IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Februari 4, 2023

idwarta.com – Fitur airbag pada mobil bertujuan untuk mengurangi risiko saat terjadi kecelakaan. Hal tersebut bisa mengurangi kemungkinan cedera yang dialami oleh pengendara.

Namun, pada suatu kondisi, airbag justru bisa membahayakan penumpang, yaitu ketika pengendara membawa bayi dan diletakkan di bangku penumpang depan meski dengan car seat.

Karena ketika airbag mengembang akan membuat ledakan yang menghasilkan gaya dorong, sehingga bisa membuat bayi terpental di meski berada di atas car seat. Sehingga, airbag perlu dinonaktifkan untuk sementara.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan untuk menonaktifkan airbag, pemilik kendaraan bisa melihat di buku manual kepemilikan kendaraan.

“Fitur ini hanya ada pada mobil-mobil premium saja, seperti Fortuner dan Innova, untuk mematikan fungsi airbag sementara bisa dilakukan dengan mudah, hanya membutuhkan anak kunci yang terdapat pada kunci kontak mobil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Dia mengatakan letak saklar on-off airbag ini berada di sebelah kiri dashboard, di sana terdapat tulisan yang cukup jelas sehingga mudah dipahami.

“Tinggal masukan anak kunci ke dalam lubang kunci, lalu diputar ke posisi Off, maka seharusnya fungsi airbag sudah tidak aktif,” ucap Didi.

Dia juga menjelaskan perlu melakukan konfirmasi, apakah fitur tersebut benar-benar bekerja dengan memposisikan kunci kontak ke On.

“Perlu dikonfirmasi apakah fitur tersebut bekerja dengan memposisikan kunci kontak mobil ke On, seharusnya menyala lampu ‘airbag Off’ di layar informasi ketika airbag dinonaktifkan,” ucap Didi.

Bila tidak ada lampu menyala baik “airbag On atau Off” ketika kunci kontak pada posisi On, maka hal itu bisa menandakan bahwa fitur tersebut tidak bekerja dengan normal. Sehingga, pemilik mobil perlu melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi.

Jadi, seperti itu cara menonaktifkan fitur airbag untuk sementara agar perjalanan Anda dengan si buah hati tetap aman dan minim risiko.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”