IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

Bagi sebagian orang tentu ingin tahu, cara ganti nomor WhatsApp dengan berbagai alasan. Meskipun begitu tentu ada yang masih ragu, bagaimana cara mengganti nomor WA tanpa hapus akun dan riwayat chat serta tidak keluar dari grup.

Keraguan seperti itu bisa teratasi ketika anda ingin mengubah no WA, dengan mengikuti instruksi di bawah ini secara benar dan tepat. Sebab mudah sekali untuk mengganti nomor WhatsApp lama dengan yang baru. Namun sebelumnya anda perlu tahu no WA lama yang pertama kali di daftarkan, serta nomor baru sebagai pengganti yang masih aktif.

Hal ini di karenakan nanti anda akan menerima notifikasi verifikasi WA baru lewat SMS. Selain itu proses cara ganti nomor WhatsApp tidak akan menghapus akun lama. Sehingga semua kontak yang telah simpan nomor anda tetap ada tidak akan hilang.

Terlebih kini WhatsApp telah sematkan fitur andalan mengenai metode ganti nomor lama ke baru. Adapun fitur itu nanti anda bisa memilih untuk memberitahukan kontak atau tidak. Bagaimana keren sekali bukan?

Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus Akun dan Chat

Nah dari pada anda penasaran dan takut nanti salah, silahkan ikuti panduan cara mengganti no WA terbaru terbukti 100% berhasil. Berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa anda terapkan secara benar.

  1. Buka dahulu aplikasi WhatsApp di HP, lalu pilih menu setelan.
  2. Pilih opsi akun > ganti nomor.
  3. Disini anda akan di hadapkan sebuah informasi terkait efek cara ganti nomor WhatsApp dan pilih opsi Lanjut.
Cara Mengganti Nomor WA yang baru
  1. Kemudian masukkan nomor telepon lama dan yang baru. Pastikan nomor baru anda aktif serta dapat menerima kode verifikasi WA.
  1. Terakhir pilih Lanjut.

Catatan : Setelah anda pilih opsi lanjut ketika selesai memasukkan nomor lama dan baru. Silahkan buka HP serta masukkan kode verifikasi secara manual (berlaku untuk nomor baru yang ada di HP lain). Pastikan anda benar cek sms masuk dari WA dan memasukkan kodenya.

Dengan 5 langkah mudah tersebut anda sudah berhasil mengganti no telepon WhatsApp dengan yang baru. Jadi nanti anda bisa secara langsung menggunakan WA untuk melakukan chat pada teman, sahabat, pacar maupun keluarga.

Selain itu dengan cara ganti nomor WhatsApp lama ke baru, tidak akan menghapus chat ataupun file berupa (video/gambar/foto) yang sudah pernah di terima ataupun di kirim.

Baca juga : Cara Ganti Nomor Akun DANA.

Tanya Jawab Seputar Mengganti Nomor WA

Di bawah ini beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan ketika ingin mengganti no WA baru pada umumnya.

Apakah kontak yang sudah di blokir pada nomor telepon lama akan terblokir otomatis di nomor WhatsApp baru?

Tidak, sebab setelah anda ganti nomor maka kontak yang anda blokir tidak akan ikut terblokir di nomor baru. Sehingga anda perlu blokir kembali.

Namun jika nomor terblokir ikut di grup yang sama, maka mereka akan mendapatkan notifikasi anda mengganti nomor baru.

Apakah mengganti nomor baru di WA akan mengeluarkan akun di grup?

Tidak. Jadi ketika anda sudah bergabung di sebuah grup WhatsApp dengan nomor telepon lama.

Maka secara otomatis akan terimpor ke nomor telepon baru. Dan di grup pula akan ada notifikasi perubahan nomor ke baru.

Apakah dengan mengganti nomor telepon baru di WhatsApp kontak akan hilang?

Seperti yang telah di ketahui semua kontak pada HP akan tersimpan di SIM Card ataupun telepon, maupun pada akun google.

Jadi tidak mempengaruhi kontak anda ketika melakukan cara ganti nomor WhatsApp.

Apakah bisa kembali menggunakan nomer telepon lama di WhatsApp?

Jika anda suatu saat ternyata ingin beralih kembali ke nomor telepon lama. Adapun cara mengganti no WA seperti langkah yang di jelaskan di atas.

Apakah bisa menerima pesan atau chat di nomor telepon lama ketika sudah ganti no WA baru?

Tidak bisa. Karena anda sudah mengganti no WA ke nomor baru. Sehingga nomor lama tidak terdaftar WhatsApp.

Apabila ada panggilan WhatsApp masuk di nomor lama bagaimana?

Orang yang menelpon via WA di nomor lama anda tidak akan terhubung dan bertulis “memanggil” saja. Sebab nomor tersebut sudah tidak di pakai.

Akhir Kata

Demikian penjelasan sederhana tentang cara ganti nomor WhatsApp lama ke nomor baru tanpa hapus akun dan riwayat chat, serta tidak akan keluar dari grup. Bagaimana anda sudah faham kan efek ganti nomor di WhatsApp? serta pemberitahuan ganti nomor WA. Semoga ulasan tersebut bermanfaat. Selamat mencoba.