IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 27, 2022

idwarta.com – Meski lucu, tak jarang kucing hitam diasosiasikan dengan hal-hal menyeramkan, seperti sihir, Halloween, dan membawa sial.

Namun menariknya, kucing dengan warna ini justru dianggap sebagai kucing unik yang membawa keberuntungan di beberapa negara.

Tak banyak yang mengetahui bahwa kucing hitam memiliki sejarah panjang yang berawal dari kemunculannya di abad pertengahan silam.

Fakta menarik kucing hitam

Berbeda dari kucing oren, kucing hitam memang sering mendapatkan anggapan buruk.

Hal ini juga dipengaruhi penggambaran film dan media soal sosok hewan ini, yang cenderung negatif.

Padahal, kucing hitam sebenarnya sama menggemaskan dan lucu dengan kucing warna lainnya.

Untuk memahami berbagai fakta menariknya, simak paparan yang dikutip dari The Spruce Pets, berikut ini.

  • Hubungan antara kucing hitam dan penyihir

Kucing hitam memang identik dengan Halloween atau penyihir.

Namun, apa alasannya?

Jadi di awal Abad Pertengahan, kucing hitam sering diasosiasikan dengan setan, penyihir, dam sihir.

Bahkan, tak sedikit yang meyakini bahwa hewan tersebut merupakan jelmaan dari penyihir.

Ironisnya, takhayul itu pun mengakibatkan adanya pembunuhan massal kucing hitam saat itu.

Kepercayaan salah itu pun terbawa hingga saat ini, membuat kucing hitam masih ditakuti di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

  • Membuat hubungan asmara lebih mulus

Berbanding terbalik dengan stereotipe menyeramkan sebelumnya, rupanya ada beberapa negara yang menyakini kucing hitam dapat membuat hubungan asmara lebih mulus.

Di Jepang, perempuan lajang yang memelihara kucing hitam diyakini dapat menarik perhatian pria.

Lalu di Inggris, kucing hitam merupakan hadiah perkawinan ideal karena diyakini dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi mempelai wanita.

  • Membawa keberuntungan

Bukan hanya membuat kehidupan asmara makin lancar, kucing hitam juga diyakini dapat membawa keberuntungan dan memperbaiki keadaan finansial seseorang.

Dalam sejarah, sebenarnya pelaut sering membawa kucing saat berlayar untuk memburu tikus dan sebagai teman selama di kapal.

Namun, pelaut Inggris meyakini bahwa seekor kucing hitam dapat membawa keberuntungan bagi pelayarannya dan memastikan dia dapat pulang dengan selamat.

Kendati demikian, bajak laut tidak meyakini kepercayaan serupa.

Sebab, mereka percaya bahwa kucing hitam yang mendekat akan membawa ketidak beruntungan.

Mereka juga meyakini bahwa jika ada kucing yang naik ke kapal lalu melompat turun, artinya kapal akan tenggelam.

Lalu selain para pelaut, kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan juga diyakini oleh penduduk Skotlandia, Irlandia, dan Inggris.

Di Skotlandia, kucing yang datang ke rumah menandakan kemakmuran, sementara di Inggris dan Irlandia, berpapasan dengan kucing hitam menandakan keberuntungan.

  • Kucing hitam tidak mudah sakit

Tim peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa mutasi genetik yang menyebabkan kucing memiliki bulu hitam dapat melindunginya dari penyakit.

Bahkan faktanya, mutasi itu mempengaruhi gen yang sama dengan gen yang dapat memberikan perlindungan terhadap HIV pada manusia.

Karena kucing dapat mengalami masalah kesehatan yang sama dengan kita, seperti kanker, HIV, dan Alzheimer, kucing dapat menjadi model yang tepat bagi para peneliti untuk mempelajari penyakit yang dapat diderita manusia dan cara mencegahnya.

  • Warna bulu kucing hitam dapat berubah

Jika kucing hitam kita memiliki gen tabby dan senang berjemur, bulu hitamnya bisa berubah waena menjadi rusty brown (coklat gelap kehitaman).

Hal ini disebabkan karena cahaya matahari dapat memecah pigmen di bulu kucing dan membuat gen tabby yang semula tertutup menjadi terlihat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”