Cara Mengganti Email Utama Facebook (FB) Bagi Pemula 2021

  • Whatsapp
Cara Mengganti Email Utama Facebook Secara Praktis

Siapa sih yang tidak kenal dengan sosok media sosial bernama Facebook? Platform ini namanya sangat populer bahkan di Indonesia juga. Banyak pengguna yang daftar akun Facebook mulai dari remaja, dewasa sampai orang tua.

Ketika anda memiliki sebuah akun FB, terkadang ingin cara mengganti email utama Facebook. Di sisi lain anda juga perlu mengetahui bagaimana cara tepat untuk ganti email Facebook.

Bacaan Lainnya

Lantaran, anda tidak dapat membuat akun Facebook tanpa memiliki alamat email. Tapi ada cara lain yang bisa di lakukan yaitu dengan daftar pakai nomor handphone, namun tidak begitu di rekomendasikan.

Facebook sendiri mempunyai fungsi di antaranya bisa mendapatkan informasi, berbagai informasi, berteman dengan siapa saja hingga berkomunikasi dengan orang lain melalui online. Selain itu ada juga yang memanfaatkan Facebook sebagai penghibur maupun mengembangkan bisnis.

Dengan mempunyai alamat email aktif anda akan bisa tetap terhubung dengan Facebook. Lalu, bagaimana cara mengganti email utama Facebook? berikut penjelasannya.

Cara Mengganti Email Facebook Secara Mudah

Sebelum memulai sebaiknya anda membuat email baru gratis di layanan gmail paling di rekomendasikan. Setelah itu baru anda bisa gunakan email baru untuk membuat setiap akun media sosial seperti Facebook.

Adapun langkah-langkah untuk cara mengganti email utama Facebook secara mudah sebagai berikut.

1. Membuat Email Baru

Sudah di singgung di atas bahwa cara mengganti email utama Facebook harus punya alamat email baru terlebih dahulu. Baik menggunakan gmail ataupun Yahoo mail dengan petunjuk yang sudah ada di laman resminya.

Setelah itu baru anda bisa mengubah email di Facebook. Terkadang cara ini di lakukan pada aplikasi Facebook maupun FB Lite maupun browser. Dengan cara login pakai email lama yang di gunakan untuk mendaftar akun Facebook.

2. Login Pada Akun Facebook Milikmu

Jika anda sudah berhasil melakukan login ke akun Facebook. Maka sudah bisa untuk cara mengganti email utama Facebook menggunakan HP android. Caranya cukup mudah, yaitu klik garis tiga di bagian pojok kanan pada tampilan beranda Facebook.

Kemudian pilih opsi pengaturan akun atau settings. Di sana anda akan di suguhkan tampilan pengaturan akun secara umum. Adapun untuk melakukan cara mengganti email utama Facebook lewat HP dengan pilih opsi sunting email.

Lalu di lanjut klik email tambahan untuk memasukkan alamat email baru yang di buat. Dan tulis alamat email pada kolom yang tersedia.

3. Mengisi Password atau Kata Sandi Facebook

Selanjutnya anda bisa cara mengganti email utama Facebook agar bisa di setujui yaitu dengan mengisi password atau kata sandi Facebook. Cara ini di lakukan untuk memastikan bahwa anda pemilik asli akun Facebook.

Jangan sampai keliru dalam memasukkan kata sandi FB dan akhiri dengan klik simpan perubahan.

4. Konfirmasi Email Facebook

Setelah cara nomor 3 berhasil, anda cukup menunggu hingga tim Facebook kirimkan kode konfirmasi pada email anda. Bukalah email untuk segera mengkonfirmasi, sebab biasanya kode verifikasi ini hanya berlaku 1 jam. Setelah itu link konfirmasi akan kadaluarsa.

Kemudian ketika proses konfirmasi berhasil dengan klik tautan email Facebook. Silahkan masuk ke halaman pengaturan Facebook. Untuk memastikan bahwa alamat email utama (lawas) sudah terganti dengan email baru.

Disini anda juga dapat menghapus email lama pada akun Facebook. Atau di biarkan begitu saja sebagai email cadangan.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Email di Facebook Secara Praktis

Tips Melindungi Email dan Akun Facebook dari Serangan Hacker

Setelah anda mengetahui cara mengganti email utama Facebook. Selanjutnya anda harus dapat melindungi email serta akun Facebook dari serangan hacker. Lantaran zaman sekarang ini para hacker semakin inovatif untuk membobol email anda.

Adapun tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk melindungi email serta akun Facebook dari hacker, sebagai berikut.

1. Membuat Password yang Kuat

Biasanya para hacker untuk menembus akun dengan menebak kata sandi atau password setelah mendapatkan username Facebook. Dan menggunakan metode script yang bisa memasukkan puluhan kata sandi untuk masuk ke akun Facebook.

Terkadang akun Facebook yang berhasil di bobol yaitu pemilik asli akun menggunakan kata sandi lemah. Dengan begitu sangat di sarankan anda membuat password atau kata sandi yang kuat, agar hacker tidak bisa bobol akun FB.

Atau cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan sering ganti kata sandi Facebook secara berkala dan kuat. Bisa mengkombinasikan dengan huruf, karakter dan angka.

2. Login ke Email

Jika tiba-tiba ada email Facebook masuk ke email baru anda, pastikan pengirim adalah Facebook. Jangan asal klik tautan yang di kirim, biasanya itu tautan phising yang di kirim hacker untuk merentas akun FB.

Misalnya saja pengirim facebookss.com atau lainnya dengan tampilan yang sudah di buat semirip mungkin dan seolah itu Facebook padahal bukan. Dan lengkap dengan kata-kata menjebak seperti demi keamanan Facebook, silahkan klik tautan di bawah ini.

Jadi pastikan anda dengan teliti melihat pengirim email.

3. Mainkan Facebook dengan Bijak

Sangat di sarankan anda bermain Facebook secara bijak tidak sembarangan. Misalnya menambahkan teman yang tidak di kenal atau masuk grup Facebook yang kurang bermanfaat.

Sebab terkadang hacker mengincar akun Facebook untuk di bobol dengan cara membuat link phising. Jadi pastikan ketika anda ingin login akun Facebook memasukkan kata sandi pada url resmi adalah https://www.facebook.com

Akhir Kata

Demikian cara mengganti email utama Facebook bagi pemula melalui browser di HP atau PC. Dan tetaplah berhati-hati agar akun FB anda tidak di rentas atau di bobol oleh hacker. Jadi bermain Facebook secara bijak dan mengikuti tutorial cara mengganti email utama Facebook secara benar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =