IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Banyak orang sedang mencari tahu mengenai cara daftar Shopee Affiliate demi menghasilkan keuntungan. Program ini akan memberikan kesempatan bagi semua penggunanya untuk mendapat penghasilan melalui promosi produk di Shopee ke seluruh platform dan sosial media. 

Apa Itu Shopee Affiliate? 

Shopee Affiliate merupakan salah satu program yang telah dikeluarkan oleh Shopee dimana nantinya setiap anggota akan mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya yakni dengan melakukan promosi dari produk Shopee lewat akun sosmed mereka mulai dari Tik Tok, Instagram, Youtube dan lainnya. 

Pengguna Shopee Affiliate pun diberikan kebebasan untuk membuat konten promosi semenarik mungkin. Namun dalam pembuatannya harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan dari pihak Shopee sendiri. Biasanya mereka yang bergabung di program ini merupakan kalangan content creator. 

Bagi Anda yang merasa tertarik dengan program satu ini, maka cobalah untuk mendaftarnya karena proses pendaftaran pun sama sekali tidak terasa sulit. Menariknya Shopee Affiliate bisa diikuti oleh siapapun mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, pekerja kantoran sehingga terbuka bagi semua kalangan

Alasan Shopee Affiliate Dianggap Menguntungkan 

Setelah mengetahui apa sebenarnya program Shopee Affiliate itu sendiri, penting bagi Anda untuk mengetahui alasan bagi banyak orang yang sudah bergabung dengannya. Pertama yakni anggota pun bisa memilih produk apa saja  sebelum dipromosikan. Cara promosi pun juga dibuat sekreatif mungkin. 

Selain itu, dari pihak Shopee dan anggota juga tidak terikat dengan kontrak sehingga Anda bisa berkarya semenarik mungkin untuk diunggah di sosial media dan platform manapun. Menariknya, tiap pengikut Shopee Affiliate pun tak perlu mengeluarkan banyak usaha dalam menambah penghasilan. 

Perhitungan komisi akan dilakukan dari harga produk yang berhasil terjual dari fitur Shopee Mall dan Toko Star. Umumnya anggota Shopee Affiliate mendapat sebesar 10% dan maksimal senilai Rp 10.000. Adanya transparansi pembayaran juga menunjukkan jika performa program ini sangat baik. 

Syarat-Syarat Sebelum Daftar Shopee Affiliate 

Shopee Affiliate sendiri merupakan program yang menawarkan penghasilan bagi content creator untuk melakukan promosi dari produk Shopee dengan menggunakan sosial media. Dari pengertian tersebut maka salah satu syarat utama bagi pendaftar yakni memiliki akun sosmed sebagai media pemasaran. 

Ada juga syarat lain yang perlu dipahami. Diantaranya yakni memiliki sosmed mulai dari Instagram, Tik Tok, Youtube, Twitter dan Facebook. Selain itu juga penting memastikan bahwa sosial media tersebut benar-benar aktif dan mempunyai konten secara orisinil dan terbuka oleh kalangan umum. 

Akun sosial media tersebut merupakan milik pribadi dan bukan dimiliki oleh toko dan penjual. Pastikan bahwa selama pengunggahan konten dilakukan tidak pernah mengandung unsur SARA dan pornografi. Produk yang akan dipasarkan berasal dari Shopee Mall, Star, Star dan juga Shopee Supermarket. 

Syarat Khusus Daftar Shopee Affiliate 

Namun sayangnya ada beberapa syarat khusus yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu sebelum mendaftar Shopee Affiliate. Hal ini bersangkutan dengan jumlah followers masing-masing akun sosial media milik pribadi. Sejak awal pun telah dikatakan jika sosmed merupakan bagian utamanya. 

Tidak hanya memiliki akun sosial media, Anda pun juga harus mempunyai jumlah pengikut minimal sesuai ketentuan dari Shopee itu sendiri. Berikut adalah rinciannya: Youtube min. 8000; Tik Tok dan Instagram min. 5000; Twitter min. 10.000; Facebook min. 2000 teman dan Grup Facebook min 1000. 

Untuk syarat khusus pengikut pada blog pribadi, sejauh ini masih belum ditentukan adanya batasan dari pihak Shopee sendiri. Namun Anda harus punya setidaknya satu saja akun sosial media dengan minimal followers yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Cara Daftar Shopee Affiliate 

Setelah Anda benar-benar memenuhi semua persyaratan sebelum mendaftar, maka kini saatnya untuk mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam proses pendaftaran tersebut. Semua pengguna Shopee bisa mengikutinya demi menghasilkan keuntungan cukup lumayan. 

  • Bukalah aplikasi browser Anda 
  • Kunjungi situs link https://affiliate.shopee.co.id/ 
  • Lakukan log in dengan akun Shopee yang Anda miliki 
  • Klik pada menu Daftar jika masih belum memiliki akun sebelumnya 
  • Gunakan nomor yang saat ini Anda gunakan 
  • Ikuti langkah pembuatan akun sampai selesai 
  • Jika akun sudah berhasil dibuat, klik pada menu Masuk Sekarang 
  • Lengkapi seluruh form yang telah diberikan secara lengkap 
  • Beri tanda centang pada tipe akun yang akan dibuat 
  • Isikan pada kolom Nama Depan dan Nama Belakang 
  • Lengkapi pada kolom Sapaan 
  • Masukkan Alamat Lengkap, Email Aktif dan Nomor 
  • Isikan data sosial media Anda 
  • Jawab seluruh pertanyaan secara lengkap 
  • Terakhir, klik pada opsi Daftar 
  • Tunggu proses validasi dari pihak Shopee maksimal 3 x 24 jam 
  • Jika sudah, cek email yang terdaftar untuk mendapat informasi persetujuan 

Jika Anda benar-benar sudah melewati proses pendaftaran tersebut, maka saatnya untuk mengetahui langkah-langkah berikutnya. Kali ini penting diikuti secara bertahap agar sebagai anggota Shopee Affiliate bisa dengan lancar mengikuti segala macam kegiatannya. 

  • Dapatkan custom link produk dari aplikasi Shopee 
  • Klik pada opsi Salin Tautan 
  • Bagikan link tersebut di sosial media 
  • Tunggu untuk pembayaran komisi setiap kali pembelian berhasil 

Sistem Kerja dan Pembayaran Shopee Affiliate 

Bagi Anda yang sudah memulai untuk menghasilkan uang dari Shopee Affiliate, maka penting mengetahui bagaimana sistem kerjanya. Komisi akan diperoleh senilai 2,5% setiap kali transaksi berhasil dilakukan. Bagi pengguna pun hanya perlu membagikan link dari Toko Star atau Shopee Mall. 

Komisi sebenarnya tidak harus berasal dari barang yang berhasil Anda baikan. Asalkan orang bersangkutan telah mengunjungi tautan link tersebut maka keuntungan juga berhasil diperoleh meskipun nantinya justru melakukan check out pada produk lainnya. 

Komisi yang dibayarkan tersebut tidak dapat ditarik secara langsung. Nantinya Anda akan mendapat laporan rutin selama tiap minggu. Selanjutnya pembayaran baru bisa dicairkan setelah ½ minggu kemudian. Apabila nilainya berada di bawah 1 juta maka otomatis masuk ke saldo Shopee Pay. 

Trik Promosi untuk Shopee Affiliate 

Kini sudah ada banyak trik promosi yang dilakukan oleh para anggota Shopee Affiliate. Apabila Anda memanfaatkan akun Twitter maka cobalah untuk menyusun thread rekomendasi beberapa produk sekaligus dengan link-nya. Selain itu, bantulah membantu menjawab pada akun base penjualan. 

Sementara jika menggunakan akun TikTok maka buatlah konten untuk mempengaruhi orang-orang dengan mengklik tautan produk yang bersangkutan. Jangan lupa meletakkan link pada akun bisnis terlebih dahulu. 

Tidak lupa ketika memilih untuk memanfaatkan Instagram yakni dengan meletakkan link pada bio sehingga audiens dapat mengaksesnya secara mudah. Ada juga Youtube Short yang kini sudah mulai banyak digunakan dengan menempatkan tautan pada kolom komentar. 

Anda bisa mencoba cara daftar Shopee Affiliate untuk mendapat keuntungan dengan trik yang cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak uang. Cukup lakukan promosi dan buatlah konten kreatif agar pengikut mengunjungi link produk bersangkutan. Jangan lewatkan pula ulasan tentang cara membatalkan pesanan di Shopee.