IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

November 26, 2022

idwarta.com – ejumlah ruas jalan di kawasan Jakarta Pusat akan ditutup atau dialihkan dalam rangka acara “Terima Kasih Jakarta” di Jalanan Gedung Balaikota, Jalan Merdeka Selatan, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022).

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari laman , Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Dishub DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas . Untuk diketahui, acara tersebut berlangsung mulai pukul 05.00 WIB-11.00 WIB.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas dilapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tulis keterangan tersebut, dikutip Sabtu (15/10/2022).

Akan ada pengalihan arus lalu lintas juga; dengan tetap menyesuaikan pengaturan lalu lintas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang berlaku.

Berikut ini adalah ruas-ruas jalan yang akan ditutup pada jam tertentu:

  • Jalan Merdeka Selatan Sisi Selatan, pukul 05.00 WIB-11.00 WIB
  • Jalan Merdeka Selatan Sisi Utara, pukul 07.30 WIB-11.00 WIB
  • Penutupan Jalan Budi Kemuliaan dilakukan secara situasional. Namun, masyarakat masih tetap dapat melintasi Jalan Budi Kemuliaan maupun Jalan Medan Merdeka Barat.

Sementara itu, skema pengalihan arus lalu lintas yang akan diterapkan yaitu dari arah Timur (Tugu Tani) menuju arah Barat (Tanah Abang). Yang semula menggunakan Jalan Merdeka Sisi Selatan, maka harus melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat, atau melalui Jalan Abdul Muis.

Selanjutnya, dari arah Barat (Tanah Abang menuju Tugu Tani Timur) melalui Jalan Kebon Sirih, tetap menyesuaikan pengaturan lalu lintas HBKB.

Di samping itu, Dishub DKI Jakarta juga akan menyediakan area parkir yang tersebar di sejumlah titik tertentu. Berikut ini adalah titik lokasi area parkir tersebut:

  • IRTI Monas
  • Silang Monas Barat Daya (Patung Kuda)
  • Silang Monas Tenggara (Stasiun Gambir)
  • Parkir on street di Jalan Agus Salim (Sabang)
  • Gedung Indosat

Bagi masyarakat yang menghadiri acara ini, disarankan untuk menggunakan Bus Transjakarta yang akan berhenti di Halte Bank Indonesia, Halte Monas, Halte DPRD DKI Jakarta, Halte Stasiun Gambir, dan Halte Telkom.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”