IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 3, 2023

idwarta.com – Buah-buahan adalah salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit.

Beberapa buah bahkan dianggap sebagai makanan super atau yang juga dikenal sebagai super fruit karena mengandung nutrisi lebih seperti memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Menurut seorang dokter spesialis kulit, Dr Imelda Pardede, MGizi, SpKK, super fruit dapat mengatasi masalah kulit seperti flek-flek hitam akibat jerawat maupun bekas luka.

“Super fruit adalah buah-buahan super yang mengandung berbagai jenis nutrien atau zat gizi penting untuk kesehatan kulit,” terangnya saat ditemui di Kota Kasablanka Mall Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Jadi, super fruit ini biasanya mengandung nutrisi yang lengkap, mulai dari vitamin A, C, D, E, serta flavonoid sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk penyembuhan luka dan meregenerasi kulit,” jelas dia.

Meskipun sangat bermanfaat untuk kulit, namun Imelda tidak menyarankan kita untuk menggunakan superfruit langsung ke permukaan kulit. Sebab, hal ini dapat menimbulkan iritasi dan memperparah kondisi kulit yang sedang bermasalah.

“Kalau untuk dipakai secara langsung sih sebaiknya jangan ya. Apalagi kalau
kulitnya cenderung sensitif,” ungkapnya.

“Karena zat di dalam buah-buahan itu kan masih asli ya, jadi molekulnya pun sangat besar. Kalau dipakai secara langsung ke permukaan kulit ya molekul di dalam buah itu tidak dapat menyerap dengan baik dan menimbulkan iritasi yang juga berdampak pada flek hitam.”

“Bahkan kalau ditumbuk atau diblender ukurannya masih makro, jadi super fruit tidak bisa masuk ke kulit dengan baik,” tambah dia.

Untuk itu, Imelda pun merekomendasikan kita mengonsumsi super fruit dan memakai produk skincare dengan ekstrak super fruit secara ruitin sebagai gantinya.

“Dengan rutin mengonsumsi super fruit, ini bisa meningkatkan kadar antioksidan di tubuh kita, sehingga mampu membantu proses penyembuhan dan regenerasi sel kulit,” terangnya.

“Sementara untuk produk yang menggunakan sumber vitamin yang diambil dari ekstrak super fruit juga dapat lebih mudah diserap, yang kemudian bisa berfungsi dengan baik,” imbuh dia.

Ada pun super fruit dalam produk skincare yang memiliki antioksidan tinggi antara lain goji berry, delima, lemon, dan alpukat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”