Inilah Cara Mengatasi Spam di Facebook

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Spam di Facebook

Facebook adalah salah satu dari banyaknya platform sosial media yang banyak di gunakan. Sayangnya, ada saja gangguan yang membuat kita malas untuk memainkannya, yakni adanya spam. Dengan ini, Anda perlu tahu cara mengatasi spam di Facebook.

Spam merupakan salah satu gangguan yang tak hanya dialami oleh pengguna Facebook saja, melainkan juga platform sosial media lainnya. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya spam di facebook, Anda bisa mengatasi spam Facebook.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Spam? Ini Penjelasannya!

Sebagai pengguna akun sosial media pasti sudah tidak asing lagi dengan spam. Anda bisa menemukan spam di platform sosial media mana pun. Meski begitu, tak sedikit dari kita yang mengenal apa itu spam.

Baca Juga  : Kena Spam Artinya

Spam sendiri adalah sebuah pesan yang di kirimkan segala akun yang ada secara besar-besaran. Pesan spam ini isinya tidak jelas dan tidak karuan, biasanya berupa konten sampah yang mengandung kata-kata yang tidak di mengerti. Parahnya, spam ini menautkan link penipuan, pencurian akun, dan lainnya.

Terkena spam artinya sangat mengganggu Anda bukan?  Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mengatasi spam di Facebook.

Dalam Facebook sendiri spam merupakan konten atau permintaan yang tidak di inginkan. Ciri-ciri spam di Facebook yakni, pesan atau komentar yang diulang-ulang dengan isi dan nada yang sama, baik itu dikirim di grup atau secara akun pribadi dan isi konten yang tidak relevan.

Jika Anda melakukan spam komentar, Anda akan terkena pembatasan komentar di Facebook atau bahkan akun Facebook Anda di batasi. Oleh karena itu, bermainlah dengan bijak.

Baca Juga : Kenapa Akun Facebook Dibatasi

Inilah Tujuan dan Contoh Spam di Facebook 

Tujuan adanya spam yang di lakukan di Facebook di antaranya:

1.    Keisengan semata

Ya, tak ayal ada banyak orang yang kurang kerjaan untuk melakukan spam. Oleh karena itu, berhati-hati dalam memiliki teman Facebook.

2.    Melakukan Tipuan dan Pencurian Data

Bahayanya, tujuan dari spam yang di lakukan oleh si pelaku yakni melakukan tipuan dan pencurian data. Jika spam itu terjadi, segera laporkan pada pihak terkait, ya!

3.    Menyebar Virus dan Malware

Tujuan lainnya yakni untuk menyebarkan virus dan malware yang dapat merugikan pengguna Facebook.

4.    Mencari Trafik ataupun Kunjungan

Tujuan lainnya yakni si pelaku melakukan spam dengan tujuan untuk mencari trafik serta para pengunjung situs website yang di kelolanya.

Contoh spam Facebook yang biasa Anda temukan rata-rata berupa bentukan otomatis komentar  yang berisi link tipuan, promosi, atau bahkan komentar yang hanya berupa bug, malware, emot tidak jelas dan di lakukan secara bertubi-tubi.

Adapun bentukan spam pada status sama halnya dengan mengirimkan konten sampah dan tipuan dengan tautan link yang terbilang berbahaya jika Anda mengkliknya, spam ini biasanya di akibatkan oleh phising. Adapun bentuk spam lainnya yang  bisa Anda temukan pada pada fanspage atau grup.

Penyebab terkenanya spam Facebook yakni karena adanya phising, malware, aplikasi palsu, pencurian akses token dan lainnya.

Bahaya Spam Facebook

Spam Facebook

Melihat dari penyebab adanya spam pada platform Facebook, tentu bisa kita simpulkan bahwa spam tersebut terbilang berbahaya. Untuk lebih jelasnya mengenai bahaya spam simak uraian di bawah ini.

1.    Mengganggu

Dampak spam paling ringan yang bisa Anda alami yakni merasa terganggu dalam memainkan platform Facebook. Tentunya saja spam ini akan sangat mengganggu  pemandangan Anda. Akibatnya, Anda akan merasa risih dan jengkel dengan adanya spam tersebut.

2.    Terjadinya Penipuan

Yang paling berbahaya dampak dari spam di Facebook ini adalah penipuan. Biasanya spam ini berisikan tautan link tipuan. Dengan ini spam link tautan yang tidak jelas sangatlah berbahaya, karena akan merugikan Anda sendiri.  Oleh karena itu, bijaklah dalam bermain Facebook, ya.

3.    Pencurian Data

Yang paling berbahaya dampak dari Facebook ini yakni adanya pencurian data. Oleh karena itu Anda jangan sembarang meremehkan spam. Bagaimana jika data pribadi yang Anda miliki dicuri dan digunakan untuk hal yang tidak-tidak. Tak hanya pencurian data, pencurian token pun bisa terjadi.

Nah itulah, penjelasan singkat mengenai dampak bahaya dari spam di Facebook. Dengan ini, Anda perlu segera melakukan tindakan mengatasi spam tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi spam di Facebook? Simak ulasannya ya.

Cara Mengatasi Spam di Facebook

Jika akun Facebook Anda terkena spam, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi spam Facebook, di antaranya:

1.    Melaporkan Adanya Spam

Tindakan pertama yang harus Anda lakukan yakni melaporkan adanya spam. Melaporkan kepada pihak Facebook bisa menjadi pilihan pertama yang terbilang efektif. Dengan begitu pihak Facebook akan melakukan tinjauan pada pelaku yang melakukan spam.

Cara untuk melaporkan adanya spam ini terbilang sangat mudah, tinggal klik opsi titik tiga yang ada di kiriman atau komentar lalu Anda pilih opsi laporkan spam atau opsi ‘saya tidak suka kiriman ini’.  Nah, cara yang sangat mudah, bukan?

2.    Melakukan Unfriend

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yakni melakukan unfriend atau membatalkan pertemanan. Jika Anda sudah mengetahui siapa pelaku yang melakukan spam, Anda tinggal meng-unfriend-nya saja.

Dari sini, Anda tahu bahwa berteman dengan orang yang tidak dikenal merupakan suatu hal yang bisa menjadi pengganggu atau bisa disebut dengan spam. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih teman yang benar-benar Anda kenali.

3.    Meninjau Akun  serta Menghapus Hal yang Bersifat Spam

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi spam yakni meninjau aktivitas akun Anda. Tinjauan yang harus Anda lakukan yakni melihat riwayat login akun untuk mengetahui percobaan login yang mencurigakan serta melakukan tinjauan postingan.

Tak hanya itu, Anda harus meninjau log aktivitas, menghapus tindakan yang tidak diinginkan oleh Anda, meninjau aplikasi atau game yang terinstal untuk menghapus hal yang tidak Anda percayai serta menghapus grup, halaman, acara ataupun postingan yang tidak dibuat oleh Anda.

Untuk menghilangkan spam di grup Anda bisa langsung menghapus konten, komentar, atau mengeluarkan si pelaku spam.

4.    Mengamankan Akun Facebook

Metode terakhir yang paling utama untuk cara mengatasi spam di Facebook yakni Anda wajib mengamankan akun Facebook Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan akun Facebook Anda di antaranya mengganti kata sandi.

Sedang jika Anda tidak bisa melakukan login Anda harus mengamankan akun Anda sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan oleh pihak Facebook.

Itulah, cara untuk mengatasi adanya spam. Jika Anda ingin terhindar dari adanya spam, cara di atas pun bisa Anda lakukan selain untuk mengatasi adanya spam.

Setelah membaca artikel di atas, Anda harus tahu: Cara agar facebook tidak rawan spam Akan tetapi, jika Anda sendiri yang melakukan spam tersebut, maka tunggulah pihak Facebook yang akan melakukan tindakan untuk memberikan peringatan pada akun Anda. oleh karena itulah, dalam bermain platform sosial media Anda harus bijak dan cerdas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 13 =