Cukup 1 Menit, Cara Membuat Filter Instagram Story Bagi Pemula

  • Whatsapp
Cara Membuat Filter Instagram Story Pakai Spark AR Studio

Dengan berbagai filter menarik yang di terdapat di aplikasi Instagram, membuat banyak pengguna akun IG memanfaatkan efek itu untuk berselfie dan mengunggahnya di Insta Story maupun Feed. Lalu, bagaimana cara membuat filter Instagram Story?

Diketahui Instagram merupakan sebuah aplikasi sosial media paling populer di Dunia. Tak heran daya tarik terhadap aplikasi itu cukup tinggi berkat adanya fitur andalan baik filter, reels, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Sehingga pengguna menjadi lebih leluasa berkreasi dengan fitur Insta Story, terlebih pada variasi filter yang banyak sekali pilihannya untuk di nikmati. Dan mampu menghasilkan foto selfie atau video keren dan menarik.

Adapun yang paling menantang bagi kreator ialah membuat filter Instagram. Sebab semakin menarik dan keren, pasti nama filter IG itu akan viral serta populer di gunakan oleh banyak pengguna.

Di Indonesia juga banyak sekali kreator filter IG yang bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan jepretan foto atau video keren. Lantas, bagaimana cara buat filter Instagram Story? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Filter Instagram Story

1. Download Spark AR Studio

Adapun bahan atau alat untuk buat filter IG Story adalah Spark AR Studio. Jadi anda tinggal download Spark AR Studio di situs resminya, di sana anda gunakan pilihan OS sesuai baik Windows atau MacOS.

Setelah anda unduh dan instal di PC atau laptop. Selanjutnya silahkan login ke aplikasi Spark AR Studio dengan menggunakan akun Facebook dan harus sudah terhubung dengan akun IG pada smartphone.

2. Siapkan Objek dan Nyalakan Fitur Face Tracker

Pastikan anda siapkan sebuah objek dahulu, bisa pakai topeng atau lainnya. Dan gunakan format PNG maupun sejenisnya tanpa latar belakang ada stiker atau lainnya. Kemudian ikuti langkah berikut ini :

  1. Jalankan aplikasi Spark AR Studio di PC atau Laptop.
  2. Masuk ke menu Create Project.
  3. Kemudian klik Insert.
  4. Di sini akan muncul fitur Face Tracker.
  5. Selanjutnya cukup klik kanan serta pilih Add > lalu tap Face Mesh untuk dapat menambahkan fitur model 3D pada objek.

3. Tambahkan ke Face Mesh & Cari Menu Material

Setelah nomor dua selesai, anda bisa menambahkan sebuah material berupa gambar dengan format PNG yang sudah di buat tadi. Kemudian tambahkan gambar itu ke fitur Face Mesh.

Adapun langkah-langkahnya yaitu, klik FaceMesh dan ubah di bagian Inspector. Saat di menu Inspector pilih material > dengan cara klik tombol (+). Nantinya secara otomatis akan memunculkan aset material yang bisa di pilih sesuai keinginan.

4. Pilih Bagian Face Paint Pada Shader Type dan Tap Choose File yang ada di Texture

Saat anda berada di menu Inspector, bisa ubah Shader type jadi Face Paint. Caranya cukup tap menu “dropdown” yang ada pada sebelahnya, kemudian klik “Choose file” untuk pilih gambar yang sudah di siapkan.

Baca juga : Penyebab Tidak Bisa Login Akun Instagram.

5. Export Ke Aplikasi Instagram Device Anda

Langkah terakhir, simpan hasil projek yang di buat dan ubah nama sesuai keinginan. Caranya tinggal klik “send” dan tap tombol “send to app” letaknya di bagian kamera Instagram serta tunggu sampai proses selesai.

Setelah itu nanti akan muncul notifikasi di akun Instagram anda. Jadi anda bisa langsung menggunakan filter Instagram yang telah anda buat tadi, untuk di jadikan Insta Story maupun lainnya.

Akhir Kata

Itulah langkah-langkah cara membuat filter Instagram Story yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan cara mendapatkan filter IG Glow Up untuk menghasilkan selfie dengan wajah glowing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − 3 =