IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Printer merupakan salah satu hardware yang sangat berguna, karena dapat mencetak berbagai dokumen, maupun foto. Supaya hasilnya maksimal, maka pengguna wajib mengetahui bagaimana cara menggunakan printer yang benar.

Karena kalau terjadi kesalahan, baik itu pada saat menginstal komputer maupun saat melakukan pencetakan, maka hasilnya nanti akan kurang maksimal.  

Untuk itu supaya lebih tepat dalam penggunaan mesin cetak ini, berikut akan diberikan teks prosedur cara menggunakan printer yang tepat. 

Cara Menggunakan Printer

Seperti yang dikatakan tadi kalau pada pembahasan kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan printer yang tepat. Tentu saja tidak akan sulit, dan akan dijelaskan secara mendetail supaya nantinya pengguna dapat menerapkan hal tersebut dengan mudah.  

1. Menginstal Printer di Komputer

Sebelum masuk ke proses pencetakan, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menginstal printer yang ingin digunakan ke komputer. Ini merupakan langkah yang sangat penting, apalagi jika ini merupakan cara menggunakan printer pertama kali. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstal printer di komputer ini, dan kali ini yang akan digunakan adalah yang memakai jaringan lokal. 

  • Membuka aplikasi pengaturan, kemudian pilih printer.
  • Klik gambar yang berbentuk gembok terletak di bagian kanan atas untuk memperbolehkan mengubah pengaturan.
  • Kemudian klik tombol “+” yang terletak di bagian bawah sisi panel, nantinya akan muncul tab atau jendela baru.
  • Tab tersebut berisikan “tambah printer baru”. Nantinya sistem akan mencari printer yang masuk ke dalam jaringan itu..
  • Selanjutnya printer akan muncul, maka pengguna dapat mengklik tambah.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berjalan, selesai. Proses install printer di komputer sudah selesai dilakukan. 

2. Melakukan Proses Cetak

Setelah mengetahui bagaimana caranya melakukan proses pemasangan printer di komputer, maka sekarang saatnya mengetahui caranya pada saat printer digunakan. Sama seperti cara yang sebelumnya, cara ini juga tidak sulit sama sekali.

Di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

  • Siapkan komputer, ataupun laptop dan kemudian siapkan printer. Nyalakan printer dengan menekan tombol power. Nantinya apabila printer sudah dalam kondisi menyala, maka akan ditandai dengan lampu indikatornya yang menyala. 
  • Kemudian di komputer klik my computer, kemudian ke bagian device and printer, pada bagian ini pengguna melihat apakah sudah ada printer yang terinstal.
  • Selanjutnya perhatikan bagaimanakah status yang dimiliki oleh printer tersebut, kalau sudah dalam kondisi ready maka dapat langsung digunakan.
  • Setelahnya pengguna dapat membuka ms word yang ada di laptop, ataupun komputer. Kemudian gunakan shortcut ctrl + p. Nantinya pengguna akan dibawa ke jendela print.
  • Di sini pengguna dapat melakukan beberapa pengaturan, kemudian kalau sudah cek pada bagian printer name. Pilih nama printer yang sesuai, dan dalam posisi sudah ready. 
  • Klik OK, apabila pengaturan semuanya sudah sesuai. 
  • Selesai, proses pencetakan dokumen dengan menggunakan printer yang sudah terpasang sudah selesai dan berhasil dilakukan. 

3. Menyelesaikan Kegiatan Mencetak

Pada bagian kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara menggunakan printer setelah selesai proses pencetakan. Sama seperti kedua proses sebelumnya, proses yang satu ini juga tidak sulit dan wajib untuk dilakukan.

Tujuannya agar penggunaan printer tetap tepat, dan printer dalam kondisi selalu awet dan dapat digunakan secara maksimal. 

Oleh karena itu di sini juga akan dibahas bagaimana cara memakai printer setelah selesai digunakan mencetak, yakni. 

  • Pastikan semua proses mencetak sudah selesai. 
  • Kemudian pengguna hanya tinggal mematikan printer yang sudah selesai dilakukan.
  • Ambil kertas yang masih tersisa di atas printer, dan tutup printer. Ada baiknya sebelum ditutup printer dilap, dan dibersihkan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pengguna hanya tinggal mematikan laptop, ataupun komputer yang tadi digunakan.

Sebagai tambahan, apabila pengguna masih memakai printer kabel maka ada baiknya untuk menyimpan kabel dalam kondisi digulung. Tujuannya agar tetap rapih, dan kabel tidak berserakan dimana-mana. 

Dengan kondisi seperti itu juga dapat menjaga keamanan pengguna, dan orang lain. Karena meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat menginjak ataupun kesandung dengan gulungan kabel yang panjang, dan berantakan. 

Tips Penggunaan Printer

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan printer, maka sekarang masuk ke dalam pembahasan yang tidak kalah penting yakni tentang bagaimana merawatnya. Di sini akan diberikan tips penggunaan printer supaya printer lebih awet, dan tidak mudah rusak. 

1. Mencetak Sewajarnya 

Pertama adalah pastikan untuk melakukan proses percetakan ini sewajarnya saja, dan jangan berlebihan. Hal ini dikarenakan printer rumahan biasanya berbeda dengan printer industri yang memang sudah didesain mampu mencetak dalam jumlah banyak. 

Apabila mencetak terlalu banyak dalam sekali waktu, dikhawatirkan akan merusak gear printer. Pada saat alat tersebut sudah rusak, maka kemungkinan hasil cetak sudah tidak seprima yang awal, dan bahkan bukan tidak mungkin di tengah proses kertasnya akan tersangkut. 

2. Meletakkan di Tempat yang Aman

Printer ini merupakan barang elektronik, yang di dalamnya terdapat banyak komponen. Semua komponen itu rata-rata sangat rentan apabila terkena air, maupun panas yang berlebih. Oleh karena itu wajib untuk diletakkan di tempat yang aman. 

Kemudian untuk pengguna printer kabel, pastikan untuk menyimpan kabel-kabel yang digunakan dengan rapih. Karena selain dapat meminimalisir kecelakaan, penyimpanan kabel yang rapih itu juga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan. 

3. Menggunakan Tinta yang Sesuai 

Cara merawat printer yang selanjutnya terdengar sederhana, namun sering tidak dilakukan. Hal ini adalah menggunakan tinta yang sesuai dengan jenis printer yang digunakan, dan pastikan untuk menggunakan tinta yang asli, dan bukan oplosan.

Karena ternyata penggunaan tinta ini memberikan pengaruh terhadap cartridge atau head printer. Kedua hal tersebut merupakan komponen penting dalam printer, dan apabila sudah rusak maka dapat mengacaukan hasil cetakan. 

4. Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan terhadap printer yang dimiliki secara berkala, dan rutin. Apalagi jika penggunaan printer masuk ke dalam penggunaan dengan intensitas tinggi, maka wajib dilakukan pengecekan secara berkala. 

Pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan, karena dapat mencegah terjadinya kerusakan besar. Selain itu dengan melakukan pengecekan ini, pengguna dapat langsung mengetahui apabila ada yang tidak sesuai dengan printer yang dimilikinya. 

5. Membersihkan Printer dengan Rutin 

Terakhir yang mungkin terkesan tidak terlalu penting, namun ternyata sangat berpengaruh adalah membersihkan printer secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada debu yang menumpuk di printer, terutama pada bagian komponennya.

Karena ternyata debu yang menumpuk ini dapat menghambat kinerja komputer, dan membuatnya menjadi tidak optimal. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk membersihkan printer secara rutin, supaya printer lebih awet dan tidak mudah rusak.

Tidak sulit bukan, baik itu cara untuk menggunakan printer maupun cara merawatnya. Karena itu pengguna, terutama pengguna pemula tidak perlu bingung pada saat ingin menggunakan mesin ini.

Setelah membaca semua cara menggunakan printer dari awal sampai akhir, dapat langsung pengguna terapkan untuk mencetak dokumen yang dimiliki.