Berapa Lama Alamat Muncul di Google Maps ?

  • Whatsapp
Berapa Lama Alamat Muncul di Google Maps

Mendaftarkan alamat di Google Maps memang terbilang mudah, namun agar alamat bisa muncul di Google Maps tentunya membutuhkan proses verifikasi dari Google terlebih dahulu. Berapa lama proses tersebut berlangsung? Dan berapa lama alamat muncul di Google Maps? Untuk mencari tahu jawabannya, ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini.

Sebenarnya, Berapa Lama Alamat Muncul di Google Maps?

Google Maps merupakan salah satu media promosi yang paling mudah, cepat dan juga murah. Disebut mudah, karena siapapun bisa melakukannya, cepat karena dengan memasukkan alamat toko Anda di Google Maps, peluang toko Anda bisa cepat dikenal menjadi lebih besar. Mendaftarkan di Google Maps banyak sekali manfaatnya, baca di : Manfaat menambahkan tempat usaha di Google Maps.

Bacaan Lainnya
Kapan Alamat Muncul di Google Maps

Sementara disebut murah, karena memang layanan Google Maps tidak memasang tarif bagi siapapun yang ingin mendaftarkan alamat tempat usahanya, alias gratis. Namun apakah proses pendaftaran alamat ini bisa berlangsung cepat? Dalam arti, apakah proses ini bisa dilakukan tanpa harus menunggu verifikasi terlebih dahulu?

Tentu saja hal ini memerlukan proses verifikasi dari Google terlebih dahulu. Dalam arti, selama menunggu proses verifikasi tersebut, tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak cepat. Dan berapa lama alamat muncul di Google Maps tergantung dari pihak Google dalam melakukan peninjauan/review, hingga akhirnya klaim listing/verifikasi bisa Anda terima.

Untuk lebih jelasnya, bisa disimak dalam penjelasan dibawah ini

1. Proses Pendaftaran Alamat

Proses ini terbilang cepat. biasanya berlangsung selama 3 hingga 5 menit saja. Apalagi jika Anda paham mengenai bagaimana cara melakukan pendaftaran alamat usaha di Google Maps ini. Termasuk diantaranya dalam mengisi data, menentukan pointer pada lokasi alamat tempat usaha, dan yang lainnya.

Meskipun demikian, proses ini tidak berhenti di sini saja. Ada proses lainnya hingga akhirnya, alamat yang didaftarkan di Google Maps tersebut bisa muncul secara efektif. Salah satunya yaitu proses peninjauan/review/verifikasi dari pihak Google.

Jika proses tersebut telah selesai dilakukan, maka Anda akan menerima klaim listing, yang menyatakan bahwa alamat yang Anda daftarkan sebelumnya, kini telah muncul di Google Maps. Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Ini dia penjelasannya!

2. Proses Menunggu Verifikasi

Proses menunggu verifikasi ini merupakan proses wajib yang harus dilalui, sebelum akhirnya alamat yang didaftarkan bisa muncul di Google Maps secara aktif. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk proses ini relatif, tergantung dari pihak Google yang menanganinya.

Ada yang hanya berlangsung selama berhari-hari saja, namun ada juga yang harus menunggu hingga  1 minggu lamanya. Bahkan, ada juga yang tak kunjung menerima klaim listing, hingga akhirnya di minggu kedua, klaim listing tersebut baru bisa diterima.

Jadi bisa dikatakan, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan klaim listing ini berbeda-beda, tergantung dari pihak Google yang menanganinya. Biasanya berlangsung beberapa hari, dan maksimal hingga 2 minggu.

3. Sampai Kapan Alamat/Lokasi Bisa Muncul di Google Maps?                    

Setelah Anda mendaftarkan alamat, dan juga klaim listing telah Anda terima. Maka secara otomatis, alamat akan muncul di Google Maps. Berapa lama alamat muncul di Google Maps? Dan sampai kapan alamat/lokasi bisa muncul di Google Maps?

Sebenarnya berapa lama alamat muncul di Google Maps hal ini tergantung dari Anda sendiri yang mendaftarkannya. Bilamana Anda tidak melakukan penghapusan lokasi, maka selama itu pula, alamat akan terus muncul di Google Maps. Hanya saja, untuk beberapa kasus, banyaknya alamat yang tidak aktif, namun tidak dihapus oleh pemiliknya, secara tidak langsung akan membuat Google Maps menjadi penuh.

Imbasnya, ada beberapa lokasi aktif, yang seolah tidak bisa dideteksi melalui Google Maps ini. Maka dari itu, jika ternyata tempat usaha Anda kebetulan pindah lokasi, ataupun ditutup untuk alasan tertentu, ada baiknya untuk segera menghapus lokasi ya!

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan, bahwa proses pendaftaran alamat di Google Maps memang terbilang mudah, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menunggu proses verifikasi. Hingga akhirnya alamat bisa muncul di Google Maps.

Berapa lama alamat muncul di Google Maps? Untuk pendaftarannya bisa berlangsung selama 3 hingga 5 menit saja. Namun untuk menunggu verifikasi, membutuhkan waktu hingga beberapa hari, bahkan bisa sampai 2 minggu.  Lantas apakah bisa ulasan jadi hilang? Ini penyebab ulasan google hilang Sampai kapan alamat ini bisa terus muncul di Google Maps?

Hal ini tergantung dari pemilik usaha yang mendaftarkannya. Selama pemilik usaha tersebut tidak memiliki keinginan untuk menghapus alamat dari Google Maps, maka selama itu pula, alamat tempat usaha akan terus muncul di Google Maps.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 4 =