3+ Cara Agar Facebook Tidak Rawan Spam

  • Whatsapp
Cara Agar Facebook Tidak Rawan Spam

Apakah akun Facebook Anda kerap terkena spam? Jika hal ini terjadi, bagaimana cara mengatasinya? Adakah cara agar Facebook tidak rawan spam? Karena tidak bisa dipungkiri, spam pada akun Facebook seringkali mengganggu, bahkan mungkin bisa membahayakan pengguna Facebook itu sendiri.

Karena seperti diketahui, spam juga sering dijadikan sebagai trik penipuan dan kejahatan yang dilakukan oleh sejumlah hacker. Untuk mengantisipasi hal itu, dalam ulasan ini akan diberikan beberapa cara untuk melindungi akun Facebook dari gangguan contoh spam di facebook. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini!

Bacaan Lainnya

Apa Itu Spam, dan Bagaimana Cara Agar Facebook Tidak Rawan Spam?

Pengertian spam adalah mengirimkan sesuatu secara berulang-ulang dengan menggunakan media elektronik, dengan tujuan tertentu, dan dilakukan oleh orang yang tidak dikenali oleh penerima. Bisa berupa mengirimkan pesan melalui messenger, mengirimkan dan menandai Anda dalam gambar/video yang tidak Anda inginkan, serta mengirimkan pertemanan.

Jika hal ini dilakukan hanya sekali saja, mungkin Anda bisa menerimanya, namun bagaimana jika aktivitas tersebut dilakukan berulang kali? Jelas sekali, akan mengganggu Anda sebagai penerima pesan/gambar/video tersebut.

Maka dari itu, agar akun Facebook Anda tetap aman, dan terhindar dari spam ini, Anda bisa melakukan cara berikut ini. Diantaranya :

Sebelumnya pelajari juga : Penyebab Facebook Mendapatkan Spam

1. Melakukan Back Up pada Semua Data Akun Facebook Anda

Cara agar Facebook tidak rawan spam yang pertama yaitu dengan melakukan back up  pada semua data yang ada pada akun Facebook Anda. Dengan demikian, Anda bisa melihat aktivitas Anda di Facebook, dan tidak seorang pun yang mengetahuinya, selain Anda.

Baik itu aktivitas Anda dalam me-like postingan, memberikan komentar, mengirimkan status dan postingan, mengirimkan pesan, membagikan link, gambar maupun video, bahkan aktivitas Anda dalam menge-klik iklan juga bisa dilihat disini.

Bukan itu saja, dengan melakukan back up data ini, secara tidak langsung bisa mengamankan data Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Adapun cara agar Facebook tidak rawan spam yaitu dengan melakukan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya :

  • Buka akun Facebook Anda
  • Klik opsi 3 baris di bagian kanan beranda
  • Pilih dan klik menu setting/pengaturan
  • Cari dan klik menu general account settings
  • Lanjutkan dengan mengklik opsi download a copy

2. Mengubah Setelan Privasi

Selain melakukan back up data, Anda juga bisa mengubah privasi akun Facebook Anda. Cara agar Facebook tidak rawan spam  yaitu dengan langkah seperti berikut ini. Diantaranya :

  • Buka akun Facebook
  • Klik opsi 3 baris di pojok kanan beranda, kemudian klik menu pengaturan privasi
  • Cari dan klik menu pengaturan
  • Anda bisa mengelola informasi mengenai siapa saja yang bisa melihat postingan dan juga foto profil Anda, siapa saja yang mengikuti dan mengirimkan pesan dan komentar pada Anda dan siapa saja yang boleh mengirimkan permintaan. Anda bisa memilih opsi publik, teman, teman dari teman, ataupun opsi hanya saya
  • Untuk membuat agar Facebook Anda tetap aman dari spam, Anda bisa memilih opsi teman dan juga opsi hanya saya. Namun Anda juga bisa memilih opsi teman dari teman. Hanya saja, jika Anda memilih opsi tersebut, pertimbangkan mengenai dampak yang mungkin terjadi.

Baca juga : Cara Mengatasi Spam di Facebook.

3. Melakukan Pengecekan Mengenai aplikasi Pihak Ketiga yang Pernah Anda Gunakan

Tidak bisa dipungkiri, munculnya spam pada beberapa akun Facebook, karena sebelumnya pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan tautan pada akun Facebook Anda. Maka dari itu, agar Facebook Anda terhindar dari spam, selalu pastikan, bahwa Anda tidak pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan akun Facebook Anda, untuk melakukan pengaksesan pada aplikasi tersebut.

Itu dia 3 cara agar Facebook tidak rawan spam yang bisa Anda lakukan. Karena menjaga akun Facebook bisa tetap aman, bukan hanya agar Facebook Anda terhindar dari spam saja. Namun lebih dari itu, cara ini dilakukan agar data pribadi Anda tetap aman, dan tidak dibobol oleh hacker ataupun orang yang tidak bertanggung jawab lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 14 =