IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 1, 2022

idwarta.com – Rasa nyeri dan tidak nyaman pada area gigi dapat dengan mudah diatasi dengan .

Saat ini, sudah banyak jenis obat yang tersedia di apotek, seperti ibuprofen, asam mefenamat, parasetamol dan lain sebagainya.

Namun jika ingin mengatasi sakit gigi tanpa efek samping, obat sakit gigi rumahan adalah jawabannya.

Ya, ada banyak pilihan alternatif obat sakit gigi yang lebih aman, misalnya saja menggunakan beberapa jenis bumbu dapur hingga rempah yang ada di rumah.

Bumbu dapur yang dapat dijadikan obat sakit gigi

Sejumlah bahan alami yang ada di dapur dapat dijadikan .

Bahan alami tersebut tersebut pada umumnya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang secara efektif dapat meredakan .

Lalu, bumbu dapur apa saja yang dapat dijadikan obat sakit gigi? Melansir The Health Site, berikut ulasan ringkasnya.

1. Bawang putih

segar memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang kuat. Bumbu dapur satu ini telah lama dikenal ampuh untuk dijadikan obat sakit gigi.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa aktif yang disebut allicin yang bersifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk memaksimalkan khasiatnya, kita dapat memotong atau mencincang bawah putih segar, kemudian diletakkan pada gigi yang sakit.

Tunggu beberapa menit dan ulangi sampai tingkat nyerinya mereda.

2. Cengkeh

Cengkeh juga memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat mengatasi sakit gigi.

Cara menggunakannya adalah kita dapat meletakkan cengkeh utuh di area gigi yang sakit dan tahan di antara gigi beberapa saat.

Ketika cengkeh diletakkan pada gigi, maka hal itu akan mendorong pelepasan bahan kimia dari cengkeh untuk mengurangi rasa sakit.

Selain cengkeh utuh, minyak cengkeh juga lebih cepat mengatasi nyeri pada gigi.

Caranya adalah dengan meneteskan minyak cengkeh ke bola kapas, kemudian letakkan pada gigi yang sakit.

3. Pala

Selain cengkeh, rempah pala juga memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat. Bahkan khasiatnya dalam mengatasi sakit gigi telah lama dikenal sejak dulu.

Namun bukan pala utuh yang bisa digunakan untuk , melainkan bubuk pala.

Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan sejumput bubuk pada area gigi yang sakit dan diamkan beberapa saat.

Setelah itu, kumur-kumur dan bilas dengan air hangat. Ulangi prosesnya sampai nyeri berkurang.

4.

Bumbu dapur yang terkenal dengan aromanya yang harum ini juga cukup baik dalam mengatasi sakit gigi serta menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kayu manis utuh berukuran kecil dapat kita kunyah untuk meredakan sakit gigi.

Proses mengunyah yang bercampur dengan air liur dapat membantu senyawa pada kayu manis keluar dengan sempurna untuk meredakan nyeri.

5. Thyme

Rempah yang punya aroma harum satu ini juga cukup ampuh dalam meredakan sakit gigi. Seperti dilansir Forbes, Thyme memiliki sifat antibakteri sekaligus antioksidan yang kuat.

Pada sebuah studi pada tahun 2016 di BMC Complementary Medicine and Therapies menemukan fakta bahwa thyme cukup ampuh dalam mengobati nyeri gigi .

Cara memanfaatkannya adalah dengan menggunakan minyak esensial thyme yang dioles ke area gigi yang sakit, atau bisa juga dicampurkan dengan air hangat untuk dijadikan obat kumur.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”