Bekas Sablon Baju, 6 Tips Jitu Menghilangkannya !

Ada banyak penyebab kenapa bekas sablon baju cepat hilang. Misalnya yaitu seperti menyetrika dengan suhu tinggi atau proses mencuci yang salah. Yang paling sering terjadi biasanya pada baju yang terdapat banyak sablon, baju anak-anak dan sablon pada baju bola.

Padahal jika di lihat kain bajunya belum kendor dan masih bagus di pakai. Namun terkadang kita malas mencari tahu bagaimana cara membersihkan bekas sablon di baju yang terlepas. Sehingga mengambil tindakan untuk di jadikan sebagai lap atau bahkan di buang saja.

Di bawah ini ada beberapa cara membersihkan bekas sablon baju yang terlepas sehingga bisa menjadi kaos polos biasa. Jika kamu tidak suka dengan kaos polos, kamu bisa menyablon kembali kaos tersebut dengan gambar sesuai keinginanmu.

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Sablon Baju Yang Rusak

Cara Membersihkan bekas Sablon Baju Yang Benar

1. Sisa Sablon Baju Pada Kaos Distro

Umumnya pada kaos distro biasanya menggunakan beberapa jenis sablon seperti sablon kaos foil dan DTG. Dua jenis bekas sablon baju tersebut bisa di bersihkan menggunakan pemutih pakaian.

Tapi sebaiknya untuk bekas sablon pada baju yang berwarna putih saja dan gunakan hanya dengan baju yang berbahan tebal, agar supaya tidak merusak serat kain. Caranya cukup mudah yaitu :

  • Siapkan ember, kemudian masukkan air panas tambahkan juga detergen dan pemutih 100 ml. Lalu aduk hingga larut dan tercampur merata.
  • Selanjutnya oleskan pemutih tersebut pada sablonan baju, lalu rendam baju selama kurang lebih 5 menit. Kemudian kucek pada bagian sablon dan kupas secara perlahan-lahan. Agar nanti bekas sablon di baju bisa hilang tanpa jejak.
  • Terakhir, ulangi 4 hingga 5 kali tips hilangkan bekas sablon pada baju tersebut sampai sablonnya benar-benar hilang. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Cap Sablon di Baju Jenis Polyflex

Sablon baju jenis polyflex cenderung lebih lentur dan tipis. Biasanya di gunakan pada jaket dan jersey. Sehingga cara menghilangkan sablon polyflex juga cukup mudah yaitu bisa dengan menggunakan setrika. Caranya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, panaskan terlebih dahulu setrika kurang lebih sekitar 3 sampai 5 menit. Lalu taruh kain di atas bekas sablon pada baju yang akan di hilangkan.
  • Kemudian letakkan setrika di atas kain dan diamkan selama kurang lebih 4 sampai 7 detik.
  • Setelah itu, angkat setrika dan oleskan aseton pada bekas sablon baju yang masih panas tersebut. Tunggu hingga sablon baju terlihat mengerut kemudian usap-usap dan bersihkan bekasnya.
  • Setelah itu cuci bajunya agar bersih merata.

3. Dibersihkan Menggunakan Aseton atau Alkohol

Yang paling sering di lakukan oleh penjual atau jasa kaos sablon yaitu mereka memanfaatkan aseton atau alkohol, untuk membersihkan cap sablon baju yang rusak. Namun tidak hanya mengolesnya saja, butuh bantuan setrika yang panas agar sablon yang rusak bisa hilang. Caranya mudah sekali yaitu :

  • Panaskan setrika terlebih dahulu.
  • Kemudian alasi dengan kain kering di bawahnya dan letakkan bekas sablon baju menghadap keatas.
  • Oleskan alkohol pada jejak sablon baju lalu tutup menggunakan kain.
  • Setelah itu tempelkan setrika selama beberapa detik jika di rasa sudah cukup panas lalu angkat dengan kain penutupnya tadi.
  • Bersihkan sisa sablonnya hingga hilang tidak tersisa.

4. Memakai Bensin atau Minyak Kayu Putih

Bersihkan Bekas Sablon Baju Pakai Minyak Kayu Putih

Untuk menghilangkan sisa cap sablon baju pada kaos Gildan yang bahannya begitu tebal bisa dengan menggunakan bensin atau minyak kayu putih. Caranya yaitu :

  • Pertama, balik baju yang terdapat sablonnya.
  • Di dalam dan di tengahnya letakkan kain kering supaya bensin tidak menyebar kemana-mana.
  • Oleskan bensin pada bagian yang ada sablonnya, tunggu hingga mengerut dan kering.
  • Kemudian lepas dengan tangan atau bisa menggunakan silet hingga bersih. Kemudian cuci bersih agar bau bensin hilang.

5. Menggunakan Cairan M3

Ada tiga jenis bekas sablon pada baju yang susah untuk dihilangkan karena memiliki daya serap yang kuat yaitu sablon plastisol, gliter dan pigmen. Meski demikian bukan berarti sisa sablon yang terbuat dari minyak tidak bisa di hilangkan.

Kamu bisa memanfaatkan cairan m3 atau solvent based untuk membersihkan sisa sablon di baju yang menempel tersebut. Cairan m3 adalah larutan kimia yang bersifat seperti tiner atau pelarut cat. Caranya bisa anda lakukan yaitu :

  • Letakkan kaos bersablon pada bagian atas dan bawahnya alasi dengan kain yang kering. Kemudian basahi kain kering dengan cairan m3 tersebut dan usapkan pada bagian sablon yang akan di hilangkan.
  • Diamkan selama beberapa menit hingga sablon terlihat mengerut. Untuk melepas sisa sablon gunakan pisau atau silet.
  • Ulangi proses tersebut hingga 4 sampai 5 kali supaya bekas sablon benar-benar terlihat bersih. Kemudian yang terakhir cuci menggunakan detergen dan bilas hingga bersih agar ketika baju di pakai tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

6. Pakai Hair Dryer

Tidak hanya di gunakan sebagai proses pengeringan, hair dryer juga bisa pakai untuk menghilangkan bekas sablon di baju. Menggunakan hair dryer yang mengeluarkan udara panas, tentu lebih aman untuk baju dengan serat kain yang tipis.

Memang tidak secepat menggunakan cairan m3, sehingga di perlukan kesabaran untuk proses menghilangkan sablon pada baju tersebut. Caranya yaitu :

  • Nyalakan hair dryer kemudian arahkan pada sablon baju.
  • Tunggu beberapa menit hingga sablonan terlihat mengerut. Lalu gunakan cutter untuk melepas sisa sablonan tersebut.

Akhir Kata

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghilangkan sisa bekas sablon baju. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dengan aman. Jika ingin cepat kamu bisa menggunakan cairan pembersih sablon khusus atau cairan m3. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *