Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua, Anti Layu Ikuti 7 Tips Ini !

  • Whatsapp
Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Anti Layu Dengan 7 Tips Ini

Diketahui tanaman lidah mertua dengan nama latin Sansevieria, banyak di budidaya oleh masyarakat Indonesia. Terlebih tanaman ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Meski begitu tidak ada salahnya anda melakukan cara merawat tanaman lidah mertua agar tidak mudah layu.

Sebab tanaman lidah mertua termasuk kategori tanaman hias yang lagi hits atau viral di Indonesia. Hal ini di karenakan tampilan daun yang unik, serta punya beragam manfaat tanaman lidah mertua bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Bacaan Lainnya

Sehingga cocok sekali sebagai penghias ruangan rumah dan memperbaiki kualitas udara, bahkan bisa juga di gunakan sebagai obat kulit alami. Selain itu penting sekali merawat tanaman unik tersebut, caranya sebagai berikut ini.

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Anti Layu

1. Pastikan Tanaman Mendapatkan Cahaya Matahari Yang Cukup

Jangan Lupa Jemur Untuk Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Tumbuh Optimal

Apabila anda membeli tanaman lidah mertua dalam pot untuk penghias dalam ruangan, pastikan setidaknya jemur setiap dua hari sekali. Sebab dengan mendapatkan cukup cahaya matahari membuat tanaman ini tumbuh secara baik.

Namun jangan sampai anda jemur terlalu lama sebab daunnya mudah berubah. Jadi cukup letakkan di jendela ruangan untuk menjemurnya.

2. Jangan Lupa Untuk Menyirami dengan Air Secukupnya

Pastikan anda tidak lupa untuk merawat tanaman lidah mertua dengan cara menyiraminya. Tapi tidak terlalu sering, cukup tiga hari sekali saja. Karena tanaman hias ini termasuk golongan sekulen yang mana mampu bertahan di daerah yang cukup panas.

Adapun resiko, bila anda terlalu sering menyirami tanaman lidah mertua akan membuat akarnya menjadi busuk, daunnya bisa layu bahkan membusuk.

3. Jangan Letakkan di Ruangan Bersuhu Dingin

Meski tanaman Sansevieria mudah beradaptasi dengan lingkungan, namun perkembangannya akan buruk ketika berada di ruangan suhu rendah. Jadi jangan letakkan tanaman dalam pot ini di ruangan yang mempunyai pendingin udara alias AC.

4. Gunakan Media Tanam Yang Tepat

Adapun penyakit akar busuk menjadi masalah yang serius bagi tanaman lidah mertua, sebab bisa membuat tanaman mudah mati. Hal ini bisa saja di sebabkan oleh media tanam yang kurang tepat dan tidak cepat meresap air.

Dengan genangan air yang relatif lama membuat kondisi akar terendam secara terus menerus. Jadi media tanam yang tepat untuk tanaman lidah mertua yaitu, pasir malang dan sekam bakar.

Namun apabila anda tetap menggunakan media tanah dalam pot, pastikan letakkan potongan genteng di dasar pot agar sistemn drainasenya lancar.

5. Gunakan Pupuk Slow Release atau Kompos Cacing

Cara merawat tanaman lidah mertua yang tepat anti layu, yaitu berikan secukupnya nutrisi tambahan. Mulai dari pupuk slow release atau kompos cacing lebih baik dari pada pupuk organik.

Dengan pemberian nutrisi yang baik, membuat tanaman tidak mudah layu karena menyerap banyak nutrisi dalam satu waktu. Jadi setidaknya berikan nutrisi tambahan 2 bulan sekali.

6. Gunakan Semprotan Anti Hama

Jangan Lupa Semprot Anti Hama Pada Tanaman Lidah Mertua

Cara tepat dalam merawat tanaman liudah mertua yaitu, memberikan semprotan anti hama untuk mengatasi semua hal tentang hama tanaman hias. Sebab pada kondisi tertentu tanaman ini mudah terserang kutu putih dan laba-laba.

7. Letakkan Tanaman Pada Ruangan Berventilasi Udara

Pastikan anda letakkan tanaman lidah mertua di ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup baik. Terlebih dapat membuat tanaman ini tumbuh dengan optimal.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai 7 cara merawat tanaman lidah mertua agar daun tidak mudah layu dan bisa tumbuh dengan optimal, tanpa terserang hama tanaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − 9 =