Cara Mudah Ganti Oli Mobil di rumah
Otomotif

Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah, Cuma Butuh 5 Menit

IDWARTA.com – Diketahui oli merupakan suatu hal penting bagi keberlangsungan hidup sebuah kendaraan. Tak heran anda akan merasakan performa mesin menurun ketika sampai lupa ganti oli mesin bila sudah waktunya. Bahkan fungsi komponen lain tidak bisa bekerja secara maksimal, apabila komponen cair yaitu oli mesin tinggal sedikit. Rekomendasi mengganti oli mobil secara rutin di setiap 3000 kilometer bagi mobil bekas pada umumnya, sedangkan untuk mobil baru bisa setiap 5000 kilometer saja.

Bengkel mobil, biasanya sudah menuliskan pada label setiap 5000 kilometer yang telah di sediakan untuk melakukan pergantian oli, agar nantinya pemilik mobil baru bisa mengecek sudahkah waktunya ganti oli mobil. Namun bagi para pemilik mobil bekas atau mobil keluaran 10 tahun dari masa pembuatan, alangkah baiknya melakukan ganti oli setiap 3000 kilometer saja, sebab oli mesin lebih mudah hitam. Apalagi mobil tersebut pernah turun mesin.

Kembali pada topik yaitu Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di rumah. Meski sebenarnya mengganti oli mobil di bengkel lebih praktis. Tapi anda perlu menunggu antrean cukup panjang bila bengkel mobil rekomendasi tersebut sedang ramai. Sehingga pasti ada fikiran untuk menunda penggantian oli di karenakan apabila malas mengantre.

Maka cara alternatif mengganti oli mobil di rumah saja, namun sebelumnya melakukan hal tersebut. Alangkah baiknya anda memperhatikan montir bengkel mobil ketika mau mengganti oli. Mulai dari bagaimana langkah awal prosedur ganti oli mobil hingga akhir? Tujuannya tak lain agar anda bisa mencobanya dikemudian hari di rumah pada saat mobil waktunya ganti oli mesin. Yang perlu di ingat jangan sampai anda mengganti oli dengan cara yang salah, sebab nantinya bisa menimbulkan masalah yang fatal.

Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Langkah awal cara mengganti oli mobil yang benar dan tepat adalah membuang oli bekas dengan membuka karter oli yang berada di bagian bawah. Sebelumnya pemilik mobil disarankan membuka penutup lubang yang digunakan untuk menuangkan oli mesin di balik kap mobil, tujuannya untuk udara bisa keluar semua dan oli bisa turun ke bawah semua.

Cara membuka penutup oli mesin sangat dianjurkan tidak dibuka sepenuhnya, hanya sebagian saja. Tujuannya agar tidak ada benda asing yang masuk ke dalam saluran lubang oli di balik kap mobil. Sebab bila ada benda asing masuk, akibat terparahnya yaitu turun mesin.

wadah oli bekas mobil

Pembuangan oli bekas pada mobil ini tidak banyak memerlukan waktu cukup 5 menit saja, sudah dipastikan oli bekas sudah terbuang semua. Tapi anda juga perlu memastikan tidak adanya lagi oli yang menetes. Jangan lupa sediakan wadah untuk menampung oli bekas tersebut. Jangan biarkan sampai berceceran sebab itu merupakan salah satu limbah mobil.

Langkah selanjutnya cara mengganti oli bekas pada mobil setelah dibuang, yaitu tutup kembali karter bawah yang untuk mengeluarkan oli bekas tersebut. Kemudian isi dengan oli baru berkualitas sesuai dengan kapasitas penampungan oli yang anjuran setiap pabrikan mobil. Seperti contoh varian mobil Toyota Avanza memiliki kapasitas penampungan oli sebanyak 3 liter saja, lain halnya dengan varian mobil Kijang Innova yang mampu menampung oli mesin sebanyak 5 liter.

Terakhir, cara perawatan oli mobil selanjutnya dengan mengecek dari alat cek oli berbentuk seperti lidi. Setelah di cabut perhatikan ujung alat tersebut masih dalam batas tertentu atau sudah berkurang, serta kondisi oli masih bening seperti baru atau sudah menghitam. Itulah referensi cara mudah mengganti oli mobil di rumah cukup 5 menit saja. Semoga ulasan tersebut bermanfaat, jangan lupa share yah sobat idwarta tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *