Cara Mudah Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes Yang Benar

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes Yang Benar Untuk Pemula

Setiap pemilik kendaraan bermotor, tentu pernah mengalami kendala terhadap kerusakan motor itu sendiri. Salah satunya ialah kondisi oli mesin motor rembes. Hal ini lumrah terjadi di karenakan oleh beberapa penggunaan yang salah.

Tapi dalam kasus oli mesin motor bocor, terkadang pemilik motor sulit sekali untuk mengatasinya. Padahal masalah itu perlu sekali di perhatikan dan segera di tindak lanjuti, agar oli tidak rembes kemana-mana.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi oli mesin motor rembes? baik untuk motor bebek, sport, matic dan sejenisnya.

Jadi jangan sampai anda melalaikan kondisi tersebut. Sebab bisa memicu terjadinya kerusakan pada komponen mesin motor lainnya.

Di bawah ini akan di jelaskan beberapa langkah untuk mencegah terjadinya oli mesin motor bocor atau rembes. Agar performa motor anda tetap terjaga dengan baik.

Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes atau Bocor

Beberapa tips dan trick dalam penerapan cara mengatasi oli mesin motor rembes akan di ulas secara lengkap. Jadi anda bisa langsung mempraktekkan sendiri di rumah.

Cek Packing Mesin Motor Kesayangan

Sebelum beralih pada cara mengatasi oli mesin motor bocor atau rembes, anda perlu mengetahui dahulu penyebabnya. Di sini anda bisa memeriksa bagian packing sepeda motor. Kondisinya apakah sudah aus atau tidak?

Tak bisa di pungkiri, kondisi packing motor yang sudah aus. Bisa menjadi pemicu terjadinya oli mengalir dari sela-sela mesin.

Sehingga jika benar memang penyebab utama karena packing motor. Maka segeralah ganti dengan yang baru. Untuk harga packing atau gasket sepeda motor orisinil buatan pabrik, biasanya berlabel kisaran Rp 100 ribu hingga 500 ribu per pcs.

Jangan lupa berikan pula lem untuk packing mesin motor yang bocor tersebut.

Periksa Kondisi Ring Baut Oli Motor

Periksa Kondisi Ring Baut Oli Mesin Motor Yang Rembes

Biasanya oli netes atau rembes di bagian bawah mesin motor matic, sport maupun bebek terjadi karena kondisi ring baut oli sudah aus. Hal ini kerap terjadi saat anda sering mengganti oli.

Dengan begitu ring baut oli akan menjadi rentan rusak dan bisa kurang rapat saat di tutup.

Sehingga tak heran oli netes dari blok mesin motor. Adapun biaya perbaikan dengan penyebab seperti itu, cukup dengan ganti ring baut oli dengan yang baru.

Di samping itu biasanya mekanik bengkel bisa mencegah kebocoran oli sementara, dengan selotip pipa. Agar kondisi oli tidak keluar, namun alangkah baiknya segera ganti yang baru.

Harga ring baut oli orisinil sebenarnya tidak mahal, hanya kisaran Rp 10 ribu sampai 30 ribu saja.

Coba Periksa Bagian Seal Perseneling

Penyebab oli mesin motor rembes bisa jadi karena kondisi seal perseneling sudah rusak atau aus. Masalah ini bisa memicu oli motor bocor pada blok mesin sebelah kanan atau kiri.

Kondisi ini memang lumrah terjadi karena berkaitan erat dengan kinerja dari gerak mesin. Agar kebocoran tidak menjalar ke lainnya, segera ganti seal perseneling dengan yang baru.

Untuk harganya terbilang murah, hanya 10 ribu an saja. Anda bisa melakukannya saat service rutin motor di bengkel resmi atau terdekat rumah.

Selalu Pakai Oli Berkualitas

Menjadi pemilik sepeda motor, merupakan suatu keharusan membeli spare part yang orisinil atau berkualitas. Termasuk juga oli mesin motor.

Sebab kebocoran pada oli mesin motor bisa di picu karena beli oli palsu atau abal-abal. Jadi agar mesin motor awet sebaiknya selalu pakai oli berkualitas yang bagus sudah teruji.

Pastikan anda menggunakan oli mesin motor yang sudah di rekomendasikan oleh pabrikan motor. Meskipun harga oli sedikit mahal, namun kualitasnya tentu terbaik. Selain itu demi pencegahan kerusakan lain pada bagian mesin sepeda motor.

Biasanya oli berkualitas rendah mudah sekali membuat mesin motor cepat panas dan timbul penguapan oli. Dan secara terus menerus akan berdampak pada oli mesin motor mudah rembes atau bocor.

Periksa Bagian As Engkol dan As Gigi

Pada umumnya kerusakan pada as engkol dan as gigi bisa memicu kondisi oli bocor. Maka dari itu periksa bagian tersebut dengan teliti.

Jika memang ada kerusakan, segera ganti seal orisinil atau asli pada bagian as engkol dan as gigi. Pastikan anda beli spare part yang orisinil agar lebih tahan lama tidak mudah rusak.

Namun untuk kondisi pemeriksaan ini tidak bisa di lakukan secara mandiri di rumah. Jadi perlu di bawa ke bengkel agar pihak mekanik bisa mengecek. Sebab perlu alat yang lengkap dan penanganan yang sesuai SOP.

Cek Kondisi Tutup Kopling dan Tutup Magnet Pada Blok Mesin

Penting sekali memeriksa bagian kondisi tutup kopling dan tutup magnet di bagian bak mesin. Sebab penyebab lain oli mesin motor rembes bisa di bagian tersebut.

Untuk itu cek kondisinya apabila terjadi kerusakan, segera ganti dengan yang baru. Pastikan selalu menggunakan perpak atau packing bak mesin orisinil asli buatan pabrik. Tujuannya agar awet dan tahan lama.

Cara mengatasi oli mesin motor rembes itu hanya bisa di lakukan oleh mekanik handal. Jadi bisa meneliti lebih jelas bagian rembesan mana yang telah mengeluarkan oli.

Kondisi Oli Netes Pada Tutup Kopling dan Tutup Magnet

Kesimpulan

Selain anda mengetahui penyebab dan cara mengatasi oli mesin motor rembes atau bocor di atas. Penting sekali melakukan perawatan motor dengan service secara rutin sesuai SOP (Standart Operasional Prosedur).

Langkah itu di lakukan bisa untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya rembesan atau oli bocor. Sekian dulu pembahasan tentang oli mesin motor netes atau bocor yang di sampaikan dengan lengkap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *