Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh anda
Kesehatan

Apa Sih Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Meski Dianggap Mistis

Banyak sebagian orang yang tidak percaya akan manfaat daun kelor untuk kesehatan. Karena memang pada dasarnya daun kelor dijadikan sebagai bahan untuk memandikan jenazah yang berguna untuk mengusir hal-hal negatif yang masih melekat pada orang tersebut.

Jika mengingat daun kelor pasti berhubungan dengan hal-hal mistis karena memang daun kelor biasanya digunakan untuk mengusir sesuatu yang tak terlihat oleh mata.

Namun disisi lain, manfaat daun kelor untuk kesehatan itu memang nyata adanya. Menurut data WHO manfaat daun kelor untuk kesehatan diantaranya sebagai obat tradisional yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dapat membantu perkembangan tubuh.

Daun kelor kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan yang terdapat pada daun kelor antara lain yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin C, protein, zat besi dan magnesium. Untuk lebih jelasnya mari kita simak apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Membantu menurunkan kolesterol

Banyak sekali makanan yang berprotein nabati yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti almond, oatmeal dan biji rami. Tidak terkecuali daun kelor ini juga memiliki manfaat sebagai penurun kolesterol yang efektif.

2. Membantu menurunkan kadar gula

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor yang diolah menjadi sayur atau teh dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Jadi manfaat daun kelor yang satu ini dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk menurunkan kadar gula darah.

3. Mencegah penyakit kanker

Kandungan senyawa niazimicin yang terdapat pada daun kelor berfungsi untuk membantu menekan pertumbuhan sel kanker. Selain itu daun kelor juga mengandung beta sitosterol yang bersifat anti inflamasi yang berfungsi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyembuhan pada luka serta mampu meredakan kram dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

4. Untuk kesehatan mata

Tidak hanya wortel dan tomat saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan mata, daun kelor juga bisa digunakan sebagai vitamin untuk kesehatan mata.

Kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat pada daun kelor berfungsi untuk memperlambat disfungsi retina, mencegah pelebaran pada pembuluh retina serta dapat mengurangi timbulnya gangguan penglihatan.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika anda memiliki masalah pada pencernaan misalnya seperti maag, lambung atau sembelit disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

Karena daun kelor dapat membantu mengobati berbagai masalah pada lambung seperti maag dan sembelit. Kandungan antibiotik yang terdapat pada daun kelor dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang masuk ke tubuh.

6. Untuk obat cacing

Daun kelor ternyata bisa untuk mengobati cacingan. Caranya yaitu rebus daun kelor kemudian saring. Minum airnya pada malam hari untuk menghilangkan cacing di tubuh. Rebusan daun kelor ini juga bisa membantu menghilangkan cacing usus di tubuh.

7. Mencegah peradangan

Peradangan dapat terjadi karena cidera atau bisa juga karena infeksi. Peradangan yang berlangsung lama bisa menyebabkan masalah pada kesehatan misalnya seperti penyakit kanker atau penyakit jantung.

Kandungan senyawa anti inflamasi pada daun kelor diyakini mampu mencegah peradangan yang terjadi pada tubuh.

8. Mencegah kerusakan hati

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk mencegah kerusakan hati yang disebabkan karena mengkonsumsi obat obatan tertentu. Jika mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu proses penyembuhannya.

9. Sebagai obat pembengkakan atau edema

Merupakan suatu pembengkakan pada anggota tubuh yang terjadi karena penimbunan cairan di dalam jaringan. Biasanya terjadi pada anggota tubuh seperti pergelangan kaki, tangan dan lengan. Jika mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu mencegah pembengkakan yang parah.

10. Membantu melawan bakteri

Kandungan ekstrak daun kelor yang bersifat anti bakteri dan anti jamur dapat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri-bakteri jahat yang akan masuk ke dalam tubuh.

11. Untuk kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada daun kelor dapat membantu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Kandungan ekstrak daun kelor yang bersifat anti inflamasi dapat membantu mengobati penyembuhan tulang yang rusak dan peradangan pada sendi.

12. Mencegah penyakit ginjal

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk mencegah penyakit ginjal. Kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat pada daun kelor dapat membantu mengurangi kerusakan pada ginjal.

Jika rutin mengkonsumsi ekstrak daun kelor dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit batu ginjal dan kandung kemih.

13. Sebagai obat penyakit asma

Manfaat daun kelor yaitu dapat membantu mengobati penyakit asma. Selain itu daun kelor juga dapat membantu fungsi pernapasan secara menyeluruh agar lebih baik.

14. Mengobati anemia atau kurang darah

Ekstrak daun kelor dapat membantu mengobati dan mencegah terjadinya anemia. Karena jika mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak sehingga dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

15. Mencegah penuaan

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun kelor dapat membantu menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dan memberi keseimbangan pada kadar hormon di dalam tubuh.

16. Mencukupi kebutuhan gizi ibu menyusui

Ibu menyusui sangat membutuhkan gizi yang cukup agar asi nya lancar dan bayinya sehat. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin untuk ibu menyusui dapat membantu meningkatkan produksi asi yang melimpah.

17. Mencegah depresi atau stres

Daun kelor memiliki manfaat untuk menjaga mood agar tetap stabil. Kandungan vitamin C dan vitamin E yang terdapat pada daun kelor dapat membantu mengobati stres atau depresi.

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat yang didapat jika kita mengkonsumsi daun kelor secara rutin dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang tidak kita sangka. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *