6 Cara Mudah Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul & Tidak Berfungsi

  • Whatsapp
cara-mengatasi-filter-instagram-tidak-muncul

Inovasi yang terus di kembangkan oleh pihak Instagram sebagai penyedia platform media sosial terpopuler. Menjadikan aplikasi tersebut kini hanya ada sedikit bug yang mempengaruhi antarmuka. Namun belakangan ini terjadi suatu masalah terkait filter Instagram tidak muncul & tidak berfungsi semestinya.

Sehingga tak heran membuat para pengguna cukup terganggu tidak tersedianya fitur filter IG. Terlebih untuk para pengguna akun yang selalu mengandalkan filter. Padahal filter ini kini sudah bisa di gunakan untuk posting maupun membuat story alias cerita.

Bacaan Lainnya

Adapun kami sudah rangkum bagaimana cara mengatasi filter Instagram tidak muncul dengan beberapa perbaikan berikut ini. Di jamin pasti anda nanti bisa langsung menambahkan filter ke dalam postingan maupun cerita (Story) IG milikmu.

Bagaimana Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Tidak Berfungsi Semestinya?

Untuk itu alangkah baiknya anda menyimak ulasan yang di sampaikan mulai dari perbaikan paling mudah hingga sulit. Agar masalah filter IG tidak muncul bisa segera teratasi dengan baik.

Mulai Ulang Ponsel Anda

Cara paling mudah agar filter Instagram bisa berfungsi kembali ialah dengan Mulai Ulang Ponsel Anda alias restart HP. Caranya cukup simple yaitu tekan dan tahan tombol daya pada ponsel cerdas kemudian pilih untuk restart atau mulai ulang.

Setelah proses restart selesai. Cobalah untuk buka aplikasi Instagram di HP. Dan mulailah menggunakan filter kesukaan, misalnya filter IG langit berubah, filter Glow Up dan lainnya. Apabila masih terkendala tidak bisa menggunakan filter IG, coba solusi di bawah ini.

Mulai Ulang Aplikasi

Adapun cara mulai ulang aplikasi terbukti cukup efektif untuk mengatasi filter Instagram tidak muncul. Cara yang perlu anda lakukan ialah buka menu pengaturan > menu aplikasi > buka Instagram > ketuk tombol Paksa Berhenti.

Selanjutnya akan muncul pop-up mengenai konfirmasi paksa berhenti dan tekan konfirmasi. Setelah itu coba anda buka aplikasi IG kembali dan cek fungsi filter sudah bisa di gunakan atau tidak.

Apabila masih tidak berfungsi dengan baik, cobalah mengikuti langkah selanjutnya di bawah ini.

Perbaharui Aplikasi Instagram

Kemungkinan jika anda menggunakan versi aplikasi Instagram lawas, tentu akan ada masalah. Sehingga alangkah baiknya segera perbaharui aplikasi IG anda melalui Play Store maupun App Store di HP.

Biasanya versi terbaru telah terdapat perbaikan bug pada aplikasi sebelumnya. Adapun cara memperbaharui aplikasi Instagram, cukup anda buka Google Play Store atau App Store. Kemudian cari aplikasi Instagram dan ketuk tombol Update (Perbaharui).

Dan tunggu hingga proses update IG berhasil, lalu buka kembali aplikasi Instagram untuk coba filter IG. Jika filter Instagram tetap tidak muncul, maka solusi selanjutnya ialah berikut ini.

Hapus Data Cache Aplikasi

Hapus Data Cache Aplikasi Instagram

Solusi mengatasi filter Instagram tidak muncul biasanya dengan hapus data cache aplikasi. Sebab setiap aplikasi tentu punya data dan cache ketika sudah lama di gunakan.

Caranya dengan buka pengaturan aplikasi Instagram > pilih opsi penggunaan penyimpanan > ketuk tombol hapus data dan hapus cache.

Setelah itu coba anda buka aplikasi Instagram kembali. Masuk menggunakan akun Instagram terdaftar dan coba untuk menggunakan fitur filter IG.

Jika dengan solusi tersebut filter IG masih tidak muncul, anda bisa mencoba solusi berikutnya.

Bersihkan Sampah di Ponsel Anda

Biasanya perbaikan ini bisa berhasil bagi sebagian pengguna yang begitu kesulitan menggunakan filter di Instagram. Anda cukup hapus atau bersihkan folder sampah di ponsel anda. Pastikan pula tempat folder sampah sudah kosong. Kemudian anda buka Instagram kembali.

Terkadang cara ini bisa untuk mengatasi filter Instagram tidak muncul & berfungsi. Dan solusi terakhir apabila tetap tidak berhasil yaitu dengan cara berikut di bawah ini.

Instal Ulang Aplikasi

Instal Ulang Aplikasi Instagram

Cara terakhir untuk mengatasi filter Instagram tidak muncul di sebagian perangkat pengguna yaitu dengan cara instal ulang aplikasi. Tentu setiap pengguna pasti sudah tahu metode cara instal ulang aplikasi.

Caranya cukup mudah bahkan pemula sekalipun bisa menerapkannya. Silahkan anda tekan ikon Instagram di HP dan ketuk hapus aplikasi (uninstall), kemudian buka Google Play Store atau App Store. Cari aplikasi Instagram dan instal (pasang) di perangkat HP anda kembali.

Setelah proses instal aplikasi berhasil, coba buka kembali Instagram APK. Dan mulailah menggunakan filter Instagram untuk membuat postingan maupun story (cerita) sesuai selera.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah filter Instagram tidak muncul & tidak berfungsi dengan baik. Namun sebelum menerapkannya pastikan anda baca dengan teliti langkah pertama hingga solusi akhir. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Jangan lewatkan pula ulasan tentang Instagram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 10 =