IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Oktober 4, 2022

Ada banyak cara promosi produk di TikTok yang dapat Anda ikuti agar penjualan laris manis. Mempromosikan barang melalui media sosial memang sudah dianggap sebagai salah satu strategi digital marketing dimana saat ini memberikan perubahan cukup massif sehingga wajib dicoba.

Cara Promosi Produk di TikTok

Media sosial yang kini sedang digunakan oleh banyak orang khususnya kalangan muda mudi adalah TikTok. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa memanfaatkannya untuk menjual barang sehingga penjualan pun meningkat drastis asalkan mengetahui bagaimana cara promosi paling tepat. Berikut contohnya:

1. Membuat Akun Bisnis

Satu hal yang penting dan tidak boleh dilupakan dalam cara promosi produk di TikTok adalah membuat akun bisnis khusus dibuat pada TikTok Shop. Harapannya agar semua fitur tersedia di dalamnya memang sesuai dengan keperluan menjual produk sehingga terasa sangat membantu daripada menggunakan akun pada umumnya.

Setelah Anda mengunduh aplikasi TikTok tersebut, maka segeralah untuk memasukkan data dan juga informasi yang dibutuhkan. Langsung alihkan akun tersebut menuju ke akun bisnis. Opsi ini tersedia pada menu Kelola Akun Saya. Jangan lupa memasang foto menarik dan menulis bio singkat usaha.

2. Fokus pada Membuat Konten Berkualitas

Tentu Anda setuju jika semua orang bisa membuat konten namun tidak seluruhnya memiliki kemampuan menciptakannya secara berkualitas. Jika video terlihat biasa-biasa saja tentu kurang efektif dalam menarik perhatian penonton untuk membeli produk yang sedang dipromosikan.

Anda perlu fokus untuk membuat konten promosi semenarik mungkin. Pastikan agar selalu mempelajari apa saja yang sedang trending dan viral. Hal ini penting diketahui agar postingan tersebut berhasil masuk ke laman FYP dimana cenderung banyak ditonton oleh pengguna lainnya. Dan metode ini termasuk salah satu cara promosi produk di TikTok paling ngehits.

3. Mengandalkan Effect, Filter dan Sound yang sedang Viral

Salah satu keunikan TikTok adalah mampu membuat pelaku bisnis bisa viral dalam waktu sekejap meski belum memiliki banyak pengikut. Hal ini dilakukan dengan cara memanfaatkan effect, filter hingga sound sedang viral. Strategi ini dirasa cukup efektif demi meningkatkan jumlah tayangan.

Selain itu kini TikTok juga banyak dijumpai challenge yang mampu mendongkrak penjualan jika dicoba oleh para pelaku bisnis. Jangan lupa untuk menyertakan hashtag tertentu dimana cara ini dapat dipraktikkan agar membuat video tersebut lewat ke laman FYP para pengguna TikTok.

4. Menggunakan Fitur Stitch

Fitur yang ada di TikTok memang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Salah satunya yakni Stitch dimana dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk. Biasanya banyak digunakan oleh para TikToker guna menanggapi suatu postingan atau menyambung adegan milik pengguna lain.

Bagi pelaku bisnis pun tentunya bisa meniru cara ini. Ajaklah TikToker lain agar dapat diajak stitch bersama dengan membuat konten yang relevan pada promosi suatu produk. Bahkan strategi ini seringkali digunakan oleh kebanyakan penjual guna meningkatkan jumlah tayangan video pemasaran.

5. Membuat Konten bersama Influencer

Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan sosial media sebagai media pemasaran, maka mau tak mau juga harus menyisihkan sedikit biaya berkolaborasi bersama influencer lain. Namun pemilihannya pun tidak bisa sembarangan. Pelajari dulu target pasar dan rencana kontennya agar cara promosi produk di TikTok bisa berjalan sesuai ke inginan.

Dalam memilih influencer pun diharapkan sudah memiliki pengikut banyak sehingga dalam satu kali video promosi diposting maka jumlah tayangan juga tinggi. Selain itu, pastikan agar mereka memberikan review jujur pada suatu produk agar terlihat naturan dalam mempengaruhi target pasar.

Sebenarnya ada banyak cara promosi produk di TikTok yang bisa Anda lakukan demi meningkatkan angka penjualan. Sebagai media dengan pengguna cukup banyak tentunya akan menjadi cara paling tepat demi mepromosikan suatu barang sekaligus upaya branding. Jangan lewatkan pula cara menambahkan stok barang di TikTok Shop.