IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Untuk para mahasiswa maupun pekerja, menggunakan laptop sehari hari merupakan sebuah rutinitas. Bila terjadi kerusakan seperti baterai bocor akan mengganggu produktivitas. Maka dari itu Anda harus mempelajari cara memperbaiki baterai laptop yang bocor. 

Inilah Langkah demi Langkah Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Bocor

Karena penggunaan laptop yang begitu masif oleh pekerja kantoran atau mahasiswa tidak jarang yang mengalami kondisi baterai laptop bocor. Untuk mengatasi hal ini berikut langkah demi langkah cara memperbaiki baterai laptop yang bocor :

1. Langkah Pertama : Melepas Baterai dan Memasukkannya ke Lemari Es

Langkah pertama cara memperbaiki baterai laptop yang bocor harus Anda lakukan adalah melepas baterai tersebut dari laptop. Kemudian bungkus baterai tersebut dalam sebuah plastik yang tebal, ikat sekuat kuatnya.

Pastikan baterai laptop sudah terlindungi plastik dengan sangat baik, jangan sampai ada lubang sedikit pun. Kemudian masukan baterai yang telah terbungkus plastik tersebut ke dalam lemari es atau kulkas yang ada di rumah.

2. Langkah Kedua : Mengeluarkan Baterai dari Lemari Es

Setelah Anda memasang baterai tersebut ke lemari es. Tunggu hingga seharian, akan lebih bagus bila menunggunya sampai 2 atau 3 hari. Biarkan baterai laptop berada di sana sejenak agar menjadi sedikit lebih dingin. Umumnya baterai bocor itu kondisinya sangat panas.

Apabila Anda rasa sudah cukup keluarkan baterai tersebut dari lemari es, pastikan bila kondisi sama seperti ketika masuk. Jangan menjemur baterai tersebut di tengah terik matahari karena akan menjadi kontradiksi dari metode ini.

3. Langkah Ketiga : Pasang Kembali dan Charger Hingga Penuh

Bila kondisi baterai sudah sedikit lebih dingin, keluarkan dari plastic tadi. Pegang terlebih dahulu hingga suhu baterai normal. Jika sudah pasang kembali baterai tersebut ke laptop Anda. Pastikan tertanam dengan rapi.

Setelah terpasang jangan hidupkan laptop terlebih dahulu. Lakukan pengisian daya hingga baterai mencapai 100%. jika sudah penuh, baru Anda hidupkan laptop tersebut tunggu sampai laptop hidup secara sempurna.

4. Langkah Keempat : Mengamati Kinerja Baterai

Bila laptop sudah menyala, perhatikan kinerja baterai laptop yang telah Anda dinginkan ini. Gunakan laptop seperti biasa saja, lakukan aktivitas komputasi pada umumnya seperti bekerja atau bermain game serta membuka program program.

Sambil Anda melakukan hal tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan dan mengamati kinerja baterai. Apakah baterai bekerja masih sama saat keadaannya bocor atau sudah mengalami perubahan. Bila terjadi perubahan maka metode ini berhasil mengatasi masalah baterai bocor.

Baca juga : Cara Menambah Kapasitas Baterai Laptop agar Lebih Lega Lagi

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Baterai Tidak Bocor

Setelah mengetahui cara memperbaiki baterai laptop yang bocor, penting juga untuk menjaga agar baterai tidak bocor. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar permasalahan ini tidak mengganggu mobilitas. Berikut 2 hal penting agar baterai tidak cepat bocor.

1. Mencharger Secara Langsung Laptop Ketika Baru Membelinya

Mungkin hal ini asing terdengar, akan tetapi barang elektronik yang baru pengguna beli biasa nya wajib untuk langsung di isi ulang dayanya. Umumnya laptop kondisi baru baterainya tidak penuh untuk itulah harus langsung diisi daya.

Sesaat setelah Anda membelinya, laptop yang baru keluar dari bungkus langsung saja isi ulang daya nya kurang lebih sekitar 4 jam. Pastikan kondisi laptop dalam keadaan mati dan tidak pengguna sedang hidupkan. Karena ini menjadi satu hal yang benar benar krusial.

2. Jangan Menggunakan Laptop sambil Di Charger

Ini adalah penyakit banyak orang menggunakan barang elektronik yang sedang di cas. Hal ini memiliki dampak yang besar untuk bisa membuat baterai laptop itu mengalami kebocoran dan mengurangi kinerja nya. Mungkin beberapa orang masih menyepelekan hal penting ini.

Hal ini karena terjadi kontradiksi pekerjaan dalam diri baterai tersebut. Baterai yang sedang mengisi dayanya tiba tiba harus mengeluarkan daya secara bersamaan, tentu hal ini akan membuatnya bingung dan terjadi masalah. Pastikan untuk tidak melakukan hal ini agar baterai bisa awet.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki baterai laptop yang bocor. Mengatasi masalah pada komponen ini cukup penting untuk pengguna pahami. Bila terjadi kondisi baterai bocor maka Anda bisa mengatasinya sendiri.