Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Pancaroba
KESEHATAN

Cobalah 8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

IDWARTA.com – Kondisi cuaca yang tidak bisa di prediksi dan sering berubah-ubah tidak menentu membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh di saat musim pancaroba seperti ini membuat tubuh akan lebih rentan terjangkit penyakit.

Kita harus bisa mencari cara agar supaya kita dan keluarga tetap menjaga kesehatan tubuh di saat musim pancaroba seperti ini. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada beberapa tips di bawah ini mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh ketika musim pancaroba, mari kita simak sebagai berikut:

Baca juga :

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu tips menjaga kesehatan tubuh ketika musim pancaroba yaitu tercukupnya kebutuhan air putih, sehari minimal dua liter air atau setara dengan delapan gelas perhari.

Jika air putih kita tercukupi, maka tubuh tidak akan dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Di saat cuaca panas seperti ini minumlah air putih yang banyak, karena selain untuk melancarkan pencernaan. Air putih juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan dapat mencegah tubuh dari infeksi.

Baca juga :

Jika anda bepergian jauh jangan lupa membawa minum air putih agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi.

2. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi di musim pancaroba. Tidak hanya itu saja berolahraga dapat membuat tubuh menjadi ideal dan dapat menurunkan berat badan.

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membantu pembuluh darah menjadi lebih melebar, dan rileks sehingga aliran darah mengalir lebih efisien. Bahkan juga di klaim dapat menjaga kesehatan jantung.

Dengan berolahraga tubuh akan terasa lebih bugar dan badan menjadi tidak kaku. Lakukan olahraga setiap hari atau seminggu tiga kali minimal 30 menit, tidak harus berolahraga yang berat, berjalan kaki santai saja sudah cukup atau melakukan stretching.

3. Istirahat Yang Cukup

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang tidur sehari selama delapan jam akan memiliki tubuh yang lebih sehat. Jika di bandingkan dengan mereka yang jam tidurnya kurang dari itu.

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh meski saat musim pancaroba. Memiliki badan yang segar akan membuat tidak mudah lelah menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi usahakan untuk istirahat yang cukup.

4. Tidur Pada Jam Yang Tepat

Begadang pada malam hari menjadi salah satu masalah dalam kesehatan. Karena jika begadang membuat kondisi tubuh menjadi lemah karena angin malam tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, dengan begadang akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan misalnya seperti sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Sehingga rentan terkena penyakit dan masalah berat badan.

5. Rumah Yang Bersih

Perabot rumah tangga terkadang banyak sekali menyimpan debu dan kotoran, sehingga udaranya tidak bersih dan menyebabkan mudah terkena penyakit.

Maka dari itu bersihkan selalu rumah, lantai ataupun perabot yang berada di dalam rumah agar kebersihan tetap terjaga dan udara bersih serta bebas dari penyakit. Berikut tips memilih hunian yang nyaman bagi pasangan muda.

6. Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh walaupun di musim pancaroba. Karena kuman dan bakteri yang masih menempel pada tangan, bisa membuat bakteri masuk ke tubuh sehingga menyebabkan penyakit.

Jadi biasakan sebelum melakukan apapun cuci tangan terlebih dahulu. Dan jangan lupa keringkan tangan dengan handuk atau kain lap, karena kuman serta bakteri masih menempel pada tangan yang basah.

7. Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Mengkonsumsi makanan sehat itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Misalnya seperti mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Banyak sekali nutrisi dan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh. Makanan 4 sehat 5 sempurna kaya akan sumber karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan susu. Seperti yang terdapat pada nasi, lauk pauk, sayur, buah dan susu yang membantu tubuh akan tetap berenergi.

Hindari makanan dalam kemasan instan. Karena bahan makanan yang di kemas instan akan banyak tambahan zat aditif, yang mana ini tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama akan menimbulkan masalah pencernaan. Seperti contoh bahaya mengkonsumsi mie instan.

8. Cuci Terlebih Dahulu Makanan Yang Akan di Konsumsi

Tubuh sangat memerlukan asupan nutrisi seperti yang terdapat pada buah, sayuran, ikan, daging dan makanan sehat lainnya.

Tetapi jika di konsumsi langsung semua jenis bahan makanan tersebut belum tentu terjamin kebersihannya. Terkadang masih ada bakteri atau pestisida yang masih menempel pada bahan-bahan makanan tersebut.

Maka di anjurkan terlebih dahulu sebelum di konsumsi cuci bersih buah, sayur, ikan dan daging agar bakteri yang menempel tersebut hilang sehingga bebas dari penyakit.

Akhir Kata

Demikian tips bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh di saat musim pancaroba seperti ini, agar kita terhindar dari penyakit. Dan mulailah belajar menerapkan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.