IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 1, 2022

idwarta.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menerjunkan Komisi Keandalan Bangunan Gedung (KKBG) untuk melakukan audit di Stadion Kanjuruhan , Malang.

“Sekarang lagi di sana, Kamis saya baru kesana karena Kamis harus laporan ke TGIPF. Jadi sekarang tim KKBG, Komisi Keandalan Bangunan Gedung sedang kerja di sana, baru kemarin berangkat,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Basuki mengatakan, audit Stadion Kanjuruhan ditargetkan rampung pada pekan ini dan akan dilanjutkan dengan mengaudit stadion-stadion berkapasitas besar lainnya yang menjadi tempat pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Adapun aspek yang diaudit meliputi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dari penggunaan stadion sebagai bangunan.

“Itu yang terutama yang auditnya. Kayak misalnya di GBK waktu kita merehab GBK untuk Asian Games itu ada standarnya, 15 menit harus full atau harus bisa kosong selamat dengan kapasitas yang 80.000 itu,” ujar Basuki.

Ia mengatakan, KKBG yang diterjunkan untuk melakukan audit itu terdiri dari para pakar di bidang arsitektur, struktur, maupun kebakaran. Mereka dipimpin oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali menyebutkan, ia dan Basuki akan berkeliling ke sejumlah stadion di Indonesia untuk melakukan audit.

Senada dengan Basuki, Zainuddin menyebut, stadion-stadion berkapasitas besar akan menjadi prioritas.

Namun, ia mengatakan, stadion yang disiapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 seperti Stadion Manahan Solo, Stadion I Wayan Dipta Bali, dan Stadion Gelora Sriwijaya Palembang tidak perlu lagi diaudit.

“Ini yang kita akan lihat, yang masih kurang dari standar, belum memenuhi standar tetapi itu penontonnya banyak. Jadi mungkin Pak Menteri PU saya akan mendampingi saja beliau karena yang diberi tugas oleh Pak Presiden untuk infrastruktur adalah Menteri PU,” kata Zainuddin.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Basuki untuk mengaudit semua stadion yang digunakan untuk kompetisi sepak bola di Indonesia.

Jokowi mengatakan, audit itu diperlukan supaya tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022, tidak terulang lagi di masa depan.

“Saya juga akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai utk liga. Baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, semuanya,” kata Jokowi usai menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Rabu (5/10/2022), dikutip dari tayangan Kompas TV.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”