IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Beberapa dari pengguna hp tentu pernah mengalami kamera buram di mana hasil foto menjadi tidak sempurna. Hal ini akan membuat pengguna jadi bete dan bad mood. Untuk memecahkan masalah ini  Anda harus belajar cara mengatasi kamera hp buram.

Inilah Cara Mengatasi Kamera Hp Buram yang Bisa Dicoba

Kamera buram terjadi karena beberapa hal, kebersihan smartphone yang tidak terjaga bisa menjadi salah satu faktor kenapa masalah ini muncul. Agar Anda tidak mengalami permasalahan ini, berikut  cara mengatasi kamera hp buram :

1. Melakukan Pembersihan Pada Lensa

Langkah pertama cara mengatasi kamera hp buram yang bisa Anda kerjakan adalah dengan membersihkan lensa yang notabene jadi tempat utama masalah ini muncul. Lakukan pembersihan pada area ini, alangkah baiknya bila menggunakan kain microfiber.

Kain microfiber terbukti mampu membasmi kotoran secara optimal khususnya kepada benda benda seperti lensa ini. Kain ini sangat mudah untuk Anda cari, umumnya orang juga menggunakan kain ini untuk membersihkan kacamata.

2. Membersihkan Lensa Dengan Menggunakan Selotip

Pada saat membersihkan lensa agar memiliki hasil yang maksimal kain microfiber saja tidak cukup. Anda memerlukan alat tambahan agar hasil menjadi sempurna. Benda yang pengguna perlukan adalah selotip.

Siapkan selotip ketika membersihkan lensa Hp. Agar memudahkannya dalam mengerjakan aktivitas ini poting kecil selotip sesuai ukuran lensa kamera. Kemudian, tempelkan saja pada lensa. Tunggu beberapa saat Anda bisa melihat hasilnya.

3. Membersihkan Lensa Menggunakan Pasta Gigi

Cara mengatasi kamera hp buram yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan membersihkan lensa kamera menggunakan pasta gigi. Beberapa pengguna telah mengakui bila metode yang satu ini cukup efektif menghilangkan keburaman pada kamera.

Untuk melakukan hal ini juga cukup mudah dan tidak sulit, pengguna hanya perlu menyiapkan pasta gigi yang original alias berwarna putih. Ambil sedikit saja jangan banyak banyak, lap menggunakan tisu di area kamera. Lesan akan terlihat tampak bersih.

4. Menghapus Cache Kamera pada Aplikasi Ponsel

Agar bisa menghilangkan masalah keburaman pada kamera hp ini melakukan pembersihan pada kondisi fisik saja tidak cukup. Anda juga harus membersihkan area perangkat lunaknya. Salah satunya dengan membersihkan cache pada aplikasi kamera.

Untuk melakukan hal ini cukup mudah, Anda tinggal membuka aplikasi pengaturan di ponsel. Kemudian cari opsi pengaturan aplikasi. Cari aplikasi kamera, di sana akan ada beberapa opsi pilihlah menu penyimpanan. Pilih tulisan hapus cache yang tertulis.

Baca juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik Di HP

5. Mengganti Aplikasi Kamera yang Ada

Ketika Anda membeli hp, tentu aplikasi kamera telah terinstall secara otomatis dan langsung bisa pengguna pakai. Akan tetapi ternyata aplikasi ini bisa pengguna gantikan dengan beberapa pilihan yang ada di playstore.

Untuk mengatasi masalah kamera buram, Anda bisa memilih beberapa aplikasi kamera alternatif. Caranya cukup mudah Anda tinggal download aplikasi kamera di playstore kemudian install seperti biasa, lalu gunakan pemotretan seperti sedia kala.

6. Mengeringkan Lensa Menggunakan Blower

Selain membersihkan perangkat keras lensa, dan juga perangkat lunaknya, Anda juga bisa melakukan beberapa trik ringan untuk bisa mengatasi masalah keburaman pada kamera hp yang sangat mengganggu pengguna ini.

Cara sederhana yang bisa Anda praktekkan adalah dengan mengeringkan area lensa menggunakan blower. Langkahnya cukup mudah, pengguna hanya perlu meniupkan lensa hp, tapi menggunakan blower. Benda ini sangat ampuh dalam membersihkan kotoran yang berbentuk seperti debu.

7. Pikirkan Untuk Melakukan Service Kamera

Bila beberapa langkah di atas tidak ada yang berhasil menghilangkan keburaman pada ponsel pintar Anda. Cara terakhir adalah dengan mendatangi tukang service. Biasa nya ketika mengunjungi layanan perbaikan ponsel pengguna akan mendapatkan dua opsi.

Dua opsi ini adalah mengganti perangkat yang rusak dengan yang baru, atau memperbaiki yang sudah ada. Untuk opsi pertama tentu akan menyelesaikan masalah ini dengan cepat, sedangkan opsi kedua dapat bekerja mungkin beberapa bulan hingga rusak lagi.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi kamera hp buram. Kamera ponsel yang mengalami keburaman ini dapat membuat hasil gambar jadi tidak sempurna. Dengan mempelajari cara memecahkan masalah ini, hp Anda akan terjaga dari keburaman.