Hebat ! Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah, Cuma Butuh 5 Menit

  • Whatsapp
Cara Ganti Oli Mesin Mobil

Bagi sebagian pengguna mobil tidak tahu, cara ganti oli mesin mobil sendiri di rumah. Padahal caranya sangatlah mudah sekali, terlebih bisa melatih kemandirian. Tidak selalu bergantung pada bengkel mobil pada umumnya.

Untuk anda yang ingin melakukannya di rumah. Berikut kami sajikan secara ringkas langkah-langkah yang perlu di terapkan untuk mengganti oli mesin mobil di rumah.

Bacaan Lainnya

Cara Ganti Oli Mesin Mobil di Rumah, Cukup 5 Menit saja

Sebelum memulai, pastikan anda siapkan peralatan terlebih dahulu. Mulai dari oli mesin dengan spesifikasi sesuai dengan mobil anda, wadah pembuangan oli, filter oli, kunci-kunci, kain lap, dan dongkrak.

Apabila semua sudah anda siapkan, mari simak langkahnya berikut ini :

Pastikan Mobil dalam Kondisi Hangat

Untuk langkah awal, sebaiknya anda perhatikan dahulu kondisi temperatur mesin mobil. Pastikan sudah dingin atau minimal masih hangat. Jangan dalam keadaan mesin mobil masih panas anda ingin ganti oli mobil secepatnya, itu sangatlah berbahaya sekali.

Jangan Lupa Pasang Dongkrak di Bagian Depan Mobil

Ketika anda sudah memastikan bahwa kondisi mesin mobil sudah dalam keadaan dingin. Maka segera dongkrak bagian depan mobil. Pastikan anda meletakkan tumpuan dongkrak secara benar dan tepat. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan nantinya.

Tujuan dongkrak bagian depan mobil, agar anda nanti leluasa menguras tangki oli. Sebab posisi tangki oli tepat di bawah kolong mesin. Jangan lupa untuk buka kap mesin dan tutup pengisian oli di bagian mesin mobil.

Meletakkan Wadah Pembuangan Oli

Setelah itu anda siapkan wadah pembuangan oli dan letakkan di bagian bawah tangki oli. Jangan lupa beri alas pada wadah oli tersebut agar oli tidak menetes ke lantai garasi rumahmu.

Untuk ukuran wadah penampung oli, sebaiknya yang ukuran besar. Agar tidak berceceran nantinya.

Mulai Membuang Oli Lama Hingga Habis

Jika wadah sudah anda letakkan pada posisi yang benar. Selanjutnya buka baut tangki oli dengan kunci pas sesuai ukurannya. Lalu, biarkan oli lama terbuang hingga habis.

Buka Filter Oli

Pastikan anda buka filter oli mesin mobil, ketika menunggu oli lama di tap sampai habis. Cara ini berlaku apabila anda ingin ganti filter oli dengan yang baru. Letak filter oli pada umumnya di bawah kolong mobil, tapi ada beberapa mobil meletakkan filter di ruang mesin.

Pasang Baut Pembuangan Tangki Oli dan Filter Baru

Saat semua sudah selesai, maka anda perlu pasang baut pembuangan tangki oli dan filter baru tersebut dengan benar. Pastikan ketika pasang baut dalam kondisi sampai rapat, jangan kendor. Agar oli tidak menetes saat di lakukan pengisian oli baru.

Silahkan Tuangkan Oli Mesin Mobil Baru

Jika baut tangki oli sudah terpasang dengan rapat, maka selanjutnya tuangkan oli mesin mobil baru ke lubang pengisian oli di atas.

Jangan lupa pastikan sesuai takaran oli, kalau berlebihan nanti oli akan meluber keluar. Adapun takaran oli bisa di cek melalui dipstick oli.

Akhir Kata

Itulah langkah mudah melakukan cara ganti oli mesin mobil sendiri di rumah dengan benar. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Jangan lewatkan ulasan mengenai fungsi oli mesin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + nineteen =