IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 7, 2023

idwarta.com – Camilan es adalah hal yang sangat digemari anak-anak. Kesukaan mereka terhadap camilan es dapat dijelaskan secara ilmiah.

Menurut Studi Yale School of Medicine, ada bagian di otak yang merespons pengatur rasa haus berdasarkan suhu dalam mulut. Oleh karenanya, ketika anak makan es, respon itu akan aktif sehingga memunculkan sensasi rehidrasi yang menyegarkan.

Selain itu, camilan es juga terbukti bisa meningkatkan suasana hati anak. Lobus temporal di otak yang berperan menentukan suasana hati dapat dirangsang dengan makan es.

Ditambah lagi camilan es juga bisa meningkatkan produksi adrenalin yang membantu anak tetap fokus dan aktif. Bahkan camilan es juga dapat mengurangi rasa nyeri dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, mengkonsumsi es bagi anak-anak ternyata tidak sekadar soal selera saja. Ada banyak faktor yang mendorong anak-anak menyukai es, misalnya sensasi dingin, manis, dan lainnya.

Sayangnya, tidak semua camilan es yang beredar aman bagi anak-anak, sehingga kerap mengundang kekhawatiran orangtua.

Anastasia A. R., Marketing Communication Manager Unifam mengatakan “Kami melihat keresahan para Ibu akan camilan es diluar rumah yang sekarang banyak temuan kurang higienis.”

Karenanya, menurut Anastasia, langkah antisipasi terjadinya gangguan kesehatan pada anak usia dini saat mengkonsumsi es perlu menjadi perhatian. Misalnya dengan memastikan produk camilan es itu aman dikonsumsi.

Hasil temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dari tahun 2006-2010 yang dilakukan di 6 kota besar (Jakarta, Serang-Banten, Bandung, Semarang, Yogyakarta & Surabaya), menemukan bahwa 48% jajanan anak di sekolah tidak memenuhi syarat keamanan pangan karena mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, boraks dan rhodamin.

Alasan inilah yang mendorong kehadiran Pino Es Serut Buah untuk menjawab kebutuhan anak-anak akan camilan es yang aman.

”Pada awalnya Pino Es Serut Buah lahir dari hasil survei konsumen yang kami lakukan kepada para Ibu. Mereka memiliki kekhawatiran akan kebersihan jajanan es, dampak seperti menyebabkan batuk, es meleleh dan tumpah serta takaran yang kurang pas untuk anak-anak,” ujar Anastasia.

“Dari sinilah kami berusaha mengembangkan produk kami sebagai jawaban atas kekhawatiran tersebut. Pino Es Serut Buah dikemas dengan cup higienis dan takaran yang pas bagi anak-anak dengan rasa Jeruk, Strawberry, Anggur, Nanas dan Mangga,” lanjutnya.

Selain faktor keamanan dan higienitas, para ibu juga perlu memahami kecukupan gizi bagi Anak saat mereka menyantap jajanan atau camilan karena menentukan keseimbangan gizi anak kedepannya.

”Camilan juga berperan memenuhi gizi seimbang anak, maka alangkah baiknya bunda tidak sembarang dalam menentukan cemilannya. Pilihlah camilan dengan kadar kalori, protein, lemak serta kandungan gula, serat yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) sesuai usia anak,” saran Nuril Farah Dhiya, S.TR.GZ, Ahli Gizi di Puskesmas Jagakarsa, Jakarta.

Adapun PT United Family Food (UNIFAM) menghadirkan Pino Es Serut Buah dilengkapi dengan kandungan vitamin B1, B3, B6, dan B12.

Selain itu, cara santap Pino Es Serut Buah yang unik yaitu dengan diserut-serut menciptakan momen sendiri bagi Ibu dan Anak. Sensasi serut dan segarnya rasa buah yang beragam diharapkan mampu mengembalikan semangat untuk menjalani kegiatan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”