Cara Merawat Mobil Agar Tampil Prima
OTOMOTIF

Cara Merawat Mobil Agar Tampil Prima

Bagi sebagian pemilik kendaraan roda empat atau mobil masih bingung dengan, bagaimana cara merawat mobil agar tampil prima dalam segala kondisi. Baik beli mobil bekas atau yang masih baru.

Tak heran mereka tidak ingin terjadi hal yang tidak di inginkan. Misalnya saja mobil ketika sedang di pakai perjalanan jauh atau dekat secara tiba-tiba mati mendadak alias mogok.

Apalagi anda masih terlalu awam sekali tentang dunia mobil, pasti saat keadaan mendesak akan merasa kebingungan.

Baca juga :

Maka dari itu baik mobil bertransmisi otomatis atau matic serta mobil manual, perlu perawatan secara rutin. Berikut idwarta sampaikan beberapa tips cara merawat mobil yang benar dan tepat.

Cara Merawat Mobil Secara Benar Agar Tampil Prima

1. Pilih Bahan Bakar Mobil Yang Sesuai

Ingat ! pemilihan bahan bakar mobil yang tepat sangatlah di perlukan, agar performa mesin menjadi lebih sempurna.

Sangat di rekomendasikan memilih bahan bakar yang telah di anjurkan oleh pabrikan mobil itu sendiri. Tentunya yang memiliki nilai kadar oktan sesuai dengan spesifikasi mesin.

Di ketahui nilai oktan sendiri merupakan sebuah angka besaran tekanan, yang nanti di berikan saat bahan bakar belum di bakar secara spontan.

2. Cek Oli Secara Berkala

Cara Merawat Mobil Salah Satunya Rutin Ganti Oli Mesin

Cara merawat mobil agar tampil prima selanjutnya ialah pastikan secara berkala mengecek kondisi oli mesin.

Jenis perawatan mobil seperti ini kerap di temui ketika anda melakukan servis mobil di bengkel resmi. Pada lembaran kertas akan tertulis kapan waktu yang tepat ganti oli berikutnya.

Selain itu anda juga bisa mengikuti panduan pada manual book, di situ biasanya tertulis mengganti oli di setiap jarak tempuh 5.000 km.

Ciri mobil waktunya ganti oli, biasanya di tandai dengan suara mesin mobil yang terasa kasar, warna oli yang pekat hitam dan mulai nampak encer.

Oli mesin sendiri memiliki fungsi yang cukup vital yaitu memberikan pelumasan agar gesekan pada mesin dapat berkurang.

3. Cek dan Ganti Air Radiator

Apabila anda ingin mobil menjadi lebih awet dan nyaman. Sebaiknya cek kondisi air radiator dan menggantinya apabila sudah mencapai batas yang di anjurkan.

Mengingat air radiator sendiri punya manfaat penting bagi mobil, yaitu untuk mendinginkan suhu mesin yang panas karena gesekan.

Maka ketika radiator kekurangan air secara langsung akan mempengaruhi kondisi mesin mobil yang terganggu.

Pastikan anda mengisi air radiator dengan cairan khusus. Tujuannya agar kinerja radiator sebagai pendingin menjadi lebih optimal. Untuk itu jenis perawatan mobil seperti ini jangan sampai anda abaikan.

4. Cara Merawat Mobil Pastikan Mengganti Minyak Rem

Namanya juga manusia yang kadang masih luput atau lupa melakukan pergantian minyak rem.

Seperti yang kita tau bahwa minyak rem memiliki sifat hidroskopis yang dapat menyerap lembab. Meski minyak berada di dalam sistem rem yang tertutup, namun tidak menutup kemungkinan terjadi lembab karena kondisi lingkungan sekitar.

Kondisi buruk apabila anda lupa ganti minyak rem, bisa jadi mesin mobil mengalami korosi atau karat. Sehingga lakukan pergantian minyak rem setiap jarak tempuh sudah mencapai 60.000 km.

5. Rutin Mengecek Kondisi Aki Mobil

Pengecekan aki mobil di nilai sangat penting sekali dalam cara merawat mobil agar tampil prima.

Untuk aki tipe basah, pastikan kontrol air aki minimal dua minggu sekali. Apakah masih pada batas upper atau lower? Jika sudah capai batas lower, sebaiknya segera tambah air aki dengan cairan khusus.

Selain pengecekan level batas air aki, anda bisa mengecek ukuran tegangan aki dengan alat voltmeter.

Jadi bisa di pastikan biaya perawatan mobil secara berkala akan jauh lebih murah. Apabila rajin melakukan pengecekan di setiap bagian komponen mobil.

6. Cek Tekanan Pada Ban dan Kondisinya

Jika anda termasuk pengguna mobil dengan intensitas tinggi yakni berpergian jauh. Upayakan cara merawat mobil dengan tepat mulai dari cek kondisi ban serta tekanannya.

Cara perawatan mobil seperti ini cukup minimal sebulan dua kali, sebelum keberangkatan perjalanan jauh.

Selain itu apabila kondisi ban sudah mulai aus atau rusak, segeralah ganti dengan ban baru agar performa mobil tetap optimal.

Pastikan anda mengecek kondisi empat ban pada mobil idaman atau kesayangan yang di pakai sehari-hari.

7. Cara Merawat Mobil dengan Cek Kondisi Lampu dan Kabel

Bagaimana cara merawat mobil yang benar agar awet dan tahan lama? salah satunya ialah periksa kondisi kabel dan lampu mobil.

Pastikan kondisi kabel masih normal tidak ada yang longgar atau terputus. Jika itu terjadi segeralah ganti kabel pada mobil.

Sementara pada bagian lampu mobil, bila sudah terlihat redup. Ini petanda lampu mobil mulai rusak, maka segeralah ganti dengan yang baru.

Tujuannya tak lain agar perjalanan jauh anda memakai mobil bisa lebih nyaman tanpa gangguan, di karenankan lampu tiba-tiba mati di tengah jalan.

Pastikan anda memilih sparepart asli buatan pabrik yang telah di rekomendasikan. Paling tidak onderdil yang orisinil bukan imitasi alias barang KW.

Akhir Kata

Demikian penjelasan singkat mengenai cara merawat mobil agar tampil prima dan awet. Semoga ulasan yang di sampaikan bisa anda terapkan di rumah, supaya mobil tetap normal tanpa kendala sedikitpun.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *