IDWARTA

Media Informasi Uda Gitu Aja

Desember 4, 2022

idwarta.com – Ada beberapa syarat untuk menjadi sebuah startup yang bagus. CMO GDP Ventures, Danny Wirianto menjelaskan empat tipe perusahaan yang bakal dilirik oleh investor.

Pertama adalah terkait apakah perusahaan membantu orang menyimpan uang. Lalu apakah bisa membuat orang menghasilkan uang. Berikutnya adalah bisa menghemat waktu dan juga merasa lebih besar dari diri sendiri.

“Ketika ada empat itu by default langsung kasih uangnya. Global resesi harus standout, kalau nice to have percuma buat waktu kalian,” kata Danny dalam BUMN StartupDay, Selasa (27/9/2022).

“Karena investor makin pinter makin jago makin gesit dan picky. Kalau buat sesuatu making sure very need to have bukan nice to have”.

Dia menjelaskan sebelumnya untuk berinvestasi selalu melihat bagaimana pendirinya. Namun ternyata menurutnya founder yang bagus jika tidak didukung bisnis model yang baik juga tidak bisa.

Selain soal model bisnis, dia mengatakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah terkait timing. Danny menekankan waktu yang pas untuk menjalankan perusahaannya.

“Baru investment terakhir. Punya bisnis model, tim, dan timing yang tepat enggak butuh investor. Kecuali modal gedeinnya pakai investment dengan scaling,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Co-founder dan Managing Partner Northstar Advisory, Patrick Walujo menjelaskan soal gambaran founder yang baik. Namun dia mengatakan sulit merumuskannya.

Dia hanya bercerita soal pertemuannya dengan pendiri e-Fishery Gibran Huzaifah. Patrick mengatakan meski tak punya latar belakang seperti pendiri startup lain seperti lulusan luar negeri, Gibran yang merupakan alumni ITB adalah penambak ikan.

“Dia bisa menceritakan passionate tantangan seorang petani ikan. Bisnis model unik enggak pernah ada di seluruh dunia,” jelas Patrick.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idwarta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idwarta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”