5 Kunci Sukses Jualan di Facebook Untuk Newbie atau Pemula
Tips

5 Kunci Sukses Jualan di Facebook Yang Jarang Orang Tahu

IDWARTA.com – Ingin jualan produk di Facebook? Atau ingin mempunyai calon pembeli yang melimpah dari Facebook tanpa menggunakan Facebook Ads? Berikut kami rangkum 5 tips kunci sukses jualan di facebook bagi pemula alias newbie. Karena pada dasarnya berbisnis itu bisa berjalan dengan baik bila 3 hal saja di antaranya :

 

  • ada produk atau jasa yang dijual.
  • target market harus sesuai.
  • Dan terakhir bagaimana cara mudah agar target pasar mau membeli produk atau jasa yang sedang kita tawarkan.

 

Lantas, bagaimana cara optimasi yang tepat agar mampu mendatangkan 5000 calon buyer di akun Facebook kita? Maka dari itu anda perlu memulai mengatur atau manage planning ke depan serta menjalankannya secara rutin alias continue. Hal ini berkaitan agar bisnis anda nantinya terus bergulir, tiap hari mendapatkan orderan meski tanpa harus iklan di facebook yang tentunya perlu modal.

 

Adapun pola optimasi facebook marketing ini dapat anda terapkan meski pemula. Namun sebelum menuju topik utama, anda perlu memiliki akun FB dahulu serta sudah setting keseluruhan mulai isi profile lengkap dan punya produk atau jasa yang akan dijual nantinya.

 

Berikut 5 Kunci Sukses Jualan di Facebook

5 Kunci Sukses Jualan di Facebook Untuk Newbie atau Pemula

1. Pertama Melakukan “Add Friend Tertarget”

 

Poin pertama yang perlu anda lakukan ialah add friend yang tertarget. Maksudnya ialah semisal produk yang dijual berupa kuliner dan target market daerah Kediri. Sehingga anda perlu mencari grup tentang kuliner khusus area Kediri, kemudian coba add friend member yang ada tersebut.

 

Selain itu anda juga bisa melakukan hal yang sama di FP (Fanspage) competitor. Awal mulanya jangan langsung banyak add friend nanti takutnya spam, cukup 10 orang saja pagi hari, siang 10 orang lagi, serta malam 10 orang lagi. Setelah anda mulai terbiasa dan cukup lancar tanpa ada sebuah peringatan dari FB, anda perlu tingkatkan secara bertahap misalnya 20 orang atau 25 orang masing-masing di pagi, siang dan malam harinya.

 

2. Kedua Manage Add Friend

 

Setelah anda melakukan poin pertama selama 5 hari, nanti biarkan dua hari tidak add friend, dan di hari ke 7 proses cleaning. Maksudnya ialah menghapus permintaan pertemanan yang tidak direspon alias not approve. Hal ini bertujuan agar akun facebook kamu tidak beresiko di blokir oleh Facebook.

 

3. Update Status 3x Sehari

 

Selanjutnya pola ketiga dari optimasi Facebook marketing, agar mendapatkan kunci sukses jualan di Facebook adalah mulai memperkenalkan diri yang begitu elegan terhadap friend tertarget tadinya. Hal yang pertam dilakukan ialah mulai memposting status yang pasti akan di baca oleh mereka.

 

Ingat! update status tidak harus berupa tips atau soft selling mengenai bisnis yang sedang di tawarkan. Bisa juga posting gambar lucu atau kata-kata mutiara, teka-teki yang menarik, atau hal berbau unik yang bisa memancing respon untuk berinteraksi di status kita.

 

Tentunya lebih terasa rilex, tujuannya agar mereka mau like, comment atau share post kita tersebut. Maka di kemudian hari bila kita update status pasti akan muncul di beranda mereka. Dengan begitu kita akan mulai mempersiapkan diri agar promosi kita bisa terlihat oleh mereka.

 

4. Mulai Lakukan Interaksi dengan Audience

 

Anda perlu meluangkan waktu sekitar 15 menit hingga 30 menitan, untuk melakukan like dan comment di status Friend yang tertarget nantinya. Tujuannya agar mereka lebih mengenal kita lebih cepat.

 

5. Join Groups Yang Relevan dengan Bisnis Kamu

 

Tujuan utama cara kelima ini ialah untuk sekedar melihat topik yang hangat sedang diperbincangkan terutama di bidang tersebut semisal kuliner. Selain itu pula juga untuk lebih mendalami, bagaimana tingkat interest target market kamu serta behaviour? Ini cukup penting karena berkaitan dengan strategi yang tepat untuk promosi produk kamu.

 

Cukup itu saja 5 kunci sukses jualan di facebook untuk newbie alias pemula yang perlu dilakukan setiap harinya.

 

Baca juga : Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

 

Lantas, Kapan Promosi Yang Tepat Agar Penjualan Laris Manis?

 

Perlu anda garis bawahi bahwa promosi sebenarnya tidak perlu sesering mungkin, sebab bisa membuat friend anda muak. Sehingga luangkan waktu 7 hari saja dalam satu bulan untuk promosi atau promo diskon produk yang anda jual. Ini bertujuan untuk menciptakan sebuah keterdesakan audience membeli produk semisal kuliner, contohnya jual frozen food murah berkualitas beraneka ragam.

 

Dan jangan lupa sematkan promo diskon meski kecil-kecilan selama seminggu. Ini berkaitan dengan mereka yang ketinggalan promo, pasti akan mengirimkan anda pesan pribadi dan terjadilah transaksi.

 

Itulah pola optimasi FB Marketing agar kiat kunci sukses jualan di Facebook. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ke teman-teman kalian mikro bisnis agar tips tersebut bisa membantu mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *