IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 3, 2023

idwarta.com – Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Apt. Hari Sulistiyono mengatakan demam pada anak bisa diatasi lebih dulu dengan memberikan kompres air hangat alih-alih langsung memberikan obat.

“Ada terapi nonfarmakologi yang tidak perlu minum obat,” kata Hari melalui siaran streaminglangsung melalui akun media sosial Dinas Kesehatan DKI (@dinkesDKI) pada Jumat.

Orangtua yang sedang merawat anak demam dianjurkan untuk memberikan kompres air hangat agar suhu tubuh anak tidak turun drastis. Berikan juga anak air minum yang banyak.

“Kalau anak suka minum jus buah, boleh diberikan jus buah juga,” kata dia.

Pastikan anak memakai baju yang tipis serta beristirahat agar kondisinya lekas pulih.

Orangtua juga dapat memberikan resep ramuan penurun demam dari bahan alami seperti campuran madu, bawang merah, bawang putih, jahe dan jeruk nipis yang direkomendasikan oleh Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI).

Pada anak usia enam bulan hingga setahun, ramuan herbal yang bisa diberikan untuk meredakan demam adalah kunyit bubuk yang dapat dicampurkan dengan ASI atau susu formula.

Sebelumnya pada Kamis (20/10), Kementerian Kesehatan bersama BPOM berkoordinasi untuk menentukan produk obat sirop mengandung bahan kimia perusak ginjal yang segera ditarik dari pasaran.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan rencana penarikan produk obat sirop itu berkaitan dengan temuan tiga zat kimia berbahaya, yakni ethylene glycol (EG), diethylene glycol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE) pada 15 sampel produk obat sirop yang diteliti dari pasien gangguan ginjal akut.

Jika obat sirop sudah terlanjur dikonsumsi anak, Hari mengimbau orang tua untuk memantau kondisi anak dan membawa ke dokter bila muncul efek samping.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”