IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan setiap orang, karena untuk mempunyai tubuh yang ideal dibutuhkan pengorbanan yang cukup, seperti mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh. Karena menurut survei yang dilakukan oleh peneliti luar negeri, orang yang menghitung dan mengatur asupan makanan sehari-harinya dapat menjaga berat badannya agar tetap ideal.

Semakin berkembangnya teknologi memberi dampak positif pada setiap aspek manusia, tidak ketinggalan dalam aspek kesehatan. Saat ini banyak sekali aplikasi penghitung kalori yang bisa digunakan untuk menghitung kandungan dari makanan yang dimakan setiap harinya. Jika kamu sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan, kamu harus mendownload aplikasi ini.

Aplikasi Penghitung Kalori

Berikut ini sudah kami rangkum rekomendasi aplikasi penghitung kalori makanan untuk menjaga agar tubuh tetap ideal.

1. Fitbit

Fitbit merupakan aplikasi gratis buatan Fitbit, Inc yang bisa diandalkan untuk menghitung kalori makanan. Fitbit sangat terkenal untuk mengatur kesehatan pada tubuh, selain dapat menghitung kalori makanan, Fitbit juga dapat menghitung aktivitas lainnya, seperti latihan fisik, jam tidur, monitor detak jantung, mengatur asupan air dalam tubuh, dan lainnya.

Pada aplikasi ini juga terdapat banyak sekali video olahraga, seperti workout yang bisa kamu ikuti di rumah. Dengan menggunakan Fitbit kamu bisa menghitung jumlah gizi yang masuk dari setiap makanan, seperti jumlah karbohidrat, protein, dan lemak. Fitbit juga memberikan saran dan rekomendasi untuk kesehatan tubuh kamu, sehingga kesehatan tubuh kamu dapat terjaga.

Baca juga : Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik

2. MyFitnessPal

Aplikasi penghitung kalori tercepat selanjutnya adalah MyFitnessPal. MyFitnessPal menyediakan jutaan database makanan dari seluruh dunia yang selalu di update, sehingga kamu bisa mengecek kandungan dari sebuah makanan yang akan kamu makan. Jumlah kandungan gizi seperti gula, karbohidrat, kalori, kolesterol, lemak, dan protein bisa terpantau di aplikasi ini.

MyFitnessPal juga cocok bagi kamu yang sedang melakukan workout, terdapat 350 jenis latihan yang bisa kamu ikuti di rumah, seperti kardio salah satunya. Kamu tinggal mengikuti instruksi set, kali dari latihan yang kamu pilih.

Di dalam aplikasi MyFitnessPal kamu juga bisa menggunakan kalkulator untuk mengukur kesehatan tubuh kamu, sehingga kamu bisa melihat grafik kemajuan pada tubuh kamu. MyFitnessPal sudah lebih digunakan oleh 50 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia, disana kamu bisa saling terhubung untuk memotivasi satu sama lain dan sharing seputar kesehatan. MyFitnessPal mendapatkan rating 4,5 dari 2,4 juta lebih ulasan di Google Play Store.

3. Penghitung Kalori FatSecret

Penghitung Kalori FatSecret atau Calorie Counter by FatSecret merupakan aplikasi yang bisa menghitung jumlah kandungan pada sebuah makanan. Aplikasi ini juga bisa mencatat grafik perkembangan pola makan dan olahraga. Tampilan pada aplikasi FatSecret juga sangat simple namun lengkap dan mudah digunakan untuk pemula.

Kamu juga dapat membaca tips-tips seputar kesehatan dan kebugaran tubuh. Aplikasi ini juga bisa terhubung dengan aplikasi kesehatan lainnya, seperti Fitbit, Samsung Health, dan Google Fit, jadi kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi kesehatan dengan fungsi yang berbeda-beda.

4. Calorie Counter by Lose It!

Bagi kamu yang ingin mengatur pola makan untuk mengurangi atau menambah berat badan, kamu bisa menggunakan aplikasi Calorie Counter by Lose It!. Kamu bisa membuat goals sesuai dengan tujuan kamu, sehingga perkembangan kamu dalam menjaga berat badan dapat tercatat. Calorie Counter by Lose It! Mempunyai jutaan item makanan yang ada di seluruh dunia lengkap dengan kandungan gizinya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena terdapat fitur kamera yang bisa mengetahui kandungan nutrisi dari sebuah makanan, kamu tinggal memfoto atau melakukan scan barcode. Kamu juga bisa menemukan berbagai resep makanan dengan berbagai jenis, seperti vegetarian diet, vegan diet, keto diet, dan lainnya. Calorie Counter by Lose It! Juga bisa terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Google Fit, Healthkit, Fitbit trackers, Garmin trackers, Misfit trackers, Withing scales, dan lainnya.

Baca juga : 13 Rekomendasi Aplikasi Pengundi Nama Gratis dan Terbaik

5. MyPlate Calorie Tracker

MyPlate Calorie Tracker merupakan aplikasi penghitung kalori makanan yang bisa digunakan di Android dan iOS. Aplikasi besutan LIVESTRONG ini sudah digunakan oleh 1 juta pengguna di seluruh dunia, dan telah mendapatkan rating 4,6 dari 43 ribu lebih ulasan. Berikut fitur bermanfaat dari aplikasi MyPlate Calorie Tracker.

  • Jutaan database makanan dari seluruh dunia
  • Scan barcode untuk melacak makanan
  • Resep makanan
  • Membuat profil yang bisa di setting sesuai tujuan kamu menggunakan aplikasi ini
  • Menghitung perkembangan berat badan setiap harinya
  • Menghitung asupan air pada tubuh
  • Mengatur waktu dan pola makan
  • Dapat terintegrasi dengan aplikasi Google Fit
  • Monitor denyut jantung
  • Komunitas yang bisa memotivasi program diet yang sedang kamu jalankan

6. Cronometer – Calorie Counter

Aplikasi yang mempunyai komunitas lebih dari 5 juta pengguna ini bisa mencatat semua makanan yang kamu konsumsi dan olahraga yang kamu lakukan setiap harinya. Semua nutrisi yang masuk ke tubuh kamu, seperti kolesterol, karbohidrat, kalori, dan protein dapat tercatat, selain itu asupan air yang masuk ke dalam tubuh juga dapat tercatat.

Cronometer juga menawarkan layanan premium yang mempunyai beberapa unggulan, seperti bebas dari iklan, membuat daftar menu makanan dari mulai sarapan hingga makan malam, mengatur waktu puasa, informasi kesehatan yang selalu di update, dan lainnya. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk berlangganan aplikasi Cronometer sebesar $8 per bulan atau $45 per tahun.

7. Noom: Health & Weight

Aplikasi untuk menghitung kalori makanan selanjutnya adalah Noom: Health & Weight. Aplikasi satu ini sering masuk ke dalam media internasional terkenal karena berhasil menjadi aplikasi kesehatan yang membantu banyak orang di seluruh dunia.

Di dalam aplikasi ini terdapat 1 on 1 coaching untuk membantu kamu menggapai goals kesehatan, 10 menit tutorial untuk membantu kebiasaan hidup sehat, jutaan database makanan yang bisa di scan, menghitung perkembangan berat badan, menghitung asupan air dan makanan, serta ratusan tips seputar kesehatan dan diet.

Noom: Health & Weight bisa kamu download di Google Play Store, aplikasi ini juga sering di update sehingga kamu akan diberikan fitur dan tips seputar kesehatan terbaru.

8. Macros – Calorie Counter & Meal Planner

Sesuai dengan namanya, aplikasi buatan JosmanTek ini dapat menghitung kalori dan mengatur pola makan. Daftar plan yang telah kamu masukkan ke dalam aplikasi ini juga bisa di export dalam bentuk PDF. Aplikasi gratis ini juga mempunyai ukuran yang sangat ringan dan bebas dari iklan yang mengganggu.

Itu dia rekomendasi aplikasi penghitung kalori makanan yang bisa membantu kamu untuk menjaga berat badan dan menjalankan program diet. Yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga pola makan serta olahraga setiap hari. Semoga bermanfaat.