IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Adobe illustrator merupakan aplikasi desain grafis paling terkenal, namun sayang tidak semua orang dapat menggunakannya.

9 Rekomendasi Aplikasi Alternatif Adobe Illustrator

Karena itu banyak yang mencari aplikasi alternatif adobe illustrator yang tidak kalah bagus, dan dapat digunakan oleh semua orang. 

1. Adobe Photoshop

Pertama ada aplikasi desain grafis yang juga keluaran adobe, yakni photoshop yang tidak kalah populer, dan juga sudah banyak digunakan. Aplikasi ini termasuk lengkap karena memberikan banyak sekali fitur yang dapat digunakan untuk mengedit foto.

Beberapa fitur yang dapat digunakan diantaranya menghapus objek yang tidak diinginkan, memotong gambar sesuai keinginan, serta menyatukan gambar. Tidak sampai di situ, aplikasi ini juga dapat melakukan peleburan gambar, membuat manipulasi pada warna, dsb. 

Karena lengkapnya fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, penggunanya tidak terbatas hanya seorang desainer grafis saja. Tapi juga fotografer, pembuat aplikasi dan web, sampai seniman digital, dan masih banyak lagi pengguna aplikasi ini. 

2. Vectr

Apabila ingin mendapatkan aplikasi dengan harga murah, namun fitur yang premium maka vectr ini merupakan jawabannya. Karena dengan menggunakan aplikasi ini pengguna sudah akan mendapatkan berbagai tools dan fitur yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. 

Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang sederhana, dan intuitif dan juga pengguna dapat melakukan eksplorasi file secara real time. Proyek yang sedang dikerjakan, atau hasil proyeknya dapat dibagikan ke beberapa perangkat berbeda dengan mudah.

Keunggulan aplikasi alternatif adobe illustrator ini tidak berhenti sampai di situ, karena aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan wordpress. Jadi memudahkan pengguna apabila ingin langsung mengupload hasilnya ke web ataupun blog milik wordpress. 

3. Sketch 

Beberapa pengguna macOS, jangan sedih karena ada aplikasi desain grafis yang juga dapat sangat diandalkan yakni sketch. Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga menawarkan fitur lengkap yang mudah untuk digunakan.

Aplikasi alternatif adobe illustrator ini adalah aplikasi yang berbasis vector, karena itu banyak yang menggunakannya untuk user flow, logo, ilustrasi, dsb. Meskipun bukan aplikasi gratis, namun aplikasi ini memiliki sistem pembayaran sekali seumur hidup.

Jadi pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya langganan setiap bulan, atau setiap tahunnya. Karena hanya dengan sekali bayar saja, pengguna sudah dapat menggunakan aplikasi ini selamanya tanpa ada masa kadaluarsa. 

4. Affinity Designer

Bagi yang mungkin sudah terbiasa dengan aplikasi desain grafis buatan adobe, namun membutuhkan aplikasi lainnya sebagai alternatif, maka mungkin aplikasi ini dapat menjadi pilihan. Karena tampilan yang dimiliki oleh aplikasi ini sama dengan tampilan aplikasi keluaran adobe. 

Meskipun begitu, tentu aplikasi ini memiliki kelebihannya sendiri yang berbeda dengan aplikasi keluaran adobe. Salah satunya adalah pengguna dapat melakukan penyesuaian atau kustomisasi tampilan yang dimiliki oleh aplikasi ini sesuai dengan keinginan.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki biaya langganan yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan aplikasi keluaran adobe. Kemudian bagi yang ingin download aplikasi desain grafis untuk PC ini juga sangat mudah, dan dapat ditemukan di berbagai platform.  

5. CorelDraw Graphics Suite

Siapa yang tidak kenal aplikasi editing satu ini? Rasanya aplikasi ini memiliki nama yang tidak kalah besar dengan aplikasi keluaran adobe seperti illustrator maupun photoshop. Aplikasi desain grafis ini berbasis vector, jadi dapat digunakan untuk membuat berbagai kebutuhan UI.

Di sini pengguna juga dapat melakukan editing dengan berbagai fitur lengkap yang mudah untuk dipahami. Apalagi fitur ini selalu mengalami perubahan setiap harinya, jadi sangat sayang apabila tidak dicoba. 

Tidak berhenti sampai di situ, aplikasi ini juga menyediakan dua pilihan langganan yang sangat memudahkan pengguna. Karena di sini pengguna dapat memilih langganan setiap tahun, ataupun sekali seumur hidup. 

6. Canva

Kemudian ada canva, yang merupakan software desain grafis gratis dengan fitur premium layaknya aplikasi desain grafis berbayar. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya ribuan template yang membantu pengguna ketika hendak mendesain. 

Aplikasi ini memiliki dua versi yakni yang premium, maupun yang gratis. Untuk yang gratis ini dapat digunakan sepanjang masa, bukan versi free trial  yang selama ini selalu ditawarkan oleh aplikasi desain grafis lainnya.

Keunggulan lainnya dari canva adalah aplikasi ini dapat diakses menggunakan perangkat apapun, baik itu komputer ataupun handphone. Jadi aplikasi edit ini dapat digunakan kapanpun, dan dimanapun dan jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. 

7. Krita

Tidak hanya canva saja, namun ada juga krita yang merupakan aplikasi alternatif adobe illustrator gratis untuk semua pengguna. Aplikasi ini sangat tepat digunakan oleh illustrator, ataupun konseptor artis dengan fitur premium menariknya yang wajib untuk dicoba. 

Secara spesifik, aplikasi ini sangat tepat untuk digunakan oleh pembuat komik. Karena di aplikasi ini ada beberapa fitur seperti layer mask, halftones, vanishing point, smooth shape, dsb. Semua fitur ini akan sangat membantu pengguna untuk menghasilkan komik yang menarik.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan antarmuka yang sangat menarik, dan mudah untuk dipahami. Jadi bagi pemula yang baru ingin mencoba menggunakan aplikasi desain grafis, aplikasi ini merupakan pilihan tepat. 

8. Gravit Designer 

Aplikasi selanjutnya adalah gravit designer yang merupakan aplikasi edit vector yang tidak kalah dengan aplikasi serupa seperti CorelDraw. Menyediakan tools yang lengkap, membuat pengguna dapat melakukan kegiatan editing apapun, dan memberikan hasil yang luar biasa. 

Tampilan antar muka di aplikasi juga cukup bagus, dan intuitif, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Di aplikasi ini, pengguna juga dapat menyimpan hasil editingnya dengan berbagai jenis folder seperti SVG, SKETCH, JPEG, PDF, dan EPS. 

Bagi pengguna yang tidak ingin mengunduh aplikasi ini, maka dapat menggunakannya secara online. Baru nantinya apabila pengguna sudah merasa nyaman dengan aplikasi ini, maka dapat mendaftar dan mengunduh aplikasinya untuk digunakan dengan mudah.

9. InkScape 

Terakhir, masih merupakan aplikasi editing yang juga berbasis vector yakni Inkscape. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah, aplikasi ini bersifat open-source yang artinya aplikasi ini bersifat gratis, dan dapat digunakan oleh siapa saja. 

Meskipun sifatnya open-source, namun aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi editing lainnya yang bersifat premium. Dengan tools yang cukup lengkap, namun tetap ringan membuat pengguna lebih leluasa saat menggunakan aplikasi ini.

Tidak berhenti sampai di situ, aplikasi ini juga menyediakan yang versi portable sehingga dapat pengguna install melalui FD, ataupun hardisk eksternal. Karena kelebihannya itulah tidak heran jika kemudian aplikasi ini dinobatkan sebagai salah satu aplikasi desain grafis terbaik. 

Dengan semua rekomendasi yang sudah di sebutkan di atas, pengguna dapat memilih mana yang paling bagus dan yang kiranya paling sesuai dengan kebutuhan.

Jadi bagi yang mungkin kurang nyaman dengan adobe illustrator dapat menggunakan rekomendasi aplikasi alternatif adobe illustrator di atas yang paling sesuai. Dengan begitu, proses editing dapat menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih memuaskan.