IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – Jamur kaca mobil sangat menggangu dan bisa berbahaya, terutama ketika kondisi minim penerangan di malam hari.

Visibilitas pengemudi pun berkurang, bahkan jika kondisi sudah parah pantulan cahaya sorot lampu kendaraan di depan membuat pandangan mata pengemudi hilang sekejap.

Karena itu, sejumlah cara pun di coba agar jamur bisa hilang. Mulai dengan menggunakan produk pembersih jamur, bahkan cara tradisional yang dianggap ampuh membersihkan jamur kaca yakni menggunakan koran bekas. Seperti halnya membersihkan jamur dan kotoran di kaca jendela rumah.

Koran bekas dipercaya bisa menghilangkan jamur kaca lantaran kandungannya dianggap bisa mengangkat noda bekas debu dan kotoran.

Namun apakah cara tersebut efektif membersihkan kaca mobil?

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, kertas koran bisa menghilangkan jamur kaca, namun belum maksimal.

“Polutan dan bekas kotoran yang menempel di kaca mobil lebih susah di hilangkan. Seperti noda getah pohon, bekas aspal, dan sisa-sisa air hujan yang kering. Kalau di kaca jendela kan paling sebatas kotoran debu,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (2/10/2022).

Misal hilang, kata dia, kemungkinan besar cuma bagian luar saja. Sedangkan, bagian jamur penyebab kaca buram akar-akarnya belum hilang.

Serat kertas koran memang mampu membersihkan partikel kotoran berukuran besar, namun tidak efektif jika sudah berukuran mikron.

“Jamur itu kan kotoran yang sudah mengeras, apalagi bagi mobil yang sering diparkir langsung dibawah terik sinar matahari. Jamur bisa semakin meresap hingga pori-pori kaca,” kata dia. .

Untuk menghilangkan jamur kaca, menurut Didi, supaya bisa gampang dibersihkan caranya adalah dengan menggunakan produk pembersih khusus. Pastikan pula tidak mengandung bahan kimia keras yang berisiko membuat kaca buram.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”