Destinasi Wisata Danau Kaolin Yang Menakjubkan
Wisata

9 Wisata Belitung Yang Tak Kalah Indah Dengan Panorama Wisata Luar Negeri

IDWARTA.com – Belitung adalah daerah Indonesia yang kaya akan potensi wisata alamnya. Dahulu, wisata Belitung belum ramai dikunjungi atau bahkan belum diketahui secara luas. Akan tetapi, setelah adanya film Laskar Pelangi, pesona wisata Belitung mulai diketahui dan terekspose.

 

Belitung kini mulai ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik bahkan mancanegara karena keindahan panoramanya. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia karena tak perlu jauh-jauh ke luar negeri mencari tempat indah untuk berlibur. Cukup datang ke Belitung dan temukan potensi wisata Belitung yang tak pernah Anda duga.

 

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Belitung, berikut 9 destinasi wisata Belitung yang tak kalah indah dengan wisata luar negeri.

 

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi - Objek Wisata Belitung Yang Eksotis

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu wisata pantai terindah yang ada di Belitung. Saking indahnya, wisata Belitung ini sempat dijadikan lokasi syuting Laskar Pelangi. Untuk menuju pantai ini, Anda harus berkendara 37 km ke utara dari kota tanjung Pandan.

 

Pantai Tanjung Tinggi terdapat beragam komponen berupa pasir putih yang lembut, batu granit dengan ukuran sangat besar dan air laut yang jernih. Ombak di pantai ini juga bisa dibilang tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air.

 

Selain sebagai wisata pantai, tempat wisata Belitung yang satu ini juga sering digunakan sebagai wisata kuliner. Banyak sekali warung tenda yang menyajikan olahan sea food sepanjang bibir pantai. Soal rasa tentunya dijamin akan membuat lidah Anda ketagihan.

 

2. Pulau Lengkuas

Objek wisata Belitung yang juga tak kalah menarik dari pantai Tanjung Tinggi adalah pulau Lengkuas. Di sebelah utara pulau Belitung terdapat sebuah Pulau mungil yang indah dan mempesona. Hanya diperlukan waktu tempuh 30 menit untuk menjangkau pulau cantik ini.

 

Keunikan dari objek wisata pulau lengkuas terletak pada mercusuar yang tepat berada di tegah pulau. Dari atas mercusuar, Anda bisa menikmati pemandangan pulau dan juga perairan Belitung yang sangat indah. Konon kabarnya, sebuah mercusuar ini telah ada sejak era 1882.

 

3. Bukit Berahu

Jangan dikira bahwa objek wisata Belitung yang satu ini merupakan perbukitan rimbun. Bukit Berahu merupakan antara restaurant dan bungalau yang terletak di pinggir pantai. Dari atas bukit Berahu, Anda dapat menikmati keindahan pesona pantai dan juga panorama yang begitu menarik layaknya private beach.

 

Untuk mencapai bukit Berahu, Anda harus menuruni hampir 100 anak tangga. Untuk itu, disarankan untuk tidak memakai gaun mini ataupun sepatu ber-hak tinggi saat mengunjungi objek wisata ini.

 

4. Pantai Punai

Objek wisata Belitung nomor empat adalah pantai Punai. Pantai tersebut berada di bagian tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Jika pantai Tanjung Tinggi memiliki bongkahan batu granit besar, pantai punai memiliki batu granit ukuran kecil serta menjanjikan suasana yang lebih tenang.

 

Di memintas pantai punai, ada sosok sebuah pulau kecil yang diberi nama pulau punai. Dahulu, pulau ini merupakan habitat burung punai, akan tetapi saat ini burung punai sudah tak nampak lagi. Untuk singgah di pulau punai, Anda tak perlu menggunakan perahu ataupun speedboot, cukup berjalan kaki saat air sedang surut.

 

5. Pulau Pasir

Pulau pasir bukanlah sebuah pulau yang dihuni oleh satwa maupun ditumbuhi oleh pepohonan rindang. Pulau pasir hanyalah tumpukan pasir yang terlihat ketika air surut. Namun saat terjadinya air laut pasang, penampakan pulau pasir akan seolah-olah tenggelam. Jadi, tak heran jika di pulau ini sering terlihat hewan laut seperti bintang laut, kerang ataupun keong yang tersembunyi diantara pasir putih.

 

Luas objek wisata Belitung ini hanya seukuran lapangan bola. Akan tetapi, pemandangannya sungguh menakjubkan karena berdekatan dengan pulau-pulau lainnya. Saat musim libur tiba banyak wisatawan mengunjungi pulau pasir dengan menyewa perahu nelayan.

 

6. Danau Kaolin

Destinasi Wisata Danau Kaolin Yang Menakjubkan

Danau kaolin menyajikan pemandangan begitu apik dengan perpaduan kaolin yang berwarna putih dan juga air danau yang berwarna biru cerah. Objek wisata Belitung ini sebenarnya bukanlah tempat wisata umum, akan tetapi banyak para juru kamera yang tertarik mengekspose danau ini. Indahnya wisata ini membuat banyak agen perjalanan yang membuka paket khusus untuk menyinggahi objek wisata yang memperlihatkan kekayaan tambang Belitung ini.

 

7. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong memiliki pasir putih yang begitu halus. Pantai Penyabong memiliki ciri khas batu granit besar yang saling menyambung. Batu granit tersebut umumnya memanjang dan menjorok ke arah laut sehingga nampak seperti dermaga.

 

Batu-batuan granit besar juga terlihat cekung sehingga terisi air di tengahnya. Oleh karena itu, objek wisata Belitung ini juga disebut sebagai pantai batu lubang. Batu-batu granit besar juga menghalau ombak besar sehingga berenang akan lebih aman di pantai ini.

 

Destinasi wisata Belitung tersebut berada di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Meski tak seluas pantai lainnya, pantai ini memiliki keindahan yang hampir sama dengan pantai Tanjung Tinggi.

 

8. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata adalah museum yang dibangun khusus untuk menyimpan koleksi karya Andrea Hirata. Di musim ini, Anda bisa menyaksikan rekam jejak film Laskar Pelangi dan berbagai karya sastra lainnya.

 

Di museum literature pertama Indonesia ini, Anda juga bisa membaca sebuah karya cerpen yang tak diterbitkan untuk umum. Museum ini sebenarnya tak dibangun untuk keperluan wisata Belitung, melainkan dibangun untuk menginspirasi dan menyemangati pemuda desa agar mampu berkarya.

 

9. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai merupakan salah satu objek liburan di Belitung yang menjadi favorit para wisatawan. Pantai tersebut berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Layaknya pantai Belitung lainnya, pantai ini juga memiliki pasir putih yang halus dan juga lembut.

 

Pantai nyiur melambai mempunyai sebuah karakteristik pantai yang kacek dengan pantai lainnya. Jika pantai biasanya ditumbuhi pohon kelapa, pantai nyiur melambai lebih didominasi dengan pohon pinus. Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan di pantai ini antara lain sepak bola pantai, voley pantai, bermain pasir dan berbagai permainan air lainnya.

 

Itulah 9 aneka wisata Belitung yang tak kalah indah dengan panorama wisata luar negeri. Sempatkan diri Anda mengunjungi 9 tempat wisata tersebut saat menyambangi Belitung. Jika di Indonesia terdapat tempat yang begitu indah, mengapa Anda harus berlibur ke luar negeri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *