IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Terlalu lama atau keseringan duduk ternyata bisa berakibat buruk terhadap kesehatan jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di Circulation menemukan bahwa orang yang duduk terlalu lama memiliki jumlah troponin yang tidak baik untuk jantung. Troponin merupakan protein yang diproduksi sel otot jantung saat merasa kesakitan. Ketika serangan jantung terjadi, otot jantung akan memproduksi banyak troponin yang mengalir ke peredaran darah. Kondisi ini membuat jantung melemah dan tidak bisa memompa darah untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh.

Risiko mengalami penyakit jantung akan meningkat bila Anda duduk lebih dari 10 jam per hari. Pada orang yang duduk hingga rata-rata 12 jam per hari, misalnya, risiko penyakit jantung menjadi 14%.

Riset ini merujuk data dari Dallas Heart Study, pusat pemeriksaan kesehatan jantung dari University of Texas Southwestern Medical Centre, AS, yang meneliti 1.700 partisipan dengan riwayat penyakit atau gejala penyakit jantung seperti sakit dada atau sesak napas.

Sementara itu, American Heart Association menyebutkan bahwa orang yang tidak terlalu aktif secara fisik ternyata tujuh kali lebih berisiko terkena stroke daripada mereka yang menghabiskan kurang dari empat jam duduk dan setidaknya 10 menit berolahraga setiap hari.

“Waktu duduk dianggap mengganggu glukosa, metabolisme lipid dan aliran darah, dan meningkatkan peradangan dalam tubuh. Perubahan ini, dari waktu ke waktu, mungkin memiliki efek buruk pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke,” kata penulis utama studi Dr. Raed Joundi, sarjana klinis di McMaster University di Ontario, Kanada.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”