IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Mungkin baru sedikit orang yang mengetahui cara menambah kapasitas baterai laptop. Kinerja baterai laptop bisa pengguna optimalkan dengan melakukan beberapa pengaturan kecil sehingga bisa lebih tahan lama.

Inilah Cara Menambah Kapasitas Baterai Laptop yang Perlu Diketahui

Baterai yang bekerja dengan baik tentu sangat membantu penggunaannya. Untuk mewujudkan hal ini Anda perlu melakukan beberapa hal. Tidak usah berlama lama lagi, berikut cara menambah kapasitas baterai laptop :

1. Putuskan Konektivitas yang Tidak Penting Pada Laptop

Cara menambah kapasitas baterai laptop pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencabut beberapa kabel USB yang menancap di laptop, baik itu flashdisk, speaker, ataupun hardisk Eksternal. Hal ini cukup mempengaruhi.

Terkadang beberapa orang tidak melepaskan koneksi usb ini padahal sudah selesai menggunakannya, seperti saat mengcopy file dari hardisk eksternal, bila transfer data sudah selesai sebaiknya lepaskan saja koneksi ini.

2. Mempersilahkan atau Membeli Baterai Cadangan

Para produsen pembuat laptop tidak merancang baterai laptop untuk pengguna pakai seumur hidup, maka dari itu produsen apapun selalu menyediakan atau memproduksi baterai cadangan untuk semua jenis laptop.

Hal ini tidak lain tidak bukan merupakan cara para produsen untuk memberikan opsi kepada pembeli agar bersiap siap untuk membeli baterai laptop bisa kinerjanya sudah menurun atau tidak bekerja dengan baik lagi.

3. Jangan Menjalankan Aplikasi Komputer Secara Bersamaan

Mungkin beberapa orang tidak sadar bila menjalankan aplikasi atau software secara bersamaan di laptop bisa menurunkan kinerja baterainya. Contohnya saat membuka web browser seperti google chrome atau mozilla, ada saja pengguna yang membuka tab lebih dari 10 atau 20.

Tentu hal ini akan memberatkan kinerja baterai laptop. Ada juga pengguna laptop yang membuka software yang berat seperti editing photo, editing animasi, bahkan Autocad secara bersamaan, tentu saja baterai laptop akan bekerja secara over. Untuk itu hindari hal ini.

4. Menonaktifkan Beberapa Perangkat Seperti Bluetooth atau WiFi

Cara menambah kapasitas baterai laptop selanjutnya bisa Anda lakukan adalah penonaktifan beberapa perangkat seperti Wifi atau bluetooth. Contoh bila Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang tidak membutuhkan jaringan internet, sebaiknya diskoneksikan saja sementara jaringan internet.

Hal yang terlihat sederhana ini dapat memberikan dampak yang cukup besar kepada daya tahan baterai. Bisa juga Anda praktekan kepada perangkat bluetooth, jika memang sedang tidak menggunakannya lebih baik putuskan saja jaringan bluetoothnya.

5. Mengatur Kembali Settingan Penggunaan Daya Laptop

Mengatur kembali setting penggunaan daya pada laptop juga bisa menambah kapasitas baterai laptop. Hampir semua perangkat laptop terbaru memiliki fitur settingan ini. Anda bisa mengatur ulang daya penggunaan baterai pada laptop. Settingan ini sangat mudah pengguna temukan pada laptop.

Pastikan untuk menggunakan pengaturan serendah mungkin atau biasa nya opsi balance. Hal ini dapat menambah kapasitas baterai sehingga laptop dapat bertahan lebih lama daripada sebelumnya ketika pengguna mengerjakan berbagai hal dengan laptop seperti mengetik atau bermain game.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable yang Penting Diketahui

6. Kontrol dengan Baik Waktu Cas Laptop

Tidak sedikit pengguna yang mengerjakan sebuah pekerjaan menggunakan laptop sambil menchargernya. Hal ini bisa membuat kapasitas baterai menurun karena terjadinya kontradiksi pada baterai. Beberapa orang mungkin tidak menyadari hal ini dapat memberikan dampak kurang baik.

Maksudnya, laptop yang sedang mengalami pengisian daya namun pengguna pakai, mengalami kebingungan dalam bekerja. Disisi lain dia harus mengisi daya, namun harus mengeluarkan daya. Hal ini dapat menyebabkan kapasitas baterai menurun.

7. Meredupkan Sistem Pencahayaan Pada Laptop

Pernahkan Anda melihat sebuah laptop sangat terang, ini berarti pengaturan pencahayaan pada laptop tersebut berada di level tertinggi. Hal ini memang sangat bagus dalam menampilkan gambar yang sangat mulus dan jernih.

Akan tetapi kekurangan dari tindakan ini adalah baterai bisa mengalami penurunan kemampuan. Maka dari itu agar kapasitas baterai tetap terjadi bahkan bertambah, Anda bisa mengatur ulang sistem pencahayaan LED dengan pengaturan sedang atau rendah agar baterai lebih awet.

Demikian informasi mengenai cara menambah kapasitas baterai laptop. Dengan mempelajari hal ini Anda bisa mendapatkan kinerja baterai laptop secara optimal dan maksimal yang menunjang mobilitas pekerjaan sehari hari.