IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan akun TikTok Anda muncul peringatan. Misalnya karena adanya pelanggaran tentang peraturan dan kebijakan. Jika hal ini sudah terjadi maka penting untuk tahu bagaimana cara menghilangkan peringatan akun TikTok agar tidak merasa terganggu.

Mengapa Muncul Peringatan Akun TikTok?

Muncullah pertanyaan bagi pengguna TikTok ketika akun mereka muncul peringatan cukup banyak dan sering. Sebenarnya ada beberapa alasan di balik notifikasi  tersebut. Pihak TikTok meyakini bahwa pemilik akun tersebut telah melakukan pelanggaran atas kebijakan dan peraturan yang berlaku.

Mungkin saja Anda keliru telah mengunggah beberapa konten yang terbukti melanggar kebijakan, peraturan maupun pedoman komunitas sesaat mendaftar akun TikTok. Namun sebenarnya, TikTok tidak akan langsung melakukan pemblokiran akun tersebut sehingga diberikan peringatan terlebih dulu.

Selain itu, bisa juga ada orang lain yang melaporkan konten Anda. Ketika pengguna lain melihatnya, maka pihak TikTok pun telah menerima laporan tersebut sehingga mengirimkan peringatan kepada pemilik akun. Tentu hal ini cukup membingungkan jika merasa video terunggah aman-aman saja.

Apa Dampaknya jika Muncul Peringatan Akun TikTok?

Cara menghilangkan peringatan akun TikTok perlu Anda tahu jika video yang terunggah tidak melanggar kebijakan dari pihak TikTok. Namun sebenarnya apabila terbukti melakukan pelanggaran, maka akan menerima teguran awal berupa peringatan tersebut muncul cukup sering di akun TikTok.

Apabila penemuan oleh TikTok justru lebih berat dan parah daripada laporan yang diterima, maka mereka akan menjatuhkan pemblokiran akun pada perangkat Anda. Ini artinya, sebagai pemilik akun sebelumnya tidak bisa membuat akun TikTok baru di ponsel tersebut.

Anda akan menerima pemblokiran sementara pada saat Anda sudah menerima peringatan pertama di akun yang umumnya terjadi selama 24 sampai 48 jam. Setelah itu akun diblokir dalam waktu sekitar 72 hari atau maksimal yakni satu minggu.

Baca juga : Menarik, Wallpaper Trend Tiktok Disukai Masyarakat

Apa Tujuan Peringatan Akun TikTok?

Peringatan yang dikeluarkan oleh pihak TikTok ini sebenarnya tidak lain untuk melindungi beberapa hal termasuk juga membatasi pemberitaan hoax atau palsu. Jika Anda merasa terganggu dan kesulitan akan hal ini, maka perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan peringatan akun TikTok.

Sebenarnya peringatan yang muncul seperti ini bisa saja hilang dengan sebenarnya. Namun bagi sebagian pengguna TikTok, mungkin tidak dapat hilang atau bahkan sangat sering muncul sehingga terasa mengganggu dan kesal.

Namun sebenarnya hal ini bisa saja dikarenakan gangguan sistem yang kurang sempurna pada aplikasi TikTok. Akhirnya hal ini menyebabkan beberapa pengguna TikTok dianggap melanggar kebijakan dan peraturan meski mereka sebenarnya tidak mengirim komen atau konten menyinggung.

Baca juga : Daftar Seleb Tiktok Terkece yang Paling Populer

Cara Menghilangkan Peringatan Akun Tiktok

Cara menghilangkan peringatan akun TikTok perlu Anda ikuti jika merasa sangat keberatan dan kesal dengan notifikasi yang isinya mengganggu. Terlebih jika terbukti tidak mengunggah konten dan video menyinggung sehingga peringatan tersebut justru bersifat spam.

Jika akun TikTok Anda selalu muncul dengan peringatan, maka cukup laporkan masalah ini ke tim TikTok atas kendala yang sedang dialami. Mengingat bahwa tidak ada fitur di dalamnya untuk langsung menghapusnya secara langsung, namun cobalah kirimkan permintaan ke Tim Dukungan TikTok.

  • Buka aplikasi TikTok Anda
  • Login ke akun Anda yang muncul peringatan
  • Masuklah ke menu Profil
  • Klik pada ikon tombol tiga garis di kanan atas
  • Selanjutnya, pilih pada menu Pengaturan dan Privasi
  • Gulir layar ke bawah dan pilih pada menu Laporkan Masalah
  • Pilih menu Account & Profiles di bagian Topics
  • Klik menu Profile Pages
  • Selanjutnya, klik menu More
  • Pilih menu Need More Help
  • Masukan masalah dan kendala yang sedang Anda alami
  • Mintalah ke pihak TikTok untuk menghapus peringatan dari akun profil
  • Jangan lupa untuk menambahkan nama pengguna di akhir kolom
  • Kirimkan tangkapan layar yang berisikan dengan munculnya peringatan akun
  • Klik pada tombol Laporkan
  • Tunggu Tim Dukungan TikTok memberikan feedback

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan peringatan akun TikTok yang bisa Anda coba untuk menyelesaikannya. Hal ini penting diikuti bagi pengguna TikTok jika mendapatkan berbagai notifikasi peringatan meski mereka tidak pernah mengunggah konten dan komentar menyinggung.