IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Tidak hanya menjadi media hiburan saja, kini TikTok telah merambah ke fungsi jual beli sebagai e-commerde. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk bisa berbelanja sesuai dengan keinginan mereka dalam banyaknya promo menarik. Lantas bagaimana cara daftar TikTok Shop?

Apa Itu TikTok Shop?

TikTok Shop sendiri merupakan fitur belanja milik TikTok yang paling baru. Pengguna bisa menggunakannya baik untuk berjualan maupun membeli suatu produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini Tiktok memang telah merambah banyak sektor termasuk juga e-commerce.

Aplikasi jebolan Byte Dance ini dinyatakan menjadi platform dengan pengguna paling banyak yakni mencapai jumlah unduhan  melebihi hingga 2 miliar kali per tiga bulan pertama di tahun ini secara global. TikTok pun juga digandrungi dikarenakan diakui bersifat multifungsi dan fitur sangat menarik.

Proses berbelanja di TikTok Shop pun bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Pengguna hanya perlu memastikan jika aplikasi telah terunduh secara sempurna pada versi terbaru. Selanjutnya cukup buat akun dan tidak perlu lagi beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan pembayaran pesanan. Dengan kemudahan seperti itu tak heran banyak yang mencari cara daftar TikTok Shop bagi pemula.

Baca juga : 2 Cara Beli Produk di TikTok Shop, Banyak Promo Menarik

Cara Daftar TikTok Shop

Salah satu keunggulan dalam belanja menggunakan TikTok Shop adalah dengan menyelesaikan transaksi pembelian produk tanpa harus beralih ke aplikasi lain. Jika Anda tertarik untuk menjadikan sebagai media penjualan, maka ada beberapa syarat cara daftar TikTok Shop perlu dipenuhi terlebih dahulu.

  1. Bukalah situs web TikTok Shop terlebih dahulu
  2. Daftarlah sebagai penjual bukan pembeli biasa
  3. Klik pada menu Sign Up With TikTok Account
  4. Atau klik pada menu Sign Up With Phone & Email di laman utama
  5. Ikuti seluruh petunjuk yang diberikan
  6. Jika akun berhasil dibuat, isikan form pendaftaran bisnis
  7. Cantumkan informasi terkait alamat dan no HP bisnis
  8. Isikan alamat email dan informasi lainnya dengan lengkap
  9. Isikan nama toko yang mudah diingat
  10. Isikan alamat toko secara lengkap
  11. Isikan jenis bisnis yang digeluti
  12. Tambahkan keterangan produk secara detail dan jelas
  13. Lengkapi seluruh informasi dengan jelas
  14. Isikan keterangan pada kolom registrasi bisnis
  15. Tunggu hingga TikTok Seller Shop memberikan verifikasi
  16. Tunggu sampai akun telah dikonfirmasi oleh TikTok

Cara Berbelanja di TikTok Shop Ketika Siaran Langsung

Selain cara daftar TikTok Shop, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin berjualan melalui TikTok Shop ini. Salah satunya yakni melalui siaran langsung. Sebagai pembeli, ada beberapa cara dapat dilakukan ketika ingin berbelanja langsung lewat fitur ini. Berikut langkah mudahnya untuk cara belanja di TikTok Shop:

  • Bukalah salah satu siaran langsung yang Anda inginkan
  • Klik pada jendela kecil di sudut kanan bawah
  • Klik pada tombol Buy untuk mengunjungi produk
  • Pilih pada menu Buy Now untuk melakukan pembelian
  • Isikan alamat lengkap sesuai tujuan dari pengiriman produk
  • Lengkapi informasi pembelian dari jumlah dan notes jika perlu
  • Terakhir, tentukan metode pembayaran yang Anda kehendaki
  • Selesaikan pembayaran sesuai dengan jumlahnya
  • Ikuti petunjuk selanjutnya hingga produk siap dikirim

Fitur Unggulan TikTok Shop Bagi Penjual

Bagi Anda yang sudah selesai menyelesaikan pembuatan akun pada ringkasan cara daftar TikTok Shop, maka selanjutnya adalah menikmati fitur-fitur menarik lainnya. Berikut beberapa diantaranya dan sangat direkomendasikan untuk dicoba dimana berpotensi menghasilkan keuntungan ke depannya.

1. TikTok Shop Affiliate

Fitur andalan pertama kali ini tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak pengguna e-commerce seperti Shopee pasalnya memiliki layanan hampir sama. Cara kerjanya pun juga mirip sehingga jika Anda sudah pernah bergabung sebelumnya, maka sangat mudah ketika tertarik di TikTok Shop Affiliate.

Dalam fitur ini, Anda bisa dengan sangat mudah untuk melakukan promosi produk bersama influencer TikTok lainnya yang sudah terkenal. Pertama-tama, cobalah mengunggah ke Seller Center, tambahkan informasi decara lengkap dan detail. Klik pada tombol Collab pada Tiktokers tertentu sebelum memulai.

Baca juga : 3 Cara Membuat Link Produk di TikTok untuk Disimpan dan Dibagikan

2. TikTok Shop Affiliate dalam Profile Page

Layaknya seperti online shop pada umumnya, dalam profil page akun TikTok Shop Anda, akan bisa melihat produk apa saja yang sudah terjual dan ditawarkan. Umumnya tersedia pada format nama sekaligus dengan harga barang tersebut. Jadi akan memudahkan ketika mengadakan siaran langsung.

Pada saat seorang penjual tengah melakukan siaran langsung, maka penonton bisa langsung melihat mengenai informasi suatu produk. Anda pun dapat mengenalkan barang paling baru dengan mengisi link di profil. Nanti ketika diklik mengarah ke detail informasi secara langsung tanpa harus keluar apk.

3. Product Anchor

Seperti pada sebuah marketplace, TikTok Shop memiliki sebuah Seller Center dengan nama TikTok Shop Seller University. Pada laman ini, ada pusat edukasi dan bantuan sehingga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang masih awal dan ingin belajar mengenai bisnisnya di fitur e-commerce ini.

Saat ini hanya ada dua tab halaman yakni pusat kebijakan mengenai cara registrasi hingga proses verifikasi. Sementara pada menu kedua yaitu berisikan dengan beberapa fitur yang menjelaskan apa saja fitur di dalamnya sekaligus cara-cara menggunakannya bagi kalangan pemula saat ingin belajar.

Keuntungan Menggunakan TikTok Shop bagi Pelaku Bisnis

Banyak orang mengakui dalam penggunaan TikTok Shop memang mendatangkan banyak keuntungan khususnya bagi pelaku bisnsi untuk menjual produk mereka. Hal ini pun terbukti dengan tingginya keuntungan dan prospek usaha tersebut seiring berjalannya waktu. Berikut keunggulannya:

1. Memudahkan Pelanggan untuk Berbelanja

TikTok Shop yang telah hadir sebagai social commerce memiliki salah satu keunggulan paling unik. Proses pembelian dapat dilakukan secara langsung di apk tersebut tanpa harus terintegrasi dengan apk lain seperti web bisnsi dan e-commerce. Tentu hal ini sangat memudahkan bagi para konsumen.

Mereka akan terasa sangat terbantu ketika  hendak memiliki barang, menentukan jenis dan ukuran produk, melihat ulasan pelanggan sebelumnya hingga menyelesaikan pembayaran. Jadi konsumen tidak perlu mengecek web bisnis atau e-commerce dan TikTok secara bersamaan saat berbelanja.

Baca juga : 5 Cara Promosi Produk di TikTok, Laris Manis Terbaru

2. Terbuka untuk Menjual Berbagai Jenis Produk

Konten TikTok yang diciptakan oleh seorang kreator memang sangat beragam dan bervariasi mulai dari kecantikan, fashion, review kuliner, kebugaran hingga tutorial workout. Hal ini menunjukkan jika TikTok Shop tidak membatasi bagi pelaku bisnis dalam berjualan berbagai jenis produk.

Selain itu, kemudahan dari TikTok tersebut akhirnya mendorong seluruh kreator TikTok untuk bisa melakukan endorse produk di aplikasi tersebut. Berbagai merk pun mulai berani membuka toko dengan kategori produk beragam.

3. Hasil Penjualan Cenderung Menguntungkan

Tren bisnis yang memanfaatkan social commerce khususnya di Amerika Serikat terbukti mampu meningkatkan total keuntungan. Menurut sebuah e-marketer, peningkatan ini terjadi mencapai 35% terutama di tahun 2021 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga : 2 Cara Iklan Produk di TikTok, Ketahui Jenis dan Optimasinya Paling Dicari

Jadi bisa dianggap bahwa penjualan menggunakan social commerce termasuk juga TikTok Shop mampu meningkatkan penghasilan bahkan sebanyak 5x. Sebagai pelaku bisnis, Anda pun tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini demi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara daftar TikTok Shop yang bisa Anda ikuti terutama jika ingin menjadikannya sebagai sarana menjual produk. Telah banyak orang mengaku jika sangat potensial meningkatkan keuntungan ketika memanfaatkan fitur pada social commerce satu ini.