IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Nama Udil Surbakti sudah menjadi salah satu ikon di Mobile Legends Indonesia. Pengalaman, jam terbang dan skill mumpuni membuat Udil terus disegani. Dalam live stream-nya baru-baru ini, Udil pun berbagi tips bagi mereka yang ingin meniti karier di dunia esports, khususnya MLBB (Mobile Legends).

Yup, harus diakui pertumbuhan esports menjadi industri memang menawarka beragam pilihan dan kesempatan baru, termasuk untuk menjadi pemain profesional. Belum lagi jika menjadi ‘bintang’, bisa dipastikan kesuksesan dan popularitas bakal mendatangkan lebih banyak cuan secara materi. Tapi, semudah itukah? Well, Udil membagikan tips untuk menjadi pro player setidaknya harus siap dengan tiga modal utama. Sebelum membahas, tak ada salahnya kita menyegarkan ingatan tentang perjalanan karier Udil yang tahun ini berusia 21 tahun.

Kebintangan seorang Udil bersinar sejak awal kiprahnya sebagai pemain pro. Setelah meraih juara Piala Presiden Esports 2019, pemain bernama lengkap Muhammad Julian Ardiansyah sukses memeluk tiga trofi berikutnya yakni Mobile Star League Season 3, MPL ID S3 dan MSC 2019. Udil menjadi bagian dari generasi emas “Kage” ONIC Esports bersama SanZ, Psychoo, Antimage, Drian dan Sasa.

Udil kemudian hijrah ke Alter Ego. Ia pun segera beradaptasi dengan AE Celiboy, AE Ahmad, AE Pai, AE Rasy, dan Leomurphy. Udil juga siap dengan adaptasi dan rotasi. Jika di tim sebelumnya ia bermain sebagai jungler atau hyper, di Alter Ego ia justru melanjutkan predikatnya sebagai “hokage’ di pos midlaner. Skill ciamik dan performa stabil Udil sanggup memimpin dan membuka jalan bagi timnya meraih kemenangan.

Meski sejak MPL ID S6 ia belum lagi mempersembahkan trofi juara untuk Alter Ego, namun tak ada kata kendor bagi Udil. Ia dan Alter Ego menjadi juara MPLI 2020 dan finish empat besar di M2 World Championship. Sebuah catatan cukup panjang di scene kompetitif.

Dalam live streaming baru-baru ini, Udil berbagi kisah perjalanannya sebagai pemain profesional. Menurutnya, penghasilan cukup besar bisa didapat seorang pro player, apalagi untuk usia relatif muda. Namun, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk mencapainya. Ada tiga hal yang harus disiapkan yaitu mental, waktu, dan usaha dan atau kerja keras.

“Pro player tajir-tajir, tapi harus kalian tau beratnya jadi pro player. Mental, waktu, usaha, itu udah jadi modal pasti yang bakal terkuras guys. Jadi buat kalian yang gak bisa nyiapin itu semua, kelar idup kalian gak bisa jadi pro player,” ujar Udil.

Udil pun mengaku sebelumnya ia pernah menertawakan pendapat seorang Lemon soal beratnya menjadi pemain profesional. Ndilala, Udil akhirnya merasakan realita tersebut.

“Dulu gua pernah ngetawain pas Lemon bilang jadi pro player susah, namun sekarang gua merasakan kesusahannya. Ingat kata Lemon ya, guys,” tambahnya.

Nah, apakah di antara ligagamers yang ingin menjadi pro player di kancah esports? Ingat tiga modal yang harus kalian siapkan. Selain mental, waktu dan kerja keras itu sejatinya berjalan beriringan. Artinya, jangan sia-siakan salah satunya. Niscaya, usaha kalian akan indah pada waktunya dan di tempat yang diinginkan. Percayalah kata Udil!

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Daftar Hero Crowd Control MLBB Paling Ngeselin, Wajib Masuk Draft Pick

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website revivaltv.id. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”