memasarkan produk ataupun jasa dengan sistem online. Disamping itu, pelaku usaha juga harus bisa menawarkan harga yang kompetitif dan juga pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggan.

Berikut ini 5 alasan bisnis digital print masih berjaya,meski pandemi

1. Banyaknya penggunaan masker dan face shield

Pada saat awal penyebaran virus covid-19, masker kesehatan menjadi barang langka. Ini dikarenakan tingginya permintaan pasar namun persediaan yang terbatas. Sehingga muncul ide bagi perusahaan untuk membuat masker dengan desain yang beraneka ragam.

Selain itu, penggunaan face shield atau pelindung wajah juga sempat tren di kalangan masyarakat. Face shield dengan desain yang menarik tanpa menghilangkan fungsinya sebagai pelindung wajah saat pandemi ini. Sehingga penjualan masker dan face shield dengan macam-macam kustom sangat laris dipasaran.

2. Kebutuhan panel pemisah semakin meningkat

Himbauan untuk selalu menjaga jarak juga sangat berpengaruh pada tingginya permintaan panel pemisah. Sejumlah perusahaan atau restoran yang masih menjalankan bisnisnya mendesain tempat kerja mereka dengan menempatkan panel pemisah antara meja karyawan dan pelanggan. Untuk menghasilkan visual panel pemisah agar lebih menarik dan dekoratif tentu dibutuhkan jasa digital print.

3. Meningkatnya permintaan kemasan dan cetakan label

Pada masa pandemi permintaan kemasan dan cetakan label semakin meningkat. Ini dikarenakan tingginya kebutuhan pada bisnis makanan, kebutuhan rumah tangga ataupun obat-obatan. Walaupun meningkatnya tidak begitu signifikan, ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis percetakan di masa pandemi.

4. Meningkatnya permintaan pakaian olahraga

Himbauan untuk selalu menjaga jarak dan tetap dirumah saja membuat banyak orang memanfaatkan waktu berolahraga dirumah. Selain untuk menjaga kesehatan juga untuk menjaga imunitas tubuh. Ini juga berdampak akan meningkatnya permintaan print digital activewear ( pakaian olahraga ) tentu hal tersebut membutuhkan jasa digital print.

5. Tingginya permintaan cetak banner

Diketahui Banner merupakan suatu media promosi berupa hasil cetakan memakai digital print berukuran tertentu dengan bentuk portrait atau vertikal. Namun sekarang, banner tidak hanya digunakan sebagai media promosi saja melainkan sebagai himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *