IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Animator di era digital sekarang ini lebih banyak memanfaatkan aplikasi komputer untuk membuat animasi, sehingga karya yang dihasilkan lebih halus dan lebih artistik. Penggunaan karya animasi yang telah menjangkau banyak hal dan bukan hanya dunia hiburan saja ini pun membuat keberadaan aplikasi komputer untuk membuat animasi jadi sangat diperlukan.

10 Aplikasi Komputer untuk Membuat Animasi yang Harus Diketahui oleh Animator

Adanya animasi dalam video atau foto tidak hanya menambah nilai estetik, tetapi juga nilai jual. Tidak heran jika saat ini digunakan untuk iklan atau branding. Animasi sebagai gabungan gambar berupa karakter berwujud benda hidup atau mati, serta tulisan yang bergerak cepat ini pun dinilai cukup efektif dalam menyampaikan pesan. 

Animasi juga dapat tampil dalam 2 dimensi atau 3 dimensi, sehingga dapat mengeksplor kemampuan animator untuk menghasilkan karya yang baik. Saat ini animator pun tidak lagi menggunakan kertas untuk membuat animasi tetapi menggunakan komputer. Tertarik membuat animasi dengan komputer? Simak aplikasi untuk membuat animasi yang dapat digunakan berikut ini:

1. Animator DV

Meski terkesan kuno, metode stop motion sedang digandrungi lagi oleh para animator. Dengan menggunakan aplikasi komputer untuk membuat animasi ini, proses menggambar yang melelahkan menjadi sangat terbantu. Tentu hal ini dikarenakan oleh teknik satu frame individual yang dipindahkan antar frame, sehingga ketika hasil rekaman diputar dengan cepat maka akan menghasilkan ilusi objek yang bergerak. 

Untuk mencoba menggunakannya, maka unduh aplikasi ini secara gratis untuk versi demonya dengan ukuran file sebesar 5 MB. Komputer yang menggunakan Windows 7, 8 dan 10 dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi ini dengan baik. Tertarik mencobanya?

2. Aurora 3D Animation Maker

Ketika memakai aplikasi komputer untuk membuat aplikasi ini, maka penggunanya akan mendapatkan pengalaman menciptakan animasi yang berbeda. Fitur utama dalam aplikasi ini adalah penggunanya dapat mengubah tekstur, rotasi dan warna lewat pengontrolan ukuran, pencahayaan dan kontras yang sempurna. Video yang dibuat pun dapat ditambahkan berbagai efek termasuk tulisan 3 dimensi.

Pengguna komputer Windows, Linux, Os dan Mac dapat menggunakan aplikasi yang memiliki fitur 3D Manipulation dan memilih template animasi yang ada. Hasil video dapat disimpan dalam bentuk GIF, Flash atau video biasa sesuai keinginan animator.

3. Anime Studio

Sebagai aplikasi komputer untuk membuat animasi berbasis vektor, maka hasil karya animasi dapat dibuat dengan sangat cepat. Pasalnya, aplikasi ini tidak menggunakan metode frame by frame tetapi vektor morphing. Anime Studio pun memungkinkan untuk menghasilkan animasi hanya dengan menggunakan satu buah foto melalui cara yang mudah dan tidak rumit. 

Fitur yang tersemat pada aplikasi ini adalah menggerakkan karakter menggunakan timeline, bone dan copy paste keyframes. Jika mengunduhnya, aplikasi yang dibuat oleh Smith Micro Software ini dapat digunakan pada Windows, OS dan Mac dan tersedia dalam versi demo maupun pro,

4. Blender

Tidak heran jika aplikasi ini banyak digunakan para animator yang membuat animasi, sebab fiturnya yang lengkap dan canggih dapat menciptakan video animasi 3D secara gratis. Fitur yang ada yaitu antara lain seperti alat animasi yang lengkap, pengaturan pencahayaan, pemodelan, simulasi, proses render dan motion tracking yang mumpuni. Itulah yang membuat ukuran file aplikasi ini cukup besar yaitu 4 GB. 

Banyak yang menggunakan aplikasi komputer untuk membuat animasi dan belajar animasi sebab dapat digunakan dalam semua sistem operasi komputer. Untuk benar-benar menguasai aplikasi ini secara keseluruhan, biasanya akan memerlukan waktu yang tidak singkat. Namun, dapat menguasai setengahnya saja pun sudah dapat menciptakan animasi 3 Dimensi yang luar biasa.

5. DAZ Studio

DAZ Studio menjadi pilihan aplikasi komputer untuk membuat animasi 3D layaknya seorang profesional. Hal ini dikarenakan fitur dan tools yang dimiliki oleh aplikasi ini sangat lengkap, sehingga tidak akan ada yang menyangka jika animasi dibuat oleh seorang pemula. Dengan adanya fitur drag and drop, content library dengan tambahan tools dan point size juga dapat digunakan untuk mengatur vertex selection.

Aplikasi ini berjalan baik pada komputer yang menggunakan sistem Windows 7,8 dan 10. Dengan ukuran file sebesar 462 MB, maka penggunanya dapat membuat avatar dalam bentuk 3 dimensi, ruang virtual dengan animasi dan kostum karakter.

6. Pencil 2D Animation

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk menghasilkan karya animasi 2 dimensi dengan menggunakan tools seperti pensil atau kuas untuk menggambar berbagai objek. Meskipun tampilannya sederhana, namun aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik untuk mengoptimalkan kreativitas pada aplikasi berbayar.

Fitur yang dapat diaplikasikan ketika menggunakan aplikasi ini antara lain pengaturan tingkat frame rate, mengatur warna gambar dan suara agar sesuai dengan keinginan. Hasil animasi pun dapat disimpan dalam bentuk video dengan format FLV, SWF. Tentu aplikasi ini memerlukan ruang memori sebesar 50 MB untuk 32-bit dan 57 MB untuk 64-bit di komputer dengan sistem Windows.

7. Pivot Animator

Rasakan kemudahan membuat animasi 2 dimensi berupa stickman yang dapat digerakan pada titik-titiknya dengan aplikasi komputer untuk membuat animasi yang satu ini. Walaupun berupa stickman, tetapi memungkinkan untuk menciptakan hasil karya animasi yang menakjubkan. Untuk animator pemula yang menggunakan aplikasi ini, maka dapat mempelajari cara membuat gerakan animasi yang halus. 

Dengan fitur Stop & Play Button yang ada, memungkinkan untuk menghentikan atau memainkan ketika sedang dikerjakan. Alat pendukungnya pun terbilang lengkap, antara lain seperti warna, tulisan dan figure. Animasi yang dihasilkan dapat disimpan dalam bentuk GIF atau pivot.

8. Stykz

Ciptakan animasi 2 dimensi pada komputer Windows, Linux dan Mac dengan Stykz yang dapat diperoleh tanpa bayar. Aplikasi ini memiliki banyak alat untuk menyusun materi-materi animasi menjadi sebuah video yang menakjubkan. Dikemas dalam file berukuran 9,43 MB, aplikasi ini juga dapat dioperasikan dengan lancar.

Menggunakan model animasi stickman dan beberapa frame untuk membuat gerakan karakter dan fitur Play – Pause ketika video sedang dibuat, menjadikan aplikasi ini terasa mudah dipakai. Dengan fitur tersebut, animator dapat memperbaiki animasi yang dibuat langsung pada halaman kerjanya. Sehingga bagi seorang pemula ini adalah aplikasi yang cocok untuk digunakan. 

9. Synfig Studio

Video 2 dimensi yang dihasilkan oleh aplikasi komputer untuk membuat animasi ini memiliki kualitas yang tinggi. Simulasi gerakan dapat diubah tanpa tweening dan proses render yang terbilang cepat, membuat aplikasi dapat digunakan oleh pemula dengan mudah. Menambahkan soundtrack adalah salah satu fitur yang dapat digunakan untuk menambah hasil akhir video yang menarik.

Dengan pilihan lebih dari 50 layer yang ada, animator dapat membuat animasi yang sangat rumit dengan menggunakan pen tablet sepenuhnya. Hasil video tampil dalam gambar dengan format HDR. Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan di semua komputer

10. Tupi

Awalnya, aplikasi ini dikembangkan oleh Sons of Thunder Software untuk mendorong industri animasi di Amerika Latin. Hasil animasinya berupa video 2 dimensi dalam format Flash, MOG, AVI dan PNG yang dapat diimpor dari gambar SVG. Pada umumnya, hal ini dibuat menggunakan tools berupa pensil, warna dan tweening. Tampilan aplikasi ini pun sederhana dan mudah dipakai dalam membuat animasi, sehingga tidak akan sulit untuk mengaplikasikannya. 

Itulah rekomendasi aplikasi komputer untuk membuat animasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jenis video animasi yang dibuat. Setiap aplikasi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, sehingga pilihlah yang dirasakan cocok dengan kemampuan yang dimiliki. Walaupun demikian, tidak ada yang sulit dan tidak mungkin selama rajin berlatih dan terus menambah pengetahuan.