IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 7, 2023

idwarta.com – Perayaan Diwali 2022 jatuh pada Senin, 24 Oktober 2022.

Beberapa dari kita mungkin pernah atau sering mendengarnya, namun belum begitu memahaminya. Apa itu perayaan Diwali ? Berikut ulasan singkatnya, seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

Apa itu Diwali ?

Dikutip dari , Diwali adalah salah satu festival paling populer umat Hindu, serta penganut Jainisme dan Sikhisme.

Festival ini didedikasikan untuk penyembahan Dewi Lakshmi sebagai dewi kemakmuran.

Tak hanya di India, Diwali juga dirayakan oleh Umat Hindu di berbagai negara.

Seperti diberitakan oleh pada 2021 lalu, terlihat potret umat Hindu di Sri Lanka, Malaysia, Taiwan, Jepang, hingga Indonesia merayakan Diwali.

Di Medan, Sumatera Utara, misalnya, umat Hindu berdoa di Kuil Sri Mariamman.

Di India sendiri, beberapa bagian dari negara tersebut juga menyebut Diwali dengan istilah deepavali.

Secara terminologi, “Deepavali” punya arti deretan cahaya. Jika dibedah per kata, “deep” berarti cahaya, sementara “avali” adalah barisan atau deretan. Maka, Deepavali diartikan sebagai festival penuh cahaya.

Pencahayaan melambangkan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Perayaan Diwali jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya, ditetapkan berdasarkan kalender Hindu.

Diwali jatuh pada hari ke-15 bulan Kartik pada kalender Hindu.

Dikutip dari , Diwali biasanya jatuh antara bulan Oktober atau November.

Tradisi saat perayaan Diwali

Perayaan Diwali berlangsung selama lima hari. Dikutip dari ensiklopedia , tradisi yang dirayakan pada masing-masing hari memiliki makna tersendiri.

Lima hari tersebut adalah Dhanteras, Naraka Chaturdashi atau Choti Diwali, Lakshmi Puja, Goverdhan Puja (atau Balipratipada atau Annakut), serta Bhai Dooj (atau Bhai Tika atau Bhai Bij).

Hari ketiga atau Lakshmi Puja adalah hari utama Perayaan Diwali.

Dikutip dari BBC, secara singkat, tradisi saat perayaan Diwali adalah menyalakan lampu atau lampu minyak tanah di jalan-jalan dan rumah-rumah, saling mengunjungi kerabat dan berpesta, serta menyalakan kembang api dan menggelar perayaan sebagai bagian penting Diwali.

Ketika perayaan Diwali, umat Hindu juga menyembah dewi kemakmuran, Lakshmi, agar mendapatkan berkah sepanjang tahun yang baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”