IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 4, 2023

idwarta.com – telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Daun berwarna hijau dengan ciri khas bergerigi di bagian sisinya ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Meski daun mimba banyak ditemukan di India, namun saat ini orang Indonesia sudah bisa membelinya di toko online atau e-commerce langganan kita.

Lantas, apa saja untuk kesehatan dan kecantikan?

Manfaat daun mimba

Melansir Bebeautiful, mengandung sejumlah senyawa aktif yang bersifat anti-inflamasi, antijamur, antibakteri dan antioksidan.

Selain itu, daun yang memiliki nama ilmiah azadirachta indica A. Juss ini juga dikenal akan nutrisinya yang terdiri dari protein, karbohidrat mineral, vitamin C, betakaroten, asam glutamat, pralin, sistin dan sejumlah asam lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

Biasanya, masyarakat mengonsumsi daun mimba dalam keadaan segar, terlebih saat perut kosong di pagi hari.

Namun beberapa produk dari daun ini sering ditemukan dalam versi yang sudah diekstrak atau dikeringkan untuk dijadikan .

Konon, pagi hari merupakan cara terbaik untuk mengonsumsi daun mimba karena kondisi perut yang kosong bisa membuat semua nutrisinya terserap dan lebih bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat daun mimba

Berikut sejumlah khasiat dari daun mimba.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu keuntungan utama dari mengonsumsi daun mimba adalah dapat meningkatkan kesehatan usus.

Secara tidak langsung, khasiat tersebut berhubungan dengan daya tahan tubuh dan perbaikan .

Mengonsumsi daun mimba secara rutin juga bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan racun secara bersamaan.

Bentuk detoksifikasi itu juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan mencegah penyakit akibat paparan virus atau bakteri.

Semua khasiat tersebut berasal dari kandungan etanol yang bisa meningkatkan aktivitas bakteri baik terhadap patogen, yang memicu tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

2. Menjaga kesehatan mulut

Senyawa yang terkandung pada daun mimba dapat menjaga sekaligus kesehatan gigi.

Orang-orang India sering memanfaatkannya dengan mengunyah daun mimba segar untuk menjaga kesehatan mulutnya.

Sifat antibakteri dari daun ini cukup baik dalam membersihkan rongga mulut dan bakteri merugikan yang menumpuk di area tersebut.

Di samping itu, sifat antibakteri pada daun mimba juga bisa memutihkan gigi secara alami dan mengurangi plak pada gigi.

3. Mengontrol gula darah

Khasiat daun mimba yang sudah dikenal luas adalah kandungannya dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Khasiat tersebut bisa didapatkan karena daun mimba mengandung flavonoid dan glikosida yang bisa mengelola kadar gula darah di ambang batas normal.

Daun yang satu ini juga sangat cocok dikonsumsi secara rutin bagi pasien atau pra-diabetes.

4. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Senyawa yang terkandung di dalamnya bersifat antiinflamasi dan antioksidan. Zat tersebut membuat daun mimba cukup efektif dalma melawan radikal bebas yang merusak organ tubuh, tak terkecuali dengan organ ginjal serta hati.

Dalam kegunaannya, daun mimba seringkali di ekstrak dan dikonsumsi bagi orang-orang yang mengalami kerusakan ginjal yang disebabkan oleh pengaruh obat-obatan seperti parasetamol atau obat kemoterapi.

5. Menjaga kesehatan kulit kepala

Untuk manfaatnya dari segi kecantikan, daun mimba juga bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

Sifat antijamur dari daun mimba mampu melawan kepala yang menyebabkan rambut berminyak hingga masalah ketombe.

Sementara itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu tubuh dalam melawan kerusakan rambut dan kulit kepala akibat radikal bebas.

Secara tidak langsung, khasiat estetikanya bisa mencegah penuaan dini pada kulit kepala, mencegah kerontokan rambut dan mendukung pertumbuhan rambut baru.

Cara mendapatkan manfaat ini bisa dengan mengonsumsi daun mimba atau dibuat racikan khusus sebagai masker rambut.

6.

Kandungan anti-inflamasi dan antibakteri pada daun mimba juga cukup efektif dalam melawan infeksi kulit termasuk jerawat, masalah kulit gatal, gigitan serangga, eksim, kurap dan komplikasi akibat luka bakar.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka darah akan menjadi lebih bersih dan bisa menunjang kesehatan kulit dengan menurunkan tingkat peradangan, menghambat produksi sebum berlebihan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”