IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Tentu saja Anda pernah membuka sebuah situs namun sulit untuk mengaksesnya karena diblokir hingga muncul notifikasi internet positif. Nyatanya masalah ini dapat teratasi dengan menggunakan aplikasi browser anti blokir. Hal ini menjadi alternatif lebih baik daripada memakai VPN.

8 Aplikasi Browser Anti Blokir

Sebagai alternatif untuk menggunakan situs yang diblokir dengan aman dan lancar, Anda pun bisa menggunakan aplikasi browser anti blokir satu ini. Selain itu, apabila dibandingkan menggunakan perambah lain seperti Chrome dan Mozilla, nantinya akan jauh lebih praktis. Berikut diantaranya:

1. Opera

Untuk pengguna internet, aplikasi browser anti blokir yaitu Opera tentu sudah tidak asing lagi untuk digunakan. Perambah satu ini memang bersifat legendaris dan menjadi aplikasi anti blokir paling sering dipilih. Pasalnya di dalamnya telah dilengkapi dengan fitur VPN bawaan guna mengakses seluruh situs internet.

Opera juga telah dilengkapi dengan Ad Blocker yang membuat peramban Opera ini aman dari berbagai iklan dan pop up bermunculan. Tentu saja keduanya akan mengganggu aktivitas ketika hendak browsing. Tidak hanya itu, ada banyak fitur lain untuk membuat aktivitas internet akan lebih lancar.

2. Puffin

Mengutip situs resmi milik Puffin, peramban ini memang aman karena bisa melakukan enkripsi data yang akan masuk atau keluar. Dengan begitu akan membuat PC, cloud, table atau ponsel Anda jauh dari resiko peretasan selama mengakses internet.

Keistimewaan dari aplikasi browser anti blokir satu ini adalah dukungan teknologi Flash di dalamnya. Fitur satu ini sangat membantu ketika Anda mengunjungi situs yang mengharuskan untuk menginstall aplikasi lain seperti Adobe Flash pada perangkat. Aktivitas browsing juga dirasa lebih cepat dan juga ringan.

3. UC Browser

Tentu Anda juga tidak asing lagi dengan UC Browser sebagai salah satu jenis peramban atau aplikasi browser anti blokir. Pasalnya pengguna akan berkesempatan untuk mengakses hampir seluruh situs. Kecepatan pengunduhannya pun juga diakui sangat mumpuni. Bahkan mampu mengunduh file besar tanpa aplikasi tambahan.

Di sisi lain, UC Browser ini juga menawarkan fitur yang akan membuat penggunanya merasa nyaman selama browsing di internet. Beberapa contohnya seperti keamanan privasi, night mode, fitur hemat kuota, Scan QR code, add ons untuk blokir iklan hingga smart download.

4. Brave Browser

Berikutnya Anda juga perlu mencoba menggunakan Brave Browser dimana memiliki kecepatan browsing hingga 3 kali lebih cepat dari Chrome. Bahkan bukan menjadi masalah dan tidak akan mengganggu efektivitasnya ketika digunakan melalui perangkat ponsel.

Mengutip dari situs resmi milik Brave, hal ini dikarenakan peramban tersebut mempunyai fitur bawaan berupa Brave Shields. Fungsinya adalah memungkinkan untuk memblokir iklan dan tracker dengan otomatis, Selain itu juga mampu menghemat waktu pengunduhan bahkan 5 kali lebih cepat.

5. Tor Browser

Tor Browser mungkin terdengar kurang lazim bagi sebagian besar orang. Namun untuk beberapa hacker dan ahli IT, mereka cenderung untuk menggunakan peramban satu ini ketika melakukan aktivitas browsing. Pasalnya browser ini mampu menembus situs-situs yang telah diblokir.

Di sisi lain, sesuai dengan logo Tor Browser yang bergambar bawang, peramban ini memiliki segi keamanan hingga 3 lapisan. Berkat fitur enkripsi multi lapis ini, membuat IP pengguna tidak akan mudah untuk dilacak selama berjelajah di internet.

6. UR Browser

Peramban UR Browser ini memiliki beberapa keunggulan yakni aman, cepat dan mampu melindungi privasi pengguna. Melalui fitur Privacy Suite, browser ini telah menawarkan tiga level privasi yakni tinggi, sedang dan rendah. Untuk dua lebel tertinggi, akan secara otomatis memblokir iklan.

Sementara bagi privasi tertinggi, UR Browser akan mengaktifkan fitur Ninja Mode. Menu ini memungkinkan untuk menjelajahi secara rahasia. Selain itu juga mampu menghapus riwayat halaman yang akan dikunjungi.

7. Epic Privacy Browser

Peramban atau aplikasi browser anti blokir berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Epic Privacy Browser. Sesuai namanya, keunggulan utamanya adalah mampu melindungi data pengguna dari berbagai jenis tracking apapun. Melalui fitur ini, aktivitas online dapat disembunyikan dari ISP, Google dan pemerintah.

Peramban ini juga menjadi yang pertama mampu memblokir skrip cryptomming melalui fitur AdBlocker. Menu ini berfungsi samma yakni menghalangi pop up, trackers dan iklan. Kelebihan lainnya adalah melindungi riwayat penelusuran bersifat pribadi dan menghapus halaman sebelumnya.

8. Aloha Browser

Aloha adalah peramban yang dilengkapi dengan VPN bawaan. Namun browser ini hanya dapat diakses melalui perangkat iOS dan Android. Alat penelusuran seperti Chrome memiliki kemampuan untuk melacak aktivitas browsing dari pengguna dengan tujuan menargetkan pengiklanan.

Sementara Aloha akan menghapus seluruh histori pencarian, cache dan cookie setelah digunakan. Sama halnya seperti aplikasi browser anti blokir ppada umumnya, peramban satu ini juga dilengkapi dengan AdBlock yang selalu aktif guna memblokir iklan.

Kegiatan berselancar di internet tentu saja akan terganggu dengan banyaknya iklan. Atau bahkan Anda merasa khawatir apabila data pribadi bisa saja bocor. Solusinya adalah coba menggunakan 8 aplikasi browser anti blokir di atas agar lebih aman, cepat dan juga ringan.