IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Sebanyak 154 orang di Itaewon, Seoul, Korea Selatan tewas saat merayakan Halloween, Sabtu (29/10/2022). Dilaporkan, para korban tewas sempat mengalami henti jantung.

Dalam beberapa video yang beredar di media sosial, tampak petugas medis meminta bantuan kepada warga sipil yang berada di sekitar Itaewon untuk turut melakukan pertolongan pertama CPR pada korban henti jantung.

Sebenarnya, apa itu CPR? Bagaimana cara melakukannya untuk seseorang yang mengalami henti jantung?

CPR (cardiopulmonary resuscitation) atau resusitasi jantung paru adalah salah satu teknik pertolongan pertama untuk penyelamatan jiwa. Melansir dari Healthline, CPR adalah upaya untuk menjaga aliran darah dan oksigen dalam tubuh ketika jantung dan pernapasan seseorang tersumbat atau berhenti mendadak.

American Heart Association (AHA) mengatakan, CPR meningkatkan kemungkinan bertahan hidup seseorang setidaknya hingga tenaga medis profesional memberikan pertolongan. Ada dua teknik CPR, yaitu melalui kompresi dada dan memberikan napas buatan dari mulut ke mulut. Namun, teknik yang umumnya dilakukan dan harus dikuasai oleh masyarakat sipil adalah melalui kompresi dada.

Lantas, bagaimanakah cara melakukan CPR untuk orang awam?

Sebelum melakukan CPR, pastikan lingkungan sekitar aman dan leluasa. Bila lingkungan sekitar telah kondusif, letakkan korban henti jantung di atas permukaan yang datar dan kokoh. Setelah itu, lakukan tahap berikut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”